Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan RAM HP Android Terbaru di Semua Tipe Ponsel Android

Cara Meningkatkan RAM HP Android Terbaru di Semua Tipe Ponsel Android


Cara Meningkatkan RAM HP Android Terbaru di Semua Tipe Ponsel Android - Pada artikel kali ini kami akan memberikan cara meningkatkan RAM HP di semua tipe smartphone Android seperti Xiaomi, OPPO, Vivo, Samsung, Realme, dll. 

Setelah menggunakan smartphone Anda untuk beberapa saat, mungkin terasa lamban dan RAM atau memori akses RAM mungkin bermasalah. RAM adalah memori penting tempat perangkat Anda menyimpan file dan sumber daya sementara. 

Setiap kali program yang sedang berjalan membutuhkan sesuatu, ia dengan cepat mengambil file-file itu dari RAM alih-alih mengambil semuanya dari penyimpanan sekunder (penyimpanan internal), menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih halus dan lebih lancar. Hasilnya, perangkat dengan lebih banyak RAM dapat menyimpan lebih banyak data dan berjalan lebih mulus, bahkan saat menjalankan aplikasi dan game multitasking yang berat. 

Perangkat dengan RAM lebih sedikit kesulitan bahkan untuk tugas-tugas dasar seperti menjelajahi web dan menonton video. 

Tidak seperti komputer di mana Anda dapat menambahkan RAM sebanyak yang Anda inginkan secara fisik, RAM smartphone unik dan tidak dapat ditambahkan atau dihapus secara fisik tanpa merusak segalanya. 

Namun, memori perangkat yang menyimpan data sangat mirip dengan RAM. Anda dapat mengonversi sebagian kecil kartu SD atau penyimpanan internal ke RAM. Berikut adalah beberapa cara yang mudah diterapkan untuk meningkatkan RAM untuk semua jenis ponsel Android. 

Cara Meningkatkan RAM HP Android


1. Cara Meningkatkan RAM HP Dengan Menonaktifkan Aplikasi Bawaan

Cara pertama berlaku untuk semua jenis HP Android, seperti Xiaomi, Realme, OPPO, Vivo bahkan Samsung. 

Cara meningkatkan RAM HP sangatlah mudah. Cukup nonaktifkan aplikasi bawaan smartphone Android yang tidak terpakai. Anda dapat melakukan hal berikut: 
  • Buka pengaturan smartphone Android Anda. 
  • Pilih menu aplikasi. 
  • Temukan aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan. 
  • Klik pada aplikasi. 
  • Terakhir, tekan Nonaktifkan dan pilih OK. 

2. Cara Meningkatkan RAM HP Android Dengan Aplikasi 

CaraMeningkatkan RAM HP Android berikutnya sedikit lebih rumit dari cara sebelumnya. Untuk melakukan ini, Anda perlu menginstal aplikasi pembersih atau booster tambahan. 

Saat ini sudah banyak aplikasi yang bisa membantu untuk meningkatkan RAM semua tipe HP Android. Untuk informasi lebih lanjut silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini : 
  • Download Aplikasi Android Speed ​​Booster Free di playstore. 
  • Kemudian Instal aplikasi tersebut. 
  • Harap tunggu sementara proses instalasi selesai. 
  • Buka aplikasi.
  • Tekan Bersihkan RAM. 
  • Selesai.

 3. Cara Menambah RAM di HP Xiaomi All Type

Berikut ini adalah cara khusus bagi pengguna HP Xiaomi. Menambahkan lebih banyak RAM ke ponsel Xiaomi Anda sangatlah mudah. Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan yang cukup efektif. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menambahkan lebih banyak RAM ke semua jenis ponsel Xiaomi.
  • Buka aplikasi bawaan Xiaomi Cleaner (Pembersih). 
  • Tekan opsi Optimalkan RAM. 
  • Pilih menu yang paling sesuai. 
  • Silahkan tunggu beberapa saat sampai proses selesai. 
  • Mulai ulang ponsel Xiaomi Anda. 

Tips Menambah RAM Semua Tipe HP Android

Selain menerapkan ketiga cara di atas untuk menambah RAM HP Android, kamu juga bisa menggunakan tips berikut ini. 

1. Batasi penggunaan widget dan wallpaper aplikasi langsung

Widget dan wallpaper hidup sama-sama memakan banyak dalam hal penggunaan RAM. Banyak yang sering diperbarui dan menghabiskan bandwidth, tetapi ada juga yang selalu aktif. Selain itu, baterai dapat terkuras lebih cepat. Jadi ingatlah untuk membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup yang berlaku untuk mengoptimalkan memori yang tersedia saat ini. 

2. Matikan aplikasi atau hapus instalannya secara manual

Jika menghapus aplikasi tidak menyelesaikan masalah, Anda perlu melakukan pendekatan yang lebih drastis dan menutup aplikasi secara manual. Anda dapat melakukan ini di Pengaturan > Aplikasi dan pilih aplikasi Anda. Di bawah menu memori Anda dapat melihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir.

Dari sana Anda dapat mematikan aplikasi untuk mengosongkan RAM sementara, atau mencopot pemasangannya nanti jika menurut Anda aplikasi tersebut tidak layak digunakan. 

Jika Anda tidak melihat opsi uninstal untuk aplikasi, pertimbangkan untuk menghapus "hak istimewa tambahan" aplikasi. Anda biasanya memberikan izin ini saat memasang aplikasi. 

Buka Pengaturan (Umum) > Keamanan > Aplikasi Manajemen Perangkat dan hapus centang pada kotak di sebelah aplikasi. Sekarang Anda dapat menghapus aplikasi. 

Beberapa UI Android memungkinkan Anda melihat ikhtisar penggunaan RAM perangkat Anda. Misalnya, di ponsel Samsung, Anda dapat membuka Pengaturan > Perawatan Perangkat > Memori untuk melihat semua proses yang menggunakan RAM dan berapa banyak. Ini membantu mengidentifikasi masalah pada penggunaan RAM Anda. 

Cara meningkatkan memori HP ini sangat efektif dan bisa diterapkan di semua jenis smartphone Android. 

3. Nonaktifkan Animasi 

Animasi sering memakan RAM dan tidak terlalu penting. Anda dapat mengelola ini di opsi pengembang. Untuk mengaktifkan opsi pengembang di perangkat Anda, buka Pengaturan > Tentang ponsel dan ketuk nomor build sekitar 7 kali hingga Anda melihat pemberitahuan bahwa Anda sekarang adalah seorang pengembang. 

(Ini tidak membahayakan perangkat Anda. Ini hanya menambahkan menu opsi pengembang ke pengaturan Anda. Anda hanya perlu berhati-hati.)
 
Setelah selesai, kembali ke ponsel Anda. Buka Pengaturan dan gulir ke bawah untuk melihat opsi Pengembang. Lalu pergi ke bagian Menggambar dan hapus centang pada opsi berikut: 
  • Window Animation Scaling.
  • Skala animasi transisi.
  • Skala Durasi Animator.

Ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan RAM HP Android Terbaru di semua tipe ponsel Android yang berlaku. Dengan cara di atas, Anda bisa menambah RAM tanpa memperbarui ponsel cerdas Anda ke model terbaru.