Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler Untuk HP dan PC 2022

Daftar Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler Untuk HP dan PC 2022


Hampir semua bisnis membutuhkan desainer grafis, baik itu startup, perusahaan multinasional bahkan UMKM. Ada banyak aspek bisnis yang membutuhkan desain grafis. Seperti, konten media sosial, iklan, kartu nama, brosur, menu, banner, packaging dan masih banyak lagi.

Nah, untuk membuat berbagai desain tersebut, ada banyak aplikasi atau software desain grafis yang bisa digunakan. Agar tidak bingung, berikut ini adalah daftar desain grafis terbaik dan terpopuler untuk HP dan PC 2022. Lihat penjelasan di bawah ini.

Aplikasi Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler

1.Adobe Photoshop

Aplikasi desain grafis ini pasti sudah sangat familiar bagi banyak orang. Menurut situs resmi Adobe, lebih dari 90% pengguna kreatif profesional di seluruh dunia menggunakan aplikasi ini.

Photoshop adalah perangkat lunak berbasis bitmap. Dengan aplikasi ini tidak hanya dapat mengedit foto, tetapi juga mengubah komposisi gambar, menggabungkan seni digital, mengubah latar belakang, dan membuat pola grafik.

Photoshop memungkinkan Anda untuk menghapus, memperbaiki, mencampur ulang, dan mewarnai ulang objek.

Adobe Photoshop dapat digunakan pada Windows dan Mac. Photoshop telah diluncurkan di situs web resmi dan sekarang tersedia untuk digunakan di iPad. Adobe juga membuat aplikasi pengeditan foto untuk iOS dan Android. Nama aplikasinya adalah Photoshop Express Photo Editor yang memudahkan pengguna untuk mengedit gambar menggunakan smartphone.

Adobe Photoshop bukanlah aplikasi gratis, ini adalah aplikasi berbayar. Harga mulai dari Rp 187.000 hingga Rp 996.000 tergantung paket yang diinginkan. Photoshop juga menawarkan uji coba gratis jika Anda ingin mencoba belajar terlebih dahulu.

2. Adobe Ilustrator

Aplikasi desain grafis dari Adobe berikutnya adalah Adobe Illustrator (Ai). Adobe Illustrator adalah aplikasi desain yang berfokus pada desain vektor. Anda dapat membuat banyak karya dengan Ai, seperti: mockup layout web, logo, ikon, tipografi, ilustrasi, poster, dan desain vektor lainnya. Karena Ai berbasis vektor, desain Anda tidak akan rusak saat di perbesar.

Jika Anda seorang pemula dan baru belajar cara menggunakan Ai, jangan khawatir. Adobe Illustrator menawarkan banyak template yang dapat Anda unduh dan langsung mulai digunakan.

Aplikasi desain grafis satu ini dapat digunakan di Windows, Mac, dan iPad. Sama seperti Adobe Photoshop, Ai juga merupakan aplikasi berbayar untuk bisa digunakan secara legal. Biaya berlangganannya mulai dari Rp 395.000 per bulan.

3. Inkscape

Kali ini kita membahas tentang Aplikasi desain grafis gratis. Nama aplikasinya adalah Inkscape.

Inkscape adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Aplikasi ini cocok untuk membuat logo, gambar, dan karya seni dengan basis vektor lainnya.

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, Mac dan juga Linux. Mereka menawarkan berbagai tutorial menggunakan Inkscape di situs web resmi mereka. Mulai dari dasar hingga tips dan trik. Jadi jika anda masih pemula dan baru belajar, maka anda bisa banget mencoba aplikasi desain grafis satu ini ini.

4.Adobe InDesign

Adobe InDesign adalah aplikasi yang biasa digunakan untuk mendesain layout media cetak atau digital. Aplikasi ini banyak digunakan oleh para pekerja kreatif di industri penerbitan atau publikasi.

Dengan InDesign, Anda dapat menyesuaikan tata letak untuk membuat buku, majalah, e-book, poster, PDF, dan lainnya. Model yang dibuat dengan InDesign dapat diimpor dalam berbagai format. Misalnya JPG, PDF, docs, PSD dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows dan Mac. Jika ingin mencoba belajar, Anda bisa menggunakan versi trial gratis. Jika cocok untuk Anda, Anda dapat memesan penggunaan legal dari aplikasi ini. Biaya berlangganan Adobe InDesign adalah Rp 395.000 per bulan.

5. Paket grafis CorelDRAW

CorelDRAW adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor. Dengan Corel Draw Anda dapat membuat logo, poster, brosur bahkan undangan pernikahan. Dengan program ini Anda dapat membuat desain vektor apa pun. Karena basisnya adalah vektor, maka hasilnya tidak akan pecah meskipun diperbesar. Anda dapat mengekspor atau mengimpor file sesuai kebutuhan. Misalnya Ai, PSD, PDF, JPG, PNG, SVG, DWG dan lainnya.

CorelDRAW dapat digunakan di Windows, Mac dan iPad. Ini juga merupakan aplikasi desain grafis berbayar tetapi mereka menawarkan uji coba gratis selama 15 hari sehingga Anda dapat mencoba belajar sebelum memutuskan untuk berlangganan. CorelDRAW dapat dibeli dengan dua cara. Bayar setiap tahun atau beli sekali. Biaya berlangganan tahunan adalah USD 399 atau sekitar Rp 5.700.000.

6. Affinity Designer

Banyak ulasan mengatakan bahwa Affinity Designer adalah alternatif dari Adobe Illustrator. Aplikasi desain grafis ini dapat digunakan untuk membuat logo, ikon, desain antarmuka pengguna, template, dan lainnya. Jika Ai berbasis vektor, Anda dapat beralih dari bitmap ke vektor dan sebaliknya di Affinity Designer. Jika Anda biasanya menggunakan Photoshop dan Adobe Illustrator, menggunakan Affinity Design dapat menghemat waktu dan lebih nyaman.

Aplikasi ini bisa digunakan di Windows, Mac dan juga iPad. Harga pembelian aplikasi ini adalah $54.99 atau sekitar Rp. 787.000 di Windows dan Mac. Biaya untuk iPad adalah $21.99 atau Rp 314.000. 

7. Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang sangat populer di berbagai kalangan. Program ini tidak hanya gratis, tetapi juga cukup mudah digunakan. Secara umum, Canva sering digunakan untuk membuat resume. Selain itu, di Canva kita bisa membuat berbagai macam template untuk keperluan yang berbeda-beda. Anda dapat membuat logo, konten media sosial, kartu nama, menu, spanduk, poster, cerita Instagram, infografis, presentasi, dan lainnya. Sangat cocok untuk membuat desain yang tidak terlalu rumit dan membutuhkan waktu yang cepat. Anda dapat membuat template dari awal atau menggunakan template yang sudah ada.

Aplikasi desain grafis ini dapat digunakan secara online melalui internet atau dengan mendownload aplikasinya ke handphone. Canva dapat digunakan di Android dan iOS. Aplikasi ini gratis untuk digunakan, tetapi jika Anda ingin memanfaatkan sepenuhnya berbagai fitur yang tersedia, Anda dapat membeli versi premiumnya. Ada berbagai paket harga yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Anda bahkan dapat mencoba paket Pro gratis selama 30 hari.

8.GIMP

Aplikasi desain grafis gratis lainnya adalah GIMP. GIMP adalah kependekan dari GNU Image Manipulation Program. Dengan aplikasi ini Anda dapat gunakan untuk retouching foto, mengubah komposisi foto, dan membuat desain baru.

Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, OS X dan Linux. Bahkan komputer dengan spesifikasi tidak terlalu tinggi pun dapat dengan mudah mengunduh dan menginstal aplikasi ini.

Di situs resminya, GIMP menawarkan berbagai tutorial yang bisa Anda lihat cara menggunakan aplikasi ini. Mari kita mulai dengan tutorial dasar, mulai dari mengedit foto hingga menggunakan kuas parametrik.

9. Gravit Designer

Gravit Designer adalah perangkat lunak desain grafis berbasis vektor. Ia bekerja hampir seperti aplikasi berbasis vektor seperti Corel, Inkscape dan Ai. Dapat digaunakan untuk membuat ilustrasi vektor, desain antarmuka pengguna, situs web, dan pengeditan foto.

Aplikasi ini dapat digunakan secara online dan gratis di hampir semua platform seperti Windows, Mac OS, Linux, Chrome OS, Progressive Web App dan browser. Selain itu juga dapat digunakan secara offline sebagai aplikasi. Namun, Anda tidak dapat menggunakan versi gratis untuk menggunakan program ini secara offline. Anda bisa mengakses semua fitur dengan berlangganan seharga $49,99 atau sekitar Rp 715.000 per tahun.

10. Sketch

Sketch adalah aplikasi desain grafis yang hanya bisa digunakan di Mac OS. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat desain produk digital. Seperti desain UI, situs web, flow dan desain aplikasi.

Ini adalah aplikasi desain grafis berbayar dengan banyak fitur. Ada dua paket yang bisa dipilih, standar dan paket bisnis. Untuk paket standar, biaya berlangganan per bulan adalah $9 atau Rp128.000. Anda juga bisa langsung berlangganan selama satu tahun seharga $99 atau Rp 1.400.000.

11. Vectr

Vectr adalah aplikasi desain grafis berbasis vektor yang dapat Anda gunakan secara online di web atau diunduh ke desktop Anda. Jangan khawatir, aplikasi ini benar-benar gratis. Fungsi dan kegunaannya kurang lebih mirip dengan aplikasi desain berbasis vektor lainnya. Vectr dapat digunakan secara online melalui web atau diunduh ke desktop.

Jika Anda tidak terlalu paham dengan desain vektor, di situs resminya mereka menulis panduan pengguna dan juga berbagai tutorial cara menggunakan aplikasi. Mulai dari pembuatan logo, kartu nama, logo, tipografi dan lain sebagai nya. Jadi Anda bisa belajar bagaimana membuat model yang bagus dengan software ini.

12. Desygner

Desygner adalah aplikasi desain grafis yang mirip dengan Canva. Anda dapat membuat template secara online melalui situs web resmi atau mengunduh aplikasi. Desygner dapat digunakan untuk membuat logo, konten media sosial, spanduk, undangan, presentasi dan kebutuhan desain lainnya. Aplikasi ini dapat digunakan di Windows, Mac dan juga di ponsel, baik Android maupun iOS. Dapat digunakan secara gratis atau berbayar. Dengan versi gratisnya, Anda dapat mengakses ribuan template, ikon, format desain, dan banyak fitur menarik lainnya.


Jadi itulah daftar desain grafis terbaik dan terpopuler untuk HP dan PC 2022 pilihan kami. Dimulai dari yang gratis hingga berbayar, yang menawarkan uji coba gratis, dapat digunakan di ponsel, iPad, dan komputer. Semoga rekomendasi diatas bisa dijadikan sebagai bahan referensi saat Anda bingung memilih aplikasi desain grafis mana yang akan digunakan untuk belajar atau membuat desain grafis.