Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mental


Untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, Anda tidak bisa hanya fokus pada kesehatan fisik Anda. Kesehatan mental juga memainkan peran penting dalam kehidupan. Kesehatan mental sebagai kemampuan untuk mengelola emosi dan mengatasi kesulitan sehari-hari.

Anda dapat mengambil beberapa langkah sederhana untuk meningkatkan kesehatan mental Anda. Membuat perubahan ini pasti akan mempengaruhi setiap aspek kehidupan Anda. Menjaga kesehatan mental Anda dapat membantu Anda dapat meningkatkan suasana hati Anda, meningkatkan ketahanan Anda, dan membantu Anda menikmati hidup di sekitar.

Jika Anda rentan terhadap gangguan stres dan kecemasan, berikut adalah beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

Katakan hal-hal positif pada diri sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa cara Anda berpikir tentang diri sendiri dapat berdampak besar pada jiwa Anda. Ketika Anda melihat diri Anda dan hidup Anda secara negatif, Anda juga merasakan efek negatifnya. Di sisi lain, setelah Anda terbiasa menggunakan bahasa positif, Anda menjadi lebih optimis.

Tuliskan apa yang kamu syukuri

Syukur terkait dengan peningkatan kesejahteraan, kesehatan mental, dan kesejahteraan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa syukur Anda adalah dengan membuat jurnal dan menuliskan apa yang Anda syukuri setiap hari. Meditasi syukur juga efektif secara umum, tetapi perlu dilakukan secara teratur untuk manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan nikmati perasaan itu di dalam hati Anda.


Fokus pada satu hal pada satu waktu

Dengan berfokus pada tujuan Anda, Anda dapat melepaskan emosi negatif dan sulit dari pengalaman traumatis masa lalu. Mulailah dengan berfokus pada hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, dan pulang. Memperhatikan sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini dapat membantu Anda fokus. Jika pikiran Anda melayang dan Anda terlalu banyak berpikir, kembalilah ke apa yang Anda lakukan.

Olahraga

Tubuh Anda melepaskan endorfin untuk mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati Anda sebelum dan sesudah berolahraga. Hal ini membuat olahraga menjadi penangkal ampuh untuk stres, kecemasan, dan depresi. Carilah cara-cara kecil untuk meningkatkan gerakan, seperti: B. Naiki tangga atau berjalan kaki ke lokasi terdekat. Untuk hasil terbaik, berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan lakukan di luar ruangan. Berjemur juga membantu tubuh memproduksi vitamin D, yang meningkatkan kadar serotonin di otak.

Makan sesuatu yang enak

Selain memberikan nutrisi yang dibutuhkan, makan makanan yang enak dan sehat juga menyehatkan otak, meningkatkan zat serotonin, sedangkan makanan kaya protein membantu menjaga kewaspadaan. Sayuran dan buah-buahan dikemas dengan nutrisi yang menyehatkan setiap sel dalam tubuh, termasuk yang mempengaruhi zat kimia otak yang mengatur suasana hati. Asam lemak tak jenuh ganda omega-3 (ikan, kacang-kacangan, biji rami Termasuk makanan yang banyak mengandung Nutrisi ini dapat meningkatkan mood dan mengembalikan integritas struktural sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsi kognitif.

Terbuka dengan seseorang

Mengetahui bahwa Anda dihargai oleh orang lain adalah penting dalam membantu Anda berpikir lebih positif.Belajarlah untuk terbuka dengan orang lain. Ini akan meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir positif dan membantu Anda mengenal diri sendiri lebih baik.

Melakukan sesuatu untuk orang lain

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain secara positif memengaruhi perasaan Anda tentang diri sendiri. Bersikap baik dan ramah adalah cara yang bagus untuk meningkatkan harga diri Anda. Apa artinya membantu orang lain memperkaya dan memperluas kehidupan mereka.

Istirahat

Ketika semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak pekerjaan, mundurlah selangkah dan jangan lakukan hal lain sampai itu membuat Anda merasa setidaknya sedikit lebih baik, kecuali sesuatu yang membuat Anda lebih stres. Terkadang yang terbaik adalah melakukan latihan pernapasan sederhana. Tutup mata Anda dan ambil 10 napas dalam-dalam.

Dengan setiap inhalasi, hitung sampai empat saat menghirup, tahan selama empat hitungan, dan buang napas selama empat hitungan. Ini membantu melawan stres.

Tidur tepat waktu

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki dampak negatif yang signifikan pada suasana hati. Cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang tetap setiap hari. Hindari gadget sebelum tidur dan batasi minuman berkafein di pagi hari. Jadi, mulai sekarang, ada berbagai langkah mudah dan positif yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mental Anda. Cara menjaga kesehatan mental di atas tidaklah sulit. Itu harus diterapkan dengan sabar dan bertahap untuk manfaat jangka panjang.