Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review ASUS ROG Phone 6 Indonesia

Review ASUS ROG Phone 6 Indonesia


Untuk bersaing di pasar mobile gaming di Indonesia, ROG Phone 6 hadir dilengkapi dengan dukungan spesifikasi yang mumpuni dan beragam fitur untuk kenyamanan bermain game.

ASUS ROG Phone 6 sendiri ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang kencang dan tentunya mendukung jaringan 5G di Indonesia.

Melengkapi kemampuan chipset, RAM dan memori berkapasitas besar sudah disertakan dalam produk ini. Ponsel ini juga memiliki beberapa fitur gaming yang nyaman seperti X Mode, AirTrigger, GameCool 6 dan ROG Logo dengan Aura RGB Lighting.

Untuk memberikan pilihan kepada pengguna, ASUS juga memperkenalkan ROG Phone 6 dalam varian warna Phantom Black dan Storm White mulai dari Rp 10.999.000 di Indonesia.

Desain

ASUS ROG Phone 6 hadir dengan banyak dekorasi futuristik di bagian belakang yang menunjukkan bahwa ini benar-benar perangkat gaming.

ASUS juga memperkenalkan Dare To Play dan Logo ROG yang dilengkapi Aura RGB Lighting di bagian belakang ROG Phone 6. Meskipun lampu menyala merah secara default, Anda dapat mengatur warna lampu sesuai keinginan.

Tidak hanya satu warna yang dapat diubah, Anda bahkan dapat menggabungkan dua warna agar terlihat seperti ada gradien di Dare To Play dan Logo ROG.

Anda dapat menyalakan lampu ini secara manual saat mendengarkan musik, masuk ke mode X, layar aktif, layar mati, game sedang berlangsung, notifikasi, pengisian daya, panggilan telepon, panggilan telepon, aksesori tambahan pengguna dan proses booting sedang berjalan.

Saat Dare To Play dan lampu logo ROG aktif, Anda juga dapat menyesuaikan animasi kedip dari Breath, Brush, Color Cycle, Comet, Flash and Dash, Mixed Lights, dan Rainbow.

Dengan menyalakan LED ini secara permanen, tentunya juga akan menguras baterai, jadi jika menurut kami fitur ini tidak terlalu penting dalam aktivitas di ROG Phone 6, lebih baik untuk tidak mengaktifkannya.

Di bagian bawah perangkat ini terdapat port USB Type-C dan port jack audio 3,5mm. Sementara di tepi kiri terdapat slot kartu SIM dan port USB Type-C lainnya. Bagian kanan terdapat tombol AirTrigger, Volume dan Power diatur secara kapasitif.

Kehadiran port USB Type-C di sisi kiri dapat membebaskan Anda saat bermain game dalam format lanskap karena Anda tidak perlu khawatir tentang kabel saat sedang diisi daya. ASUS juga memperkenalkan set speaker ganda yang terdiri dari satu speaker di bezel atas dan satu lagi di bezel bawah layar.

Dengan bobot 239 gram, ROG Phone 6 terasa cukup berat saat digenggam dengan satu tangan. Namun Anda akan merasa nyaman bermain game yang membutuhkan dua tangan karena membuat perangkat lebih ringan dan seimbang.

Sementara itu, fitur AirTrigger yang ada di sisi kanan ROG Phone 6 bagus karena bisa digunakan seperti tombol L dan R untuk bisa mempercepat bidikan dan tembakan Anda saat sedang bermain Call of Duty: mobile, PUBG mobile, dll.

Anda juga dapat dengan bebas menempatkan tombol AirTrigger L dan R untuk menggantikan tombol virtual di dalam game. Dapat dikatakan bahwa AirTrigger memiliki tingkat respons yang baik ketika ditekan dengan jari Anda, sehingga Anda dapat membidik dan menembak lebih cepat daripada menggunakan tombol virtual.

Layar

Meski memiliki layar yang menempati seluruh bagian depan, ROG Phone 6 tetap memiliki bezel yang agak tipis di bagian atas. Ini juga sepertinya untuk kenyamanan saat bermain game atau menonton film agar tidak terganggu dengan adanya lubang atau ketukan.

Lebih detail, ASUS ROG Phone 6 dilengkapi dengan layar 6,78 inci dengan teknologi AMOLED, 1 miliar warna, resolusi Full HD+ (2448 x 1080 piksel), HDR10+ dan kecerahan hingga 1.200 nits. mampu menampilkan konten yang tajam dan jelas.

Untuk meminimalisir munculnya goresan, layar ASUS ROG Phone 6 juga telah dilindungi Corning Gorilla Glass Victus. Layar pada perangkat ini juga memiliki berbagai pilihan refresh rate antara lain 60Hz, 90Hz, 120Hz, 144Hz dan 165Hz. Apalagi saat Anda berada pada kecepatan refresh dari 120Hz hingga 165Hz, gerakan yang muncul di layar sangat mulus.

Namun perlu diperhatikan bahwa konsumsi baterai ROG Phone 6 akan lebih sia-sia jika Anda memilih refresh rate yang tinggi. Untuk itu, ASUS memperkenalkan fitur untuk memilih auto-refresh atau menguncinya pada kecepatan refresh tertentu.

Bila Anda memilih Otomatis, kecepatan refresh akan secara otomatis menyesuaikan berdasarkan konten yang saat ini muncul di layar. Misalnya, konten visual akan menggunakan kecepatan refresh 5Hz hingga 10Hz, streaming video 24Hz hingga 60Hz, game online 60Hz hingga 120Hz, dan banyak lagi.

Sensor sidik jari dalam layar ponsel ini dapat mengenali sidik jari secara reaktif untuk mempercepat pembukaan kunci layar.

ASUS juga memperkenalkan sistem operasi Android 12 dengan antarmuka sederhana yang memudahkan akses dan navigasi menu dan aplikasi. 

Software

Pada sistem operasi Android 12 yang ada di ROG Phone 6, terdapat Split Screen, Dark Mode, Twin App, X Mode, Game Genie dan Screenshot dengan 3 jari.

Fitur Aplikasi Kembar memungkinkan Anda membuka dua akun sekaligus dari aplikasi yang berbeda seperti jejaring sosial, game, obrolan, dll. Sedangkan untuk mengambil screenshot di ROG Phone 6 sangat mudah karena Anda hanya perlu menggeser layar ke atas dan ke bawah dengan gerakan 3 jari yang disatukan.

X Mode merupakan fitur yang dapat mengoptimalkan kinerja ROG Phone. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda bisa memainkan game dengan lancar tanpa kesulitan.

Saat mode X aktif, layar tema warna ROG Phone 6 berubah menjadi merah, diikuti oleh LED Dare to Play dan logo ROG. Hal ini tentu saja membuat suasana bermain game semakin seru.

Saat bermain game, Anda juga dapat mengakses mesin Game Genie dengan menggesek secara horizontal dari kiri atas atau dari kanan atas.

Dengan Game Genie Anda dapat mengatur kecepatan refresh, melihat informasi waktu nyata (FPS, Suhu, Baterai, GPU, CPU), mengaktifkan Edge Tools, Screen Recording, AirTrigger, performance tuning (Ultra) Durable, Dynamic, X Mode dan Advanced ), nonaktifkan gerakan, alarm, panggilan telepon, dan lainnya untuk membuat game lebih imersif.


Performa 

Dapur pacu ASUS ROG Phone 6 dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Generasi Pertama 3,19 GHz Octa-Core (4nm). Di atas kertas, kombinasi ini mampu menjalankan aplikasi dan game berat dengan sangat lancar. Untuk aktivitas sehari-hari, ASUS ROG Phone 6 dapat menjalankan aplikasi multitasking dengan lancar.

Secara umum diketahui bahwa Genshin Impact merupakan game dengan grafis dan performa yang tinggi. Kini ASUS ROG Phone 6 dapat menjalankan game Genshin Impact dengan lancar pada pengaturan grafis tinggi dan frame rate 60fps. 

ROG Phone 6 yang diuji dengan aplikasi AnTuTu Benchmark V9.4.4 mencapai skor 1.111.202 poin dalam mode X dan skor 890.473 poin dalam mode Standar.

Saat diuji pada aplikasi Geekbench 5.4.4, skornya 1.312 poin untuk single-core dan 4.354 poin untuk multi-core saat mode X aktif. Dan dalam mode Standar, ROG Phone 6 mencetak 1.205 poin untuk single-core dan 3.577 poin untuk multi-core. 

Mode X terlihat sangat meningkatkan kinerja ROG Phone 6 secara optimal sehingga semua game kelas atas dengan grafis dan frame rate tertinggi dapat berjalan dengan lancar. Meski begitu, mode standar ROG Phone 6 juga menunjukkan performa cepat untuk ukuran ponsel gaming. 

Baterai

Baterai 6000mAh (kombinasi dua baterai 3000mAh) yang terintegrasi pada ROG Phone 6 dikonfirmasi oleh ASUS dapat memperpanjang penggunaan normal dan bermain game. ASUS juga memperkenalkan fitur HyperCharge 65W yang diklaim mampu mengisi daya baterai dalam waktu 42 menit dalam kondisi 0% hingga 100%. Namun dalam praktiknya, AccuBattery mencatat waktu 49 menit hingga 1 jam 6 menit (66 menit) untuk mengisi ulang baterai ROG Phone 6 dari 5% hingga 100%.


Kamera

Untuk urusan fotografi, ASUS ROG Phone 6 mendukung tiga kamera belakang termasuk kamera utama 50MP, kamera ultra lebar 13MP, dan makro 5MP. Kamera depan memiliki resolusi 12 MP.

Berkat sensor Sony IMX766, kamera utama ASUS ROG Phone 6 mampu menghasilkan gambar dengan warna yang kaya dan kualitas yang baik dalam berbagai kondisi, siang dan malam.

Meski ROG Phone 6 merupakan ponsel gaming, namun ASUS tetap menawarkan dukungan kamera yang mampu menghasilkan foto yang indah. Sayangnya, dengan banderol harga hingga Rp 10 juta, perangkat ini tidak dilengkapi lensa telefoto.