Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pelajari Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi

Pelajari Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi


Pelajari cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi di perangkat Anda dengan mengoptimalkan pengaturan untuk meningkatkan sinyal dan memperluas jangkauan.

Anda mungkin tidak terlalu memikirkan kecepatan Wi-Fi Anda sampai film yang Anda streaming mogok. Atau file Anda tidak bisa diunggah ke cloud. Atau browser web Anda terus berjalan tanpa memuat halaman yang diinginkan.

Dengan jutaan pengguna yang memiliki perangkat nirkabel yang terhubung ke Wi-Fi di seluruh dunia, tidak heran orang ingin tahu cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi mereka untuk pengalaman hiburan yang lebih baik. dengan streaming, mengunduh file besar, dan bermain game secara nirkabel.

Peningkatan seperti lompatan terbaru dalam teknologi Wi-Fi 6 membuat Wi-Fi saat ini hampir 3 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Dan karena kecepatan Wi-Fi sering dikaitkan dalam jangkauan koneksi internet, ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja di seluruh rumah Anda.

Di bawah ini kami akan menunjukkan cara menentukan generasi Wi-Fi di perangkat Anda. Berikut adalah beberapa istilah tambahan yang harus Anda ketahui tentang koneksi Wi-Fi:

  • Kecepatan: Teknologi Wi-Fi yang lebih baru memberikan data lebih cepat dari generasi sebelumnya. Koneksi yang lebih cepat menghasilkan kecepatan Wi-Fi yang lebih cepat.
  • Cakupan & Kapasitas: Kecepatan Wi-Fi adalah salah satu bagian dari teka-teki. Anda menginginkan router yang dapat memberikan kecepatan Internet yang lebih baik ke lebih banyak perangkat dan pada jarak yang lebih jauh. Router baru berkemampuan 160MHz menawarkan keduanya, kapasitas dan jangkauan yang lebih besar.


Dengan Wi-Fi yang lebih cepat, Anda dapat dengan mudah melakukan streaming film, game, video, dan aplikasi intensif data lainnya dengan keandalan yang lebih besar, latensi yang lebih rendah, dan kualitas data yang lebih tinggi. untuk gambar, grafik dan komunikasi.


Mengapa Wi-Fi Anda lambat

Ada banyak kemungkinan alasan untuk kecepatan koneksi yang lambat. Hambatan fisik, seperti dinding dan lantai, dapat mempengaruhi sinyal nirkabel. Jarak antara perangkat Anda dan titik akses serta jumlah perangkat yang menggunakan jaringan Wi-Fi Anda juga akan berdampak pada kecepatan koneksi. Bahkan sesuatu yang sederhana seperti menyesuaikan ketinggian router di atas tanah dapat mempengaruhi kinerjanya.

Bicaralah dengan penyedia layanan internet Anda untuk memastikan Anda membayar untuk kecepatan yang Anda butuhkan. Penyedia yang berbeda menawarkan kecepatan yang berbeda, dan Anda mungkin tidak memiliki paket terbaik untuk kebutuhan koneksi Anda.

Tiga faktor utama yang mempengaruhi kecepatan koneksi Internet Anda: lokasi router, teknologi, dan perangkat yang terhubung dengannya.

1. Tempatkan Router Anda di Area Terbuka

Karena Wi-Fi itu hanya nirkabel kecepatan koneksinya dipengaruhi oleh jarak, hambatan (seperti dinding, lantai, dan langit-langit), gangguan elektronik, dan jumlah pengguna di jaringan. Semua ini berkontribusi pada kecepatan Wi-Fi yang lambat.

Untuk sinyal terbaik, letakkan router nirkabel di tempat terbuka di lantai utama rumah Anda, jauh dari dinding dan penghalang. Jauhkan dari perangkat elektronik lain yang dapat menyebabkan gangguan, seperti oven microwave, monitor bayi, dan telepon nirkabel. Anda juga dapat mencoba mengarahkan antena secara tegak lurus, satu secara horizontal dan satu secara vertikal.

Ingin tahu di mana letak titik mati nirkabel di sekitar rumah Anda? Coba gunakan aplikasi seluler, seperti CloudCheck, untuk memeriksanya. Ini juga dapat membantu Anda menentukan di mana kekuatan sinyal terbaik, sehingga Anda dapat menemukan lokasi yang baik untuk router Anda.

2. Gunakan Teknologi Wi-Fi Saat Ini

Teknologi berubah dengan cepat, dan salah satu cara terbaik untuk mempercepat jaringan nirkabel Anda adalah dengan menggunakan perangkat keras terbaru. Wi-Fi 6 (802.11ax) adalah kemajuan terbesar dalam teknologi nirkabel dalam lebih dari satu dekade, memungkinkan kecepatan yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan kapasitas yang lebih besar di PC, ponsel, set router, dan gateway untuk rumah. Teknologi lama yang kurang mampu seperti Wireless-N (802.11n) dan Wireless-AC (802.11ac) masih ada di sebagian besar perangkat seluler dan IoT, sementara yang lain hampir usang.

Router AC Nirkabel baru memiliki transfer data hingga tiga kali lebih cepat daripada model B/G/N Nirkabel yang lebih lama, dan mereka menawarkan fungsionalitas "dual-band" sehingga Anda dapat mengosongkan saluran untuk diakses oleh perangkat nirkabel lama.

Router Wi-Fi 6 baru memiliki kecepatan transfer data hampir 3 kali lebih cepat daripada solusi Wi-Fi 5 standar, dan mereka menawarkan fungsionalitas "dual-band" sehingga Anda dapat mengosongkan saluran untuk diakses oleh perangkat nirkabel lama.

Dan tentu saja, Anda ingin memilih Wi-Fi terbaru dengan WPA dan mengamankan jaringan Wi-Fi Anda dengan kata sandi sehingga tetangga Anda tidak dapat melakukan streaming film mereka ke koneksi nirkabel Anda.

3. Batasi Perangkat dan Optimalkan Pengaturan

Bermain game online, melakukan obrolan video, dan streaming film dan video menghabiskan banyak bandwidth, dan dapat memperlambat kecepatan dan akses Internet untuk semua orang yang terhubung dengannya. jaringan Wi-Fi itu.

Beberapa router memiliki pengaturan Quality of Service (QoS) yang memungkinkan Anda mengontrol aplikasi mana yang memiliki akses prioritas ke bandwidth Internet. Misalnya, Anda mungkin ingin memprioritaskan panggilan video jika Anda memiliki banyak rapat dan tidak memprioritaskan mengunduh file dari awan. Anda selalu dapat mengambil file Anda nanti, tetapi Anda tidak ingin mengganggu panggilan dengan klien penting atau anggota keluarga.

Anda juga ingin memastikan router nirkabel Anda memiliki firmware dan pembaruan driver terbaru. Meskipun banyak perute baru memiliki proses pembaruan bawaan, Anda mungkin perlu membuka pengaturan perute untuk memulai pembaruan secara manual atau mengunjungi situs web produsen perangkat. Anda untuk memperbaiki kesalahan.

Anda juga dapat menyempurnakan pemilihan saluran di router Anda. Secara default, banyak router nirkabel yang dikonfigurasi untuk beroperasi pada saluran 6. Ini berarti bahwa router tetangga Anda juga dapat beroperasi pada saluran 6, menyebabkan kemacetan pada saluran tersebut karena jumlah perangkat yang terhubung dengannya. Menggunakan alat seperti Penganalisis Wi-Fi atau Pemindai Wi-Fi dapat membantu Anda mengidentifikasi saluran router dengan bandwidth lebih banyak, membantu Anda meningkatkan kecepatan internet.

Jika router Anda relatif baru, router dapat beralih di antara dua frekuensi radio: 2,4 GHz (standar lama) dan 5 GHz (standar baru). Router nirkabel pintar dapat memilih frekuensi terbaik untuk Anda dan lingkungan Anda. Setiap frekuensi memiliki beberapa saluran:

14 pada 2,4 GHz dan 30 pada 5 GHz. Jadi, jika router Anda memiliki kemampuan untuk beralih antar frekuensi secara otomatis, router dapat memilih dari 44 saluran. Anda dapat memeriksa pengaturan router nirkabel Anda untuk melihat apakah router secara otomatis beralih antara saluran dan frekuensi untuk penyetelan yang optimal.

Tips Lainnya

Mencari lebih banyak cara untuk mencoba meningkatkan kecepatan Wi-Fi dan memperluas jangkauan koneksi Internet Anda?

1. Gunakan wireless range extender

Meskipun tidak mempercepat koneksi, ini dapat meningkatkan sinyal di titik-titik mati di rumah atau kantor Anda. Misalnya, jika router Anda berada di lantai pertama rumah Anda, Anda dapat menambahkan perluasan jangkauan nirkabel ke lantai lain untuk meningkatkan sinyal. Ini bisa sangat membantu di area dengan dinding tebal atau struktur fisik lain yang mungkin mengganggu sinyal nirkabel.

2. Tambahkan titik akses

Pikirkan titik akses seperti membuat jaringan nirkabel di sekitar rumah Anda. Mereka mengirimkan sinyal Internet satu sama lain untuk membuat jaringan nirkabel. Mereka dibuat untuk ruang bertingkat yang besar.

3. Mempercepat aliran data

Koneksi nirkabel yang tidak terlihat ini dapat berdampak besar pada kehidupan kita sehari-hari, menentukan apa yang kita lakukan atau seberapa banyak kita dapat beristirahat dan bersantai. Tidak ada yang menginginkan panggilan video terputus, aliran video terputus, atau unduhan file lambat.

Dengan sedikit pengetahuan, router yang tepat, dan sedikit ketekunan, Anda dapat mengubah pengaturan router nirkabel untuk meningkatkan lebar saluran dengan opsi 20, 40, 80, dan bahkan 160 MHz untuk meningkatkan kinerja kecepatan koneksi Wi-Fi dan memperluas jangkauan.

4. Perbarui router, port, dan perangkat ke standar Wi-Fi terbaru 6.

Nikmati kecepatan Gigabit dan peningkatan respons dengan PC dan router dengan teknologi Intel® Wi-Fi 6 (Gig+) terbaik di kategori yang sama.