Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Saldo E-toll Menggunakan NFC dan Tanpa NFC

Cara cek saldo E-toll kini lebih mudah dan cepat. Anda bahkan dapat menggunakan smartphone dengan kemampuan NFC. Cara ini tentu saja lebih efisien dan menghemat waktu. Tapi bagaimana dengan smartphone tanpa NFC, apakah bisa juga cek saldo E-toll?

Jangan khawatir, Anda bisa mengecek saldo e-toll di smartphone Anda dengan atau tanpa NFC. Pengecekan saldo tol elektronik penting dilakukan agar proses transaksi selanjutnya berjalan lancar. Sehingga perjalanan Anda lancar sampai tujuan.

Cara Cek Saldo E-toll di HP Menggunakan NFC

Cara Cek Saldo E-toll Menggunakan NFC dan Tanpa NFC


NFC (Near Field Communication) merupakan teknologi smartphone terbaru untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. Salah satunya mengecek sisa saldo e-toll. Anda dapat menggunakan data tersebut dengan smartphone menggunakan fitur NFC. Sementara itu, e-toll sendiri merupakan inovasi untuk pembayaran jalan tol, membuat cashless menjadi lebih nyaman. Jadi jika Anda mengetahui saldo elektronik Anda, Anda tidak perlu khawatir saat sampai di pintu tol.

Anda bisa mengecek saldo e-toll pada smartphone yang memiliki fitur NFC ini menggunakan aplikasi berikut.

1. Menggunakan Aplikasi Electronic Money Card Balance

Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang memiliki banyak kartu elektronik. Install aplikasi Electronic Money Card Balance merupakan pilihan yang tepat. Pengguna dapat dengan mudah memeriksa saldo mereka termasuk saldo e-toll.

Dengan aplikasi yang satu ini Anda bisa mengecek saldo rekening yang berbeda. Satu aplikasi saja sudah cukup untuk menghemat memori di ponsel. Menggunakan aplikasi ini sangat sederhana dan bahkan tidak memerlukan banyak langkah.

Yang harus Anda lakukan adalah memegang kartu di dekat bagian belakang ponsel Anda yang mendukung NFC. Tidak butuh waktu lama, informasi mengenai saldo e-toll langsung muncul di layar ponsel. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk cek saldo.

Anda tidak dapat menggunakannya untuk mengisi atau menambah. Aplikasi Electronic Money Card Balance mendukung Mandiri E-Wallet Card, BCA Flazz Card, BNI TapCash Card, BRI BRIZZI Card, Multi Trip Travel Card dan Mega Cash.

2. Menggunakan Aplikasi eSaldo Info

Program ini juga serbaguna karena dapat menggunakan berbagai kartu uang elektronik. Jadi Anda tidak perlu menginstal banyak aplikasi untuk mengetahui sisa saldo.

Menariknya, program ini juga menawarkan fungsi yang menampilkan informasi waktu penggunaan kartu dan jumlah saldo yang digunakan.

Menggunakan aplikasi ini sangat sederhana. Anda hanya perlu membuka aplikasi ini lalu menempelkan kartu ke bagian belakang ponsel. Jenis kartu yang digunakan dan sisa saldo ditampilkan di layar ponsel.

Aplikasi eSaldo mendukung kartu elektronik seperti Mandiri E-Money dan E-toll, Kartu BNI TapCash, kartu Idomaret, kartu BRIZZI BRI, kartu Flazz BCA, kartu Mega Cash, kartu Jak Lingko dan Kartu Multi Trip commuter line.

3. Aplikasi Mandiri e-Money Info

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini diluncurkan oleh Bank Mandiri untuk memudahkan nasabah dalam melakukan pengecekan saldo e-money. Banyak pelanggan Mandiri memilih aplikasi ini karena aman, nyaman, dan cepat.

Selain itu, tampilan aplikasi Mandiri e-Money Info juga sangat sederhana. Sehingga mudah dipahami bahkan untuk pemula, terutama untuk pelanggan yang lebih tua. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah untuk mengecek saldo kartu Mandiri e-money Anda. Namun, aplikasi ini juga dapat membantu Anda menemukan ATM Mandiri terdekat untuk melakukan isi ulang. Dari sini dapat disimpulkan bahwa program ini khusus untuk pengguna Mandiri E-Money.

4. Aplikasi Mandiri Online

Nasabah setia Mandiri mungkin sudah familiar dengan aplikasi Mandiri Online. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi termasuk pengecekan saldo. Pengguna dapat melakukan pengecekan e-toll hanya dengan menggunakan smartphone Android.

Namun dengan catatan sudah terdaftar pada aplikasi ini. Jika Anda sudah terdaftar, ikuti langkah sederhana di bawah ini untuk mengecek saldo e-toll Anda.
  • Pastikan fitur NFC smartphone Anda sudah diaktifkan.
  • Buka aplikasi Mandiri Online yang terinstal dan terdaftar.
  • Jika sudah login, pilih menu E-money.
  • Klik opsi menu Lihat/Perbarui Saldo. \
  • Letakkan kartu e-money yang Anda gunakan dan tunggu beberapa saat hingga muncul sisa saldo e-toll.

Metode ini adalah salah satu yang paling sederhana. Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat mengecek status e-toll mereka tanpa banyak langkah.

5. Aplikasi BNI TapCash Go

Aplikasi ini dapat digunakan bagi Anda yang memiliki kartu BNI TapCash. Semudah cara sebelumnya, cara ini juga menghemat waktu pelanggan. Selain itu, selain cek saldo E-toll, program ini juga menawarkan fitur menarik lainnya.

Ini termasuk pembaruan saldo, riwayat transaksi, isi ulang dengan kartu bank, Alfamart, temukan ATM terdekat dan Familymart terdekat. Program ini tidak rumit untuk digunakan karena antarmuka yang mudah dimengerti.

Untuk menggunakan aplikasi, kartu BNI TapCash harus ditempelkan di bagian belakang ponsel. Setelah itu, fungsi NFC akan secara otomatis mengenali informasi kartu elektronik. Seperti namanya, kartu ini dirancang khusus untuk pengguna e-money BNI.

6. Aplikasi BCA Mobile

Tidak kalah dengan bank lain, kini pengguna BCA dapat dengan mudah mengecek saldo e-money. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan layanan mobile banking bernama BCA Mobile. Salah satu fitur andalannya adalah cek saldo BCA Flazz. 

Anda juga bisa mengetahui nominal sisa saldo e-toll. Jadi aplikasi mobile banking BCA ini all in one. Pengguna tidak perlu menginstal banyak aplikasi hanya untuk mengecek saldo.

Aplikasi ini tidak hanya mengecek saldo, tetapi juga memungkinkan Anda melakukan transaksi lainnya. Misalnya tarik uang tanpa kartu, blokir kartu, setor tunai dan lain-lain. Menariknya, pengguna kartu Flazz BCA juga bisa menggunakan fitur cek saldo di aplikasi ini meski bukan nasabah BCA.

7. Aplikasi BRI Mobile

Kabar gembira bagi pengguna kartu BRI BRIZZI, kini Anda dapat dengan mudah melakukan cek saldo dengan BRI Mobile. Tampilan aplikasi dari BRI ini dikenal mudah dipahami dan tidak rumit. Jadi, bahkan seorang pemula pun tidak akan memiliki masalah dengan Aplikasi ini. Seperti bank lainnya, aplikasi ini merupakan fitur mobile banking yang disediakan oleh BRI. Salah satu fungsinya adalah untuk mengecek saldo uang elektronik kartu BRI BRIZZI.

Selain itu, BRI Mobile memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membuka rekening tabungan baru tanpa buku, setor tunai tanpa kartu, transfer rekening, dll.

8. Aplikasi E-Money

Pengguna e-toll mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi e-money. Aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone dengan fitur NFC. Tentunya jika ponsel Anda memiliki fitur tersebut, mengecek saldo e-toll bukanlah hal yang sulit.

Menariknya, Anda tidak harus membuat akun terlebih dahulu. Hanya dengan menginstal aplikasi ini, saldo e-money Anda akan segera muncul. Untuk informasi lebih lanjut, silakan ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini. 
  • Download dan install aplikasi e-money dari Google PlayStore.
  • Buka aplikasi dan pastikan NFC diaktifkan di ponsel Anda.
  • Tempelkan kartu e-toll dan tunggu informasi sisa saldo Anda muncul.
Cara ini termasuk yang paling banyak digunakan, karena aplikasi E-money cukup mudah digunakan. Pengguna tidak perlu mendaftar atau masuk dengan akun. Jadi lebih hemat waktu dan efisien.

9. Aplikasi Tokopedia

Dengan berkembangnya tren belanja online, beberapa marketplace di Indonesia gencar melakukan inovasi. Salah satunya dibuat oleh Tokopedia. Sekarang Anda dapat dengan mudah mengecek saldo e-toll Anda dengan aplikasi ini.

Cek saldo e-toll di Tokopedia sangat sederhana. Di dalamnya Anda bisa menggunakan menu e-money. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.
  • Pertama aktifkan fitur NFC smartphone Anda.
  • Buka aplikasi Tokopedia yang terinstal dan login dengan akun Anda.
  • Pada tampilan aplikasi utama, pilih menu E-money.
  • Untuk mendapatkan sisa saldo, klik tombol Cek Saldo. 
  • Kemudian tempelkan kartu e-toll ke ponsel Android Anda.
  • Tunggu hingga sisa saldo e-toll muncul di layar smartphone Anda.

10. Aplikasi BukaLapak

Tidak kalah dengan Tokopedia, Bukalapak juga menawarkan fungsi untuk mengecek saldo e-toll Anda. Marketplace ini tidak hanya digunakan untuk jual beli online saja. Anda dapat mengetahui sisa saldo e-toll dengan menggunakan petunjuk di bawah ini.
  • Pastikan ponsel Anda sudah didukung fitur NFC
  • Buka aplikasi Bukalapak di smartphone Anda lalu pilih menu e-money.
  • Kemudian langsung tempelkankan kartu e-toll yang Anda gunakan.
  • Tunggu hingga sisa saldo e-toll muncul di layar ponsel Anda.
Menggunakan aplikasi marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak memang sangat efektif. Apalagi jika Anda sudah sering melakukan transaksi jual beli dengan platform tersebut. Jadi, mengecek saldo e-toll Anda bukanlah hal yang sulit.

Cara Cek Saldo E-toll Tanpa NFC

Periksa saldo e-toll tanpa NFC? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan cara berikut meskipun ponsel Anda tidak memiliki NFC. Mari kita lihat cara-cara yang bisa dilakukan di bawah ini. 

1. Via Mesin ATM

Masih banyak cara untuk mengecek saldo tol elektronik. Mengingat ATM sudah banyak digunakan di berbagai tempat. Anda juga dapat dengan mudah mengecek saldo e-money di ATM.

Ingat, jika Anda hanya ingin mengecek saldo, Anda tidak perlu memasukkan kartu ATM ke dalam mesin slot. Jika Anda ingin mengisi ulang sementara itu, Anda dapat memasukkan kartu bank Anda.

Cek saldo tol elektronik di ATM sangat mudah. Anda hanya perlu menempelkan kartu e-money pada bagian mesin yang bertanda e-money. Berikut contoh verifikasi saldo e-toll bagi pengguna e-money Mandiri.
  • Pergi ke ATM Mandiri terdekat. Tekan tombol hijau di mesin
  • Setelah itu muncul menu Mandiri e-Cash dan Mandiri e-Money di layar.
  • Tekan pilihan kedua yaitu Mandiri e-money.
  • Setelah itu, tekan opsi Informasi Saldo.
  • Tempelkan kartu Mandiri e-money pada bagian mesin yang bertanda e-money.
  • Tunggu beberapa saat hingga layar menampilkan sisa saldo uang elektronik Anda. 

2. Via Internet Banking

Jika ponsel cerdas Anda tidak dilengkapi dengan NFC, Anda dapat memeriksa saldo e-toll Anda via internet banking. Namun, pastikan Anda terdaftar sebagai pengguna layanan internet banking. Jika belum, Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Anda dapat mendaftar layanan ini di cabang bank atau ATM terdekat. Jika Anda sudah memiliki username dan PIN internet banking, Anda dapat mengecek saldo e-toll Anda sebagai berikut.
  • Buka aplikasi internet banking sesuai dengan bank yang Anda gunakan.
  • Perlu diketahui bahwa layanan ini dapat diakses melalui browser smartphone atau laptop.
  • Kemudian masukkan username dan juga pin Anda.
  • Saat Anda masuk ke menu utama, klik Uang Elektronik.
  • Ciri-ciri uang elektronik bisa bermacam-macam. Misalnya, pengguna Mandiri e-money dapat memilih opsi Mandiri e-money. 
  • Kemudian pilih Informasi Saldo.
  • Masukkan 16 digit nomor e-money pada kolom yang tersedia.
  • Pastikan nomor sudah benar, lalu klik Submit untuk melanjutkan.
  • Tunggu sebentar hingga informasi saldo akun muncul di layar.

3. Via M-Banking Telkomsel

Cara selanjutnya adalah cek saldo e-money dengan Telkomsel M-Banking. Seperti diketahui, Telkomsel menawarkan terobosan baru dengan aplikasi mBanking.

Menariknya, pengguna bisa menyimpan lebih dari satu bank melalui satu aplikasi. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menyelesaikan transaksi perbankan tanpa harus menginstal banyak aplikasi. Cara ini sangat cocok untuk Anda sebagai pengguna provider Telkomsel. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi ini di ponsel cerdas Anda, lalu daftar dengan memasukkan informasi pribadi Anda. Anda kemudian dapat menggunakan aplikasi ini untuk memeriksa saldo e-toll Anda.

Selain itu, Telkomsel M-Banking juga bisa digunakan untuk mutasi rekening, transfer antar rekening, transfer antar bank, dll.

4. Menggunakan Mesin EDC

Jika Anda berada di supermarket, Anda dapat memeriksa saldo e-toll Anda juga. Pergi ke supermarket yang mudah ditemukan seperti Alfamart atau Indomaret.

Biasanya convenience store ini memiliki mesin EDC yang bisa digunakan untuk mengecek saldo e-money. Anda dapat memberi tahu kasir tujuan Anda untuk memeriksa saldo e-toll Anda di minimarket.

Selain minimarket, cabang bank terdekat juga memiliki mesin EDC. Anda dapat mengantri untuk menuju ke customer service area dan mengecek sisa saldo e-money.

Cukup mudah bukan untuk mengecek saldo e-toll Anda? Tentu saja, jika Anda memiliki smartphone dengan kemampuan NFC, Anda akan lebih menghemat waktu. Namun, opsi lain tersedia untuk ponsel tanpa NFC. Jadi pilihlah cara yang paling cocok dan mudah untuk Anda.