Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Hosting Murah dan Berkualitas di Indonesia

Rekomendasi Hosting Murah dan Berkualitas di Indonesia - Pernahkah Anda berkecimpung di dunia website atau blogging? Jika iya, kemungkinan Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah hosting. Hosting adalah layanan yang memungkinkan sebuah website muncul di internet. Apa saja rekomendasi penginapan murah di Indonesia?

Rekomendasi Hosting Murah dan Berkualitas di Indonesia

Sebenarnya di Indonesia banyak sekali hosting murah, hanya saja yang ingin menggunakan harus mencari informasi tentang web hosting untuk memenuhi kebutuhannya. Tujuannya agar web hosting yang digunakan dapat disesuaikan dengan budget untuk keperluan pribadi maupun profesional.

Sekilas Tentang Hosting dan Perannya Dalam Website

Sebelum membahas secara detail mengenai rekomendasi hosting murah di Indonesia, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertian dan fungsi Hosting. Bagi para pebisnis, hosting dapat berperan penting dalam membuat website bisnisnya dikenal dan dapat diakses oleh banyak orang.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, hosting adalah layanan online yang dapat digunakan untuk mengelola data website atau aplikasi web milik pengguna. Kemudian semua data yang disimpan di akomodasi akan ditampilkan melalui Internet.

Jenis file apa yang dapat disimpan di dalam hosting?

File web yang tersimpan di hosting termasuk skrip, gambar, email, video, database, dan aplikasi. Saat Anda berencana menggunakan Internet saat mengunjungi situs web, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencatat nama domain atau kata kunci.

Ibaratnya website adalah sebuah bangunan, sedangkan hosting disini berperan sebagai tempat untuk mendirikan sebuah bangunan. Kemudian, nama domain beserta alamat Internet Protocol (IP) berperan sebagai alamat rumah, sehingga memudahkan orang menemukan website tersebut. Nama domain bersifat unik sehingga dapat digunakan sebagai pengenal penting untuk website. Oleh karena itu, keberadaan hosting disini sangat berguna untuk menyimpan berbagai informasi atau data pemilik website. 

Rekomendasi Hosting Murah dan Berkualitas di Indonesia

Padahal, di Indonesia, jasa persewaan hosting tidak sebanyak di negara lain. Meski begitu, masih banyak penawaran dari penyedia hosting yang hanya mengandalkan tarif layanan nominal saat mencoba memberikan layanan hebat yang dibutuhkan pelanggan mereka. Untuk menghindari kerugian, Anda sebagai pengguna website harus selektif dalam memilih layanan hosting yang handal dan berkualitas di Indonesia. Jangan khawatir, berikut rekomendasi Hosting murah di Indonesia dengan kualitas pelayanan yang baik.

IDCloudHost

Rekomendasi hosting murah yang pertama adalah IDCCloudHost. Cloud hosting ini dikenal mengutamakan fleksibilitas untuk semua pengguna. Padahal, sebagai pengguna, Anda bisa mengatur jumlah resource yang dibutuhkan untuk hosting Anda.

Menariknya, pengguna IDCCloudHost hanya perlu memilih aplikasi yang mereka gunakan seperti cPanel, WordPress, Pleks, CyberPanel dan lainnya. Proses penginstalan juga sangat mudah karena pengguna hanya perlu sekali klik.

Dalam hal kinerja, IDCCloudHost selalu memperhatikan peningkatan dari tahun ke tahun. Ketersediaan IDCCloudHost dikenal stabil dan kinerjanya terus meningkat. Saat pengguna mengalami masalah, layanan live chat selalu berusaha untuk merespon.

Sejak 2015, IDCloudHost telah memiliki 200.000 pelanggan. Meski memberikan layanan berkualitas, IDCloudHost hanya menawarkan biaya Rp 50.000 per bulan tanpa minimum kontrak.

Dewabiz

Selanjutnya hosting termurah lainnya di Indonesia adalah Dewabiz. Layanan hosting ini sudah ada sejak tahun 2016 dan menjadi favorit di kalangan pengguna website. Kenapa begitu? Karena Dewabiz memiliki kecepatan yang luar biasa dan menawarkan keuntungan sebagai berikut.
  • Menawarkan shared hosting dengan koneksi yang sangat cepat.
  • Dewabiz memiliki uptime rata-rata hingga 99,47%.
  • Dilengkapi dengan fitur keamanan Anti DDOS.
  • Menawarkan dukungan migrasi hosting gratis.
  • Tawarkan kemudahan dalam bentuk jaminan uang kembali 30 hari. 
  • Gunakan cPanel dalam operasional.
Data center yang Dewabiz gunakan memiliki komponen high profile seperti prosesor Intel Xeon E5-2630V3, RAM DDR4 dan SSD. Oleh karena itu, Dewabiz dengan percaya diri mengakui bahwa hosting mereka memiliki kecepatan website hingga 5 kali lipat.

Mirip dengan IDCloudHost, Dewabiz juga menawarkan fleksibilitas untuk setiap pengguna. Misalnya, Anda ingin mencoba paket Super Hosting, sehingga Anda bebas menentukan sumber daya sesuai kebutuhan.

Apakah Anda hanya membutuhkan hosting untuk kebutuhan pribadi Anda? Jangan khawatir, Dewabiz juga menawarkan layanan paket paling murah, mulai dari Rp10.000 saja. Namun, paket layanan termurah hanya bisa didapatkan jika pengguna berlangganan minimal 3 tahun.

Domainesia

Domainesia memiliki sejarah panjang sebagai layanan hosting yang andal dan berkualitas. Perusahaan ini dikenal sangat piawai dalam mengoptimalkan infrastruktur cloud-nya sehingga bisa memberikan layanan hosting dengan performa terbaik.

Meskipun Domainesia tidak dapat diupgrade atau didowngrade sesuka hati, ia tetap menawarkan serangkaian layanan yang sangat lengkap. Dengan kontrak minimal 1 tahun, Domainesia hanya menawarkan biaya pendaftaran mulai dari Rp14.000 hingga Rp56.000.

Apakah Anda membutuhkan server dengan spek yang mantap dan mumpuni untuk kebutuhan bisnis atau organisasi? Coba saja daftar Domainesia dengan harga mulai dari Rp 63.000 hingga Rp 490.000 per bulan. Apa lagi yang menarik dari penggunaan layanan Domainesia?

Pengguna akan memiliki opsi untuk menggunakan Instant Deployment dalam proses checkout. Fitur ini berfungsi untuk menginstal aplikasi secara otomatis segera setelah pengguna menyelesaikan pesanan.

Serupa dengan layanan hosting lainnya, Domainesia juga menyediakan CS (customer service) yang dapat membantu menyelesaikan segala permasalahan pengguna. Tertarik menggunakan layanan tersebut? Temukan semua informasinya di website resmi Domainesia.

Rumahweb

Bagaimana dengan rekomendasi hosting murah Indonesia lainnya? Bagi yang menggunakan aplikasi WordPress, Anda bisa menggunakan layanan hosting berkualitas dari Rumahweb. Layanan ini menawarkan layanan paket kecil untuk mendapatkan banyak plugin.

Ingin tema WordPress premium gratis? Dengan berlangganan Rumahweb, Anda akan mendapatkan banyak pilihan tema WordPress premium. Apa saja syarat untuk mendapatkannya? Lisensi untuk setiap bonus dari Rumahweb selalu berlaku di domain utama.

Pelanggan Rumahweb juga bisa mendapatkan domain gratis di awal atau saat masih dalam masa pendaftaran. Jika berbicara tentang performa, sebenarnya banyak pengguna yang mengatakan bahwa performa server kurang optimal dengan uptime dan load time yang tidak bersahabat.

Meski begitu, Rumahweb memiliki fitur layanan lengkap dengan menawarkan paket masuk hanya Rp 15.000 per bulan. Dengan penyimpanan 1GB, Rumahweb dapat menawarkan bandwidth tak terbatas dan SSL gratis.

Jika ingin mendapatkan bonus yang banyak, pengguna bisa memilih paket Small, Medium dan Large. Mengenai diskon, Anda hanya akan mendapatkan diskon pada pembelian tahap pertama, kemudian selama masa perpanjangan, harga akan kembali normal.

Niagahoster

Nama Niagahoster memang sangat terkenal sebagai layanan hosting yang sudah sangat berpengalaman. Namun siapa sangka dengan layanan yang berkualitas, Niagahoster menawarkan tarif yang terjangkau untuk semua pengguna terdaftar.

Niagahoster menawarkan paket hosting tanpa batas, tanpa bandwidth, penyimpanan, database, dan batasan lainnya. Dengan harga yang terjangkau, tentunya paket unlimited bisa memberikan kepuasan bagi penggunanya bukan? Dari segi performa, banyak pelanggan Niagahoster yang merasa bahwa website mereka memiliki uptime yang stabil dan kecepatan yang baik. Sayangnya, Niagahoster hanya menawarkan layanan kontrak minimal 1-3 tahun dan tidak ada langganan bulanan.

Sebagai rekomendasi hosting murah di Indonesia dengan pelayanan memuaskan, Niagahoster menawarkan beberapa pilihan paket. Anda bisa mencoba menggunakan kids plan, student plan, personal plan, dan business plan. Berapa biaya untuk mendaftar hosting di Niagahoster? Misalnya, paket referral pribadi berharga sekitar Rp26.000 per bulan dengan kontrak 3 tahun. Jadi kalau mau bayar lunas biaya pendaftarannya hanya sekitar Rp 965.250 dengan diskon 75% untuk pembayaran awal. Apa detail keuntungan Niagahoster?
  • Memiliki uptime rata-rata 99.80D44 Menawarkan ruang disk dan bandwidth tidak terbatas.
  • Gunakan Layanan cPanel. 
  • Pencadangan data yang fleksibel untuk setiap pengguna.
  • Tersedia forum dan kursus lengkap.
  • Tawarkan program loyalitas untuk pelanggan.
  • Terdapat fitur untuk meningkatkan kecepatan website.

Hostinger ID

Hostinger adalah penyedia hosting internasional yang saat ini hadir di 178 negara, khususnya Indonesia. Perlu Anda ketahui, Hostinger sendiri menaungi jasa hosting lokal yaitu Niagahoster.

Namun, Hostinger dan Niagahoster masih mengelola layanan hosting secara terpisah. Dengan sebagian besar layanan premium, Hostinger berdedikasi untuk meningkatkan kinerja situs web. Apakah Hostinger Membebankan Biaya Pendaftaran yang Tinggi? Meski menawarkan layanan premium, Hostinger tetap menawarkan tarif murah dengan biaya perpanjangan. Harga berlangganan Hostinger mulai dari Rp 13.900 per bulan hingga Rp 49.900 per bulan untuk shared hosting.

Untuk layanan cloud, Hostinger mematok harga mulai dari Rp150.000 hingga Rp1.090.000 per bulan. Hostinger menawarkan diskon besar bagi Anda yang tertarik untuk berlangganan jangka panjang. Apa kelebihan dari Hostinger ini? 
  • Performa penyimpanan secara keseluruhan sangat baik.
  • Ketersediaan rata-rata sekitar 99,997%.
  • Hostinger dilengkapi dengan Knowledge Base yang sangat lengkap.
  • Menawarkan dukungan migrasi hosting gratis.
  • Menawarkan jaminan uang kembali 30 hari. 
  • Menggunakan hPanel.

WarnaHost

WarnaHost sepertinya layak dijadikan rekomendasi hosting murah Indonesia. Bagaimana itu? Hanya dengan Rp 100.000 Anda bisa mendapatkan hosting DirectAdmin untuk kontrak satu tahun. Untuk tambahan Rp 25.000 bisa menggunakan cPanel.

WarnaHost juga menawarkan spek yang tidak terlalu buruk meski penyimpanannya hanya 1GB.Dengan biaya yang sangat terjangkau, Anda bisa mendapatkan bonus email, website, tema Astra Pro WordPress, dan unlimited bandwidth.

WarnaHost sendiri menawarkan tiga jenis hosting yang bisa Anda gunakan. Tentunya setiap jenis hosting memiliki harga langganan yang berbeda-beda. 

Tidak hanya itu, WarnaHost juga menawarkan hosting WordPress dan paket cloud hosting. Jika Anda menggunakan paket cPanel, Anda akan mendapatkan kinerja yang lebih baik dalam hal waktu aktif dan kecepatan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi administrator WarnaHost online!

Dapur Hosting

Layanan hosting populer ini menawarkan paket termurah yang harganya hampir sama dengan WarnaHost. Dengan membayar berlangganan hanya Rp 100.000 per tahun Anda akan mendapatkan fasilitas hosting dengan kapasitas 300 MB, 1 tempat parkir website dan bandwidth 5 GB.

Menariknya, paket layanan yang disediakan oleh Dapur Hosting sudah mendukung NodeJS. Paket dengan dukungan NodeJS lebih kompetitif di mata programmer yang membutuhkan hosting murah tapi tetap berkualitas di Indonesia. Dapur Hosting menyediakan 3 paket layanan: Web Hosting, Email Hosting dan VPS Hosting. Dengan kinerja yang terus meningkat, Dapur Hosting kini menawarkan layanan di seluruh Indonesia, mulai dari institusi, lembaga pendidikan, bisnis, dan sektor swasta.

Layanan hosting populer ini tersedia dengan harga sekitar $99,99 dengan jaminan uang kembali 30 hari. Bagi Anda yang sedang mencari nama domain terbaik, Dapur Hosting juga menawarkannya mulai dari Rp 55.000 per tahun.

IDWebHost

Proposal hosting murah Indonesia yang terakhir adalah IDWebhost. Dibandingkan dengan layanan hosting sebelumnya, IDWebhost lebih berpengalaman sejak tahun 2004. Sejauh ini, IDWebhost memiliki sekitar 100.000 pelanggan.

Jika melihat jumlah pelanggan yang terus bertambah setiap tahunnya, IDWebhost tentunya dapat memberikan kualitas layanan yang dapat diandalkan. Hal ini terlihat dari paket-paket yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Paket apa saja yang ditawarkan oleh IDWebHost?

Untuk kebutuhan website pribadi, Anda bisa menggunakan paket Lovely atau Cute. Paket ini sudah menyediakan layanan unlimited bandwidth lho! Jika menyangkut kinerja bisnis, Anda dapat memilih paket yang mengesankan dengan spesifikasi tinggi.

Bagi pengguna yang menggunakan paket keren ini, mereka mendapatkan bonus berupa cek SEO situs web gratis. Persiapkan saja untuk mendaftar dari Rp 10.900 per bulan menjadi Rp 300.000 untuk hosting profesional. Apakah Anda ingin mendaftar ke IDWebHost?

Dari sekian banyak rekomendasi akomodasi murah Indonesia di atas, mana yang Anda pilih? Dengan hosting yang mumpuni akan mendorong performa website di internet lebih optimal. Tentu saja, semakin baik kinerja situs, semakin banyak uang yang dihasilkan.