Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sony FX30 : Sony Memanjakan Filmmaker Lewat FX30

Sony FX30 : Sony Memanjakan Filmmaker Lewat FX30


Sony telah mengumumkan tambahan terbaru untuk jajaran Cinema Line yang terkenal, kamera FX30 (model ILME-FX30). FX30 baru adalah kamera sinema 4K Super 35 ringkas yang menawarkan fitur profesional dari jajaran Cinema.

Di FX30 ini, pengguna dapat menemukan ISO Basis Ganda, mode pemotretan Log, dan user-imported LUTs (Look Up Tables). Selain itu, FX30 juga memiliki harga yang menarik, cocok untuk banyak calon pembuat film, videografer, dan pembuat konten.

Bersamaan dengan pengenalan kamera FX30 baru, Sony juga mengumumkan dua kartu memori CFexpress Tipe A baru, CEA-G320T dan CEA-G640T. Kedua kartu memori tersebut merupakan kartu berkapasitas besar yang mendukung kecepatan tinggi baik dalam membaca maupun menulis.

Seperti yang dikatakan Koji Sekiguchi, CEO PT Sony Indonesia, FX30 terbaru cocok untuk mereka yang ingin memulai membuat film. Kamera ini dilengkapi dengan banyak kamera profesional kelas atas Sony, menjadikannya sempurna untuk pembuat film, videografer, dan pembuat konten.

Buat Tampilan Sinematik

FX30 menghadirkan ekspresi sinematik dengan sistem pencitraan terbaru untuk pembuat film. Kamera ini memiliki sensor Exmor R™ CMOS APS-C 20,1 MP dengan pencahayaan belakang (format Super 35) dengan ISO dasar ganda (800/2500) untuk menghasilkan sensitivitas tinggi, noise rendah, dan lebih dari 14 stop di lintang. ILME-FX30 mendukung berbagai macam codec pengambilan video. Kamera juga dapat memotret dalam 4K Super 35 (16:9) dengan oversampling dari 6K ke 60 fps. Selain itu, ILME-FX30 dilengkapi dengan kemampuan perekaman kecepatan bingkai tinggi, termasuk 4K pada 120 fps dan Full HD pada 240 fps.

Kedua mode perekaman 16:9 dapat menulis 10-bit 4:2:2. Sementara itu, konektor HDMI Type-A dapat digunakan untuk mengeluarkan 4K, RAW 16-bit ke perekam eksternal. Seperti jajaran Cinema lainnya, FX30 juga dilengkapi mode pengambilan Diary dengan mengaktifkan mode ISO cepat dan tajam Cine El, Cine El.

Ketiga mode ini memungkinkan perekaman video selama pemantauan dengan LUT yang sesuai untuk melihat pratinjau gambar akhir. Selain itu, FX30 juga dilengkapi dengan berbagai pilihan layar bioskop bawaan, seperti Sony S-Cinetone™.

Selain kemampuan menangkap gambar unik, FX30 juga menawarkan pemrosesan gambar tingkat lanjut dengan prosesor BIONZ XR. Kehadiran prosesor ini menghasilkan gradien alami dan reproduksi warna yang benar.

Dirancang untuk para kreator

FX30 memiliki fitur autofokus Sony yang cepat dan andal, dengan pengaturan seperti:

  • Real-time Eye AF (orang, hewan, atau burung)
  • Real-time Tracking
  • Pengaturan Detailed AF
  • AF Assist 5

Kreator juga memiliki kontrol lebih saat menggunakan Focus Map, sehingga lebih mudah untuk melihat depth of field. Selain itu, kamera ini juga dilengkapi dengan fungsi kompensasi pernapasan yang memberikan sudut pandang yang stabil saat pemfokusan.

Hal menarik lainnya dari FX30 ini adalah dukungan stabilisasi yang efektif untuk menjalankan perekaman run and gun dalam mode aktif. Sony dapat membantu dengan ini berkat stabilisasi ggambar optik internal 5-axis dan sinkronisasi kode waktu.

Kamera FX30 menggabungkan fitur lain yang mempertahankan keunggulan Cinema Line, seperti:

Layar menu utama gaya daftar baru yang dapat disesuaikan, yang dapat menyediakan akses cepat ke item yang sering digunakan.

Screensaver video baru menyediakan tampilan objek yang tidak terhalang tombol dan dial khusus cinema.

FX30 juga memiliki fitur tambahan untuk mendukung alur kerja kreatif, seperti pasca-pengeditan menggunakan LUT bawaan dan metadata EI. Metadata ini tersedia menggunakan versi terbaru dari aplikasi Catalyst Prepare atau Browse Catalyst Sony.

Pengoperasian yang mudah dan faktor bentuk yang ringkas

FX30 adalah kamera compact dan ringan yang memiliki desain flat top dengan titik lampiran aksesori, membuatnya mudah digunakan untuk pemotretan genggam, pemotretan sudut rendah, pemasangan gimbal, atau penambahan aksesori.

Selain itu, FX30 juga dilengkapi dengan penerima audio XLR, yang dapat digunakan untuk memotret dari sudut rendah serta merekam suara yang jernih melalui berbagai input audio, termasuk dua audio XLR dan jack mini. saluran. catatan.

Mikrofon eksternal dapat dihubungkan langsung ke kamera melalui Jack Multi Antarmuka dan jack mikrofon. Kamera FX30 juga memiliki mikrofon stereo internal untuk perekaman audio. FX30 dan FX30B juga memiliki dua slot kartu memori yang kompatibel dengan kartu CFexpress Tipe A dan kartu SDXC/SDHC.

FX30 tidak hanya menawarkan peningkatan kinerja, tetapi juga keandalan yang luar biasa. Kamera ini dilengkapi dengan konstruksi heatsink yang inovatif untuk perekaman 4K/60p tanpa gangguan, catu daya yang andal untuk perekaman yang lebih lama, dan sasis magnesium alloy yang tahan lama.

Berbagai pilihan lensa E-mount, mikrofon performa tinggi, dan komponen penting lainnya dapat membentuk sistem yang sangat serbaguna untuk kebutuhan kreatif kreator. FX30 dan FX30B akan tersedia di Indonesia pada November 2022.