Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membeli Laptop Secara Online dan Cara Memilih Laptop Yang Tepat Untuk Kebutuhan Anda

Tips Membeli Laptop Secara Online dan Cara Memilih Laptop Yang Tepat Untuk Kebutuhan Anda


Meski sudah hampir menjadi kebutuhan pokok, masih ada saja orang yang bingung saat memilih laptop terbaik. Kenapa begitu? Memang tidak semua orang bisa menyesuaikan spesifikasi laptop dengan kebutuhannya. Apalagi berbagai jenis merek yang ada di pasaran juga cukup membingungkan. Saat memilih laptop, perlu memiliki pilihan yang cocok agar laptop bisa digunakan dalam waktu lama dan tahan lama.

Laptop merupakan perangkat elektronik yang dapat melakukan berbagai tugas pengolahan data, sehingga menjadi lebih mudah asalkan memahami cara menggunakannya. Oleh karena itu perlu untuk menyesuaikan perangkat dengan kebutuhan pengguna, sehingga dapat menjadi laptop terbaik yang dapat memanfaatkannya secara maksimal. Bagi Anda yang baru mengenal perangkat ini mungkin bertanya-tanya tentang harga, merek, dan bentuk laptop yang beredar di pasaran.

Ada yang terlihat biasa-biasa saja namun memiliki harga yang mahal. Ada juga yang terlihat mewah dengan banyak fitur bagus tapi tidak terlalu mahal. Perlu Anda ketahui apakah sebuah laptop mahal atau tidak tergantung dari spesifikasi produknya. Nah, simak ulasan berikut untuk tips membeli laptop secara online dan cara memilih laptop yang tepat untuk kebutuhan Anda.

Tips Membeli Laptop Secara Online


1. Pilih laptop dari merek terkenal

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membeli laptop secara online adalah pastikan memilih laptop dari merek terkenal. Karena selain pasti memiliki kualitas terbaik, brand besar seringkali memiliki banyak service center yang tersebar di berbagai kota besar, sehingga memudahkan konsumen untuk memperbaiki jika produknya rusak.

Banyak merk laptop yang sudah teruji kualitas dan spesifikasinya. Beberapa merek teratas di segmen laptop yang bisa Anda pilih antara lain Apple, Asus, Lenovo, Dell, Acer dan merek laptop lainnya yang sudah teruji dan memiliki beberapa service center untuk memudahkan servis.


2. Cek Spesifikasi dan Fitur

Saat membeli laptop baru, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal berikut, yaitu memeriksa fitur dan spesifikasi laptop tersebut. Agar tidak bingung, sebelum membelinya, Anda bisa mengecek produk laptop yang ingin Anda beli di toko online untuk melihat detail spesifikasi dan fitur-fiturnya.

Selain itu, Anda juga dapat melihat ulasan dari beberapa konsumen di Internet atau di marketplace yang pertama kali membelinya saat membeli produk. Jika ulasannya sebagian besar positif, mungkin pilihan yang tepat untuk segera membelinya.


3. Pastikan Laptop yang Anda Beli Sesuai Dengan Kebutuhan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat membeli laptop secara online adalah pastikan laptop yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda hanya membutuhkan laptop untuk mendukung pekerjaan kantoran yang ringan seperti manajemen dokumen, Anda bisa memilih laptop kelas menengah yang tidak membutuhkan spesifikasi terlalu tinggi.

Tetapi jika Anda membutuhkan laptop yang mendukung multitasking serba seperti rendering video, streaming film atau bermain game, Anda dapat memilih laptop dengan spesifikasi terbaik seperti Sistem prosesor terbaru, kapasitas RAM besar dan dukungan baterai tahan lama, maka Anda bisa memilih laptop dengan spesifikasi terbaru. .


4. Menyesuaikan anggaran

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan saat membeli laptop adalah pastikan Anda memilih laptop yang sesuai dengan anggaran. Jika Anda memiliki anggaran lebih, Anda dapat mengharapkan untuk mendapatkan laptop yang lebih kuat atau kelas premium dengan spesifikasi dan fitur teknologi terbaru dengan berbagai pilihan yang tersedia.

Namun, jika anggaran Anda terbatas, Anda harus ekstra hati-hati dalam memilih laptop dengan spesifikasi yang tepat untuk kebutuhan Anda di masa mendatang. Meski begitu, kini banyak sekali laptop kelas menengah dengan harga terjangkau dengan spesifikasi dan fitur bagus yang bisa Anda beli di pasaran.


5. Perhatikan Nama Barang dan Reviewnya

Saat membeli laptop secara online, pastikan untuk teiti memilih barang yang ingin dibeli. Agar tidak salah beli, mohon dicek dulu nama barangnya. Jika Anda ingin membeli MAC book pro, pastikan untuk mengeja nama dengan benar, karena saat ini banyak penjual yang tidak jujur ​​menyebutkan nama produk yang tidak sesuai dengan produk yang dijual.

Pastikan juga produk yang ingin Anda beli memiliki rating yang sangat baik. Perhatikan review konsumen untuk produk tersebut, jika sebagian besar mendapatkan rating 5 maka konsumen puas dengan produk tersebut. Ini adalah salah satu catatan ketika membeli secara online. Cek juga review bintang 1 dan 2 untuk review, jika terdapat banyak review bintang 1 dan 2  maka Anda perlu berhati-hati, sebaiknya cari dan pilih toko resmi terpercaya yang memiliki ulasan bagus dan memiliki banyak klien.


6. Kemudahan Mengklaim Garansi Laptop

Dan hal terakhir yang perlu diperhatikan saat membeli laptop adalah pastikan Anda membeli laptop yang masih dalam masa garansi. Ini akan membantu Anda untuk mengklaim garansi produk ketika Anda menerima laptop yang buruk atau laptop yang Anda beli tiba-tiba mengalami masalah internal bukan karena kesalahan Anda sendiri.

Jika Anda membeli laptop yang tidak bergaransi, sangat sulit untuk mengklaim garansi ketika Anda menerima produk yang buruk, sehingga kecil kemungkinannya untuk mendapatkan perangkat baru karena tidak bergaransi. 


Cara Memilih Laptop Yang Tepat Untuk Digunakan

Bagi anda yang masih baru menggunakan laptop tentunya masih bingung dalam memilih perangkat tersebut. Untuk itu, berikut ini beberapa cara  untuk menentukan perangkat laptop terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan Anda.

1. Ukuran Laptop

Ukuran laptop adalah salah satu hal mendasar yang perlu Anda pertimbangkan. Ukuran laptop dari ukuran layar perangkat. Biasanya laptop berbagai merek dengan ukuran layar dari 11 inci ultrabook hingga 17,3 inci bisa memiliki berat hingga 1-2 kg.

Bagi Anda yang membutuhkan mobilitas tinggi, sebaiknya pilih laptop yang kecil dan ringkas. Ini akan sangat membantu Anda untuk menggunakannya karena akan sangat mudah untuk dibawa kemana saja.


2. Jenis dan ukuran media penyimpanan

Tidak heran jika membeli perangkat elektronik, media penyimpanan menjadi pertimbangan utama. Laptop memiliki 2 jenis penyimpanan, SSD dan HDD. Kedua jenis media penyimpanan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Hard disk adalah drive penyimpanan berkapasitas besar dan murah yang memiliki kecepatan seperti SSD. Sedangkan SSD merupakan storage yang cukup mahal karena ukurannya yang kecil namun kecepatannya yang cepat karena teknologi yang lebih baru. Oleh karena itu tidak heran jika banyak merek laptop mulai menggunakan harddisk jenis SSD karena lebih cepat.


3. Kapasitas RAM

Selanjutnya adalah kapasitas RAM. Semakin banyak RAM yang dimiliki sebuah laptop, semakin cepat ia dapat digunakan. Jika Anda seorang gamer atau programmer, Anda pasti harus mencari laptop dengan spesifikasi RAM tinggi. Namun bagi anda yang menggunakan laptop sebatas hal biasa bisa di sesuaikan dengan RAM yang tidak terlalu besar seperti 4-6 GB


4. Daya tahan baterai

Daya tahan baterai menjadi faktor ke 4 yang perlu anda perhatikan. . Ini sesuai dengan jumlah RAM yang Anda miliki. Tentu saja, semakin banyak RAM yang dimiliki perangkat, semakin banyak aplikasi yang dapat dijalankan, sehingga mampu menghabiskan banyak daya baterai.

Inilah mengapa Anda perlu memperhatikan ketahanan baterai laptop Anda. Tentu saja, yang memiliki daya tahan baterai yang lama. Jangan biarkan RAM tinggi tetapi daya tahan baterai rendah. Ini bisa sangat berbahaya untuk laptop Anda.


5. Kualitas layar

Saat ini, laptop memiliki 2 jenis layar yang tersedia: LED dan LCD. Layar LED dikenal sebagai layar hemat daya tetapi tidak terlalu terang saat digunakan di luar ruangan. Sedangkan LCD memiliki kecerahan yang lebih tinggi daripada LED, sehingga berguna untuk penggunaan di luar ruangan.


6. Konektivitasi yang lengkap

Saat ini wifi adalah koneksi yang paling penting. Jadi, Anda perlu memastikan bahwa koneksi wifi ini ada di perangkat. Selain itu, pastikan laptop Anda memiliki port USB, LAN, dan HDMI/VGA. Ini adalah port umum yang biasanya Anda gunakan sewaktu waktu.


7. Prosesor

Selanjutnya prosesor. Prosesor laptop terus berkembang. Jika sebelumnya kita mengenal pentium, sekarang kita mengenal bahasa “Core”. Core sendiri merupakan prosesor dari Intel. Tidak hanya itu, AMD juga merupakan brand terpercaya yang setara dengan Intel.

Meskipun Intel telah terbukti mengungguli AMD. Semakin tinggi core yang dimiliki laptop Anda, semakin baik kinerjanya.


8. Merek laptop

Merek laptop bisa menjadi pilihan yang cukup membingungkan. Merek laptop terkenal antara lain: Apple, DELL, Lenovo, Asus, HP, Acer, Toshiba, hingga merek Xiaomi. Biasanya setiap merek laptop memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, Anda bisa memilih merek laptop terbaik dengan melihat secara detail spesifikasi laptop yang Anda inginkan. Coba bandingkan 2 laptop terbaik pilihan Anda dan bandingkan detailnya. Anda kemudian dapat memilih laptop berdasarkan fitur yang dapat membantu kinerja Anda.