Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Saldo BRI Via ATM, BRI Mobile, SMS Banking, dan Internet Banking

Cek saldo ATM BRI kini semakin mudah berkat banyaknya platform yang tersedia. Mungkin dulu kebanyakan orang menggunakan ATM. Namun, saat ini ada beberapa cara lain untuk melakukan ini. Tentunya dengan syarat layanan perbankan Anda sudah diaktifkan.

Memeriksa saldo rekening penting untuk kelancaran transaksi perbankan. Fitur cek saldo sebenarnya sudah banyak digunakan oleh nasabah. Misalnya saat hari gajian, ingin melakukan transfer, atau sekadar ingin mengetahui jumlah yang ada di rekening Anda.

Cara Cek Saldo ATM BRI Dengan Mudah dan Cepat

Cara Cek Saldo BRI Via ATM, BRI Mobile, SMS Banking, dan Internet Banking


Di masa lalu, pelanggan mungkin rela mengantri dalam waktu lama hanya untuk mengecek saldo rekening. Seiring perkembangan teknologi, hal itu bukan menjadi satu-satunya cara lagi untuk melakukan pengecekan saldo. Tidak jarang Anda membuang banyak waktu jika yang Anda andalkan hanyalah cek saldo via ATM. Pengecekan saldo ATM BRI kini dapat dilakukan dengan menggunakan layanan perbankan BRI seperti SMS Banking, BRI Mobile dan Internet Banking. Ketiga layanan ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi, baik finansial maupun non finansial.

1. Cara Cek Saldo BRI Via SMS Banking

Cara cek saldo ATM BRI yang pertama adalah melalui SMS Banking. Sudah banyak pelanggan yang mengaktifkan layanan ini untuk memudahkan transaksi. Anda juga dapat mengecek saldo dengan mudah hanya melalui smartphone Anda.

Namun pastikan Anda sudah terdaftar sebagai nasabah aktif SMS Banking BRI. Apabila belum mendaftar, nasabah dapat melakukan pendaftaran di cabang BRI terdekat. Silakan minta nomor antrian dari customer service kemudian jelaskan tujuan pendaftaran SMS Banking BRI Anda.

Jika Anda sudah mendaftar SMS Banking, tentu mengecek saldo bukanlah hal yang sulit. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengecek saldo via sms banking.

  • Buka menu SMS di smartphone Anda.
  • Kemudian tulis pesan untuk cek saldo sebagai berikut: SALDO (spasi) PIN ATM lalu kirim ke 3300.
  • Contoh: SALDO 123456 kemudian kirim ke 3300
  • Lalu tunggu hingga Anda mendapatkan balasan mengenai informasi saldo Anda via sms.
Cara ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan oleh nasabah karena kemudahannya. Anda hanya perlu menggunakan menu SMS dan tidak memerlukan koneksi internet. Namun, pastikan Anda memiliki pulsa yang cukup saat mengecek saldo dengan cara ini.

2. Cek Saldo BRI Melalui Aplikasi BRI Mobile

Cara selanjutnya yang tak kalah mudah adalah dengan menggunakan aplikasi BRI Mobile. Seperti bank pada umumnya, BRI juga menyediakan aplikasi mobile untuk memudahkan berbagai transaksi. Cara ini relatif sederhana dan Anda bisa mencobanya dengan smartphone dengan koneksi internet.

Pelanggan dapat dengan mudah mengecek saldo rekening BRI menggunakan aplikasi ini. Namun, pastikan Anda sudah mendaftar di BRI Mobile. Sama seperti SMS Banking, untuk mendaftar layanan ini, nasabah juga harus mendatangi cabang BRI terdekat. Jangan khawatir, proses pendaftarannya cepat dan mudah. Yang harus Anda lakukan adalah mengantri di layanan pelanggan dan kemudian melakukan pendaftaran. Jika Anda sudah bisa mengakses BRI Mobile, Anda dapat dengan mudah memeriksa saldo rekening BRI Anda. Caranya adalah berikut ini.
  • Buka PlayStore dan download aplikasi BRI Mobile. Kemudian Instal.
  • Jika sudah terinstal, buka aplikasinya.
  • Pada tampilan awal aplikasi pilih menu Mobile Banking BRI.
  • Kemudian klik menu Info.
  • Untuk memeriksa saldo akun Anda, pilih Info saldo.
  • Masukkan PIN Mobile Banking BRI yang terdaftar. Akan muncul pesan yang menyatakan bahwa transaksi akan dilakukan menggunakan SMS.
  • Jika Anda setuju, pilih menu OK.
  • Periksa menu SMS untuk saldo ATM BRI Anda.

Sama seperti SMS Banking, cek saldo dengan BRI Mobile juga mengharuskan Anda menyediakan pulsa. Dikarenakan notifikasi yang masuk akan dikirimkan melalui SMS.

3. Cek Saldo Melalui Internet Banking BRI

Cara cek saldo BRI selanjutnya adalah melalui online banking. Menariknya, cara ini tidak mengharuskan nasabah untuk menyediakan pulsa seperti cara sebelumnya. Namun, untuk memanfaatkan fitur ini, Anda harus mendaftar terlebih dahulu.

Anda dapat pergi ke cabang BRI terdekat untuk mendaftar internet bangking. Namun jika tidak ada waktu, nasabah juga dapat melakukan registrasi layanan ini melalui ATM BRI. Jika sudah terdaftar, tentunya akan lebih mudah untuk mengecek saldo tanpa harus ke ATM lagi.

Anda hanya perlu terhubung ke internet, di ponsel atau di PC/laptop Anda. Langkah-langkah cek saldo ATM BRI melalui internet banking adalah sebagai berikut.
  • Buka browser melalui smartphone atau perangkat laptop/PC Anda. 
  • Kunjungi laman Internet Banking BRI di https://ib.bri.co.id/ib-bri
  • Di layar awal, silakan login dengan akun internet bangking terdaftar Anda.
  • Pilih menu Info Rekening untuk mengetahui saldo Anda di ATM BRI.

4. Cek Saldo Via ATM BRI

Cara selanjutnya untuk mengecek saldo ATM BRI, Anda harus pergi ke ATM terdekat. Pada dasarnya, memeriksa saldo Anda di ATM hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Namun, masih banyak nasabah yang takut bertransaksi melalui ATM.

Ini sering terjadi dengan pelanggan baru. Alasannya, takut saldo rekeningnya terpotong atau takut ditelan ATM. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini semakin banyak kasus ATM tertelan. Namun jika Anda bisa mengatasinya dan tidak panik, tentu bukan masalah besar. Pada dasarnya saldo Anda akan terjaga aman dan tidak terpotong saat mesin ATM menelan kartu Anda. Cukup hubungi Call BRI langsung di 14017/1500017. Jelaskan kepada call center bahwa ATM Anda telah tertelan dan perlu segera diblokir.

Risiko ini mungkin saja terjadi, tetapi memeriksa saldo di ATM juga tidak ada salahnya di coba. Apalagi jika Anda belum mengaktifkan layanan seperti SMS Banking dan Internet Banking. Berikut langkah-langkah sederhana cara cek saldo ATM BRI di ATM.

  • Bawa kartu bank atau kartu debit Anda dan pergi ke gerai ATM BRI terdekat.
  • Begitu sampai, masukkan kartu ATM Anda ke slot yang tersedia di mesin.
  • Pastikan kartu berada pada posisi yang benar untuk masuk ke ATM.
  • Tunggu hingga layar ATM menampilkan menu transaksi. Pilih bahasa yang akan digunakan. Ada dua pilihan bahasa, Indonesia dan Inggris. Untuk memudahkan transaksi, ketuk opsi bahasa Indonesia.
  • Masukkan 6 digit PIN ATM, pastikan Anda memasukkan PIN yang benar.
  • Ingatlah bahwa kartu ATM Anda akan terkunci jika Anda salah memasukkan PIN sebanyak tiga kali berturut-turut. Jika PIN sudah benar, layar monitor akan menampilkan beberapa menu transaksi yang bisa dipilih.
  • Untuk memeriksa saldo Anda, ketuk opsi Transaksi Lainnya.
  • Beberapa opsi transaksi akan ditampilkan, lalu pilih menu Info Rekening.
  • Selanjutnya, ketuk Pilih informasi saldo.
  • Tidak perlu menunggu lama, layar monitor ATM akan menampilkan sisa saldo di rekening BRI Anda. Ingatlah bahwa pengecekan saldo melalui ATM tidak menunjukkan tanda terima sebagai bukti. Oleh karena itu, Anda dapat mengambil tangkapan layar dari kontrol tampilan saldo.
  • Setelah itu, akan muncul pertanyaan terkait kelanjutan transaksi.
  • Jika Anda hanya ingin mengecek saldo dan menyelesaikan transaksi, pilih menu No. Sementara jika ingin melakukan transaksi lainnya, pilih menu Yes.
  • Setelah menggunakan ATM, pastikan untuk mengambil kartu debit Anda sebelum meninggalkan ATM. 

Anda bisa mencoba beberapa cara cek saldo BRI sesuai kebutuhan. Pilih metode yang menurut Anda paling mudah dan paling tidak rumit. Saran kami untuk Anda adalah Anda harus mengaktifkan layanan yang dapat diakses melalui smartphone untuk menghemat waktu Anda dalam mengecek saldo BRI dengan mudah dan cepat.