Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Macam Makanan Sehat Untuk Jantung

Berbagai Macam Makanan Sehat Untuk Jantung


Makan makanan sehat jantung dan menjalani gaya hidup sehat dapat melindungi Anda dari penyakit jantung dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Selain makan makanan yang menyehatkan jantung, juga penting untuk menghindari makanan cepat saji dan junk food. Makanan cepat saji yang banyak mengandung kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyumbatan pembuluh darah yang berujung pada serangan jantung.

Untuk menghindari risiko penyakit jantung, Anda harus menerapkan gaya hidup sehat, seperti makan makanan sehat, berolahraga secara teratur dan tidak merokok. Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 82%. Orang berusia 70 hingga 90 tahun yang hidup sehat juga dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 66%.

Beberapa Kelompok Makanan Sehat

Gaya hidup sehat yang bisa Anda terapkan adalah mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung. Lalu apa saja makanan yang dimaksud?

Untuk menyehatkan jantung dan membantunya berfungsi dengan baik, fitonutrien yang ditemukan dalam sayuran dan buah-buahan dapat bermanfaat. Senyawa ini membantu melindungi tanaman dari kuman, jamur, dan hama. Bagi manusia, senyawa ini dapat membantu fungsi tubuh dengan baik.


Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung fitonutrien

Kacang

Makan lebih banyak biji-bijian, seperti kacang merah, hingga tiga cangkir per minggu. Selain kaya akan fitonutrien yang menyehatkan jantung, kacang-kacangan juga dikemas dengan serat dan air, membantu Anda merasa kenyang lebih cepat. Ini dapat mencegah Anda mengonsumsi lebih banyak kalori. Selain itu, kacang-kacangan juga kaya akan antioksidan yang berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas penyebab kanker, penyakit parkinson, dan penyakit alzheimer.

Biji-bijian utuh

Makan biji-bijian seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, dan obesitas. Memang biji-bijian ini mengandung protein, serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral. Mineral yang dimaksud adalah zat besi, seng dan magnesium.

Apel

Makan 1-2 apel sehari dianggap mengurangi risiko penyakit jantung. Apel efektif menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan membantu mengatur gula darah. Pasalnya, selain mengandung fitonutrien, apel juga mengandung senyawa lain yang menyehatkan jantung, yaitu epicatechin. Zat ini merupakan senyawa yang kaya akan antioksidan dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Bawang Putih

Bawang putih tidak mempengaruhi tekanan darah, sehingga dapat dimakan secara teratur. Bawang putih juga bisa menggantikan garam untuk menambah rasa pada masakan. Ini baik untuk kesehatan jantung karena semakin banyak garam yang Anda makan, semakin tinggi risiko Anda terkena tekanan darah tinggi, yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Anggur

Manfaat anggur dipercaya mampu mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Memang buah anggur mengandung serat dan flavonoid yang baik untuk mencegah kerusakan jantung.

Buah Beri

Berbagai berry seperti blueberry, goji berry, stroberi, raspberry, dan blackberry dapat disajikan sebagai camilan sehat. Buah beri tinggi serat dan antioksidan yang dipercaya dapat mengurangi risiko serangan jantung. Selain itu, manisnya buah beri tidak memicu diabetes. Namun, penelitian tentang efek buah beri dalam melindungi kesehatan jantung masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Teh hijau

Menurut hasil penelitian, orang yang minum lebih dari 5 cangkir teh hijau per hari memiliki sekitar 25% lebih rendah risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke. Namun, berhati-hatilah saat mengonsumsi teh hijau. Minum lebih dari 5 cangkir teh hijau sehari dapat meningkatkan risiko terkena batu ginjal. Oleh karena itu, jika Anda banyak mengonsumsi teh hijau, perbanyak asupan air putih untuk menghindari dehidrasi dan menjaga agar sistem saluran kemih tetap lancar.


Selain mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung, sebaiknya batasi asupan garam tidak lebih dari 5 hingga 6 gram per hari atau setara dengan 2.000 hingga 2.400 mg sodium (natrium) per hari. Untuk orang yang berisiko terkena penyakit jantung, asupan natrium maksimum adalah 1.500 mg. Anda juga harus berolahraga secara teratur dan menghindari rokok agar tubuh tetap sehat dan jantung sehat untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan baik.