Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Daftar Makanan Dan Minuman Penurun Kolesterol Yang Bisa Anda Coba

Rekomendasi Daftar Makanan Dan Minuman Penurun Kolesterol Yang Bisa Anda Coba


Berbagai cara bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol, terutama dengan mengatur pola makan. Simak penjelasan berikut untuk daftar makanan penurun kolesterol yang patut dicoba.

Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membantu membangun sel-sel yang sehat. Namun, kadar kolesterol yang terlalu tinggi justru dapat menyebabkan penumpukan plak yang menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung.

Makanan dan Minuman Penurun Polesterol

Tingginya kadar kolesterol dalam darah dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman penurun kolesterol yaitu:

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau, seperti bayam, arugula dan kangkung telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol. Memang, antioksidan yang ada dalam sayuran hijau memiliki kemampuan untuk mengikat asam empedu yang terdiri dari kolesterol, sehingga mencegah akumulasi kolesterol dalam darah.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga membantu menurunkan kolesterol karena kandungan fitosterolnya dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat ke dalam aliran darah.

3. Pisang

Kandungan inulin pada pisang sangat membantu dalam menurunkan kolesterol pada makanan yang Anda makan. Ini membantu Anda mengontrol kadar kolesterol.

4. Oat

Oat berbahan dasar gandum mengandung beta-glucan yang dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, beta-glucan dalam oat juga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang Anda makan.

5. Teh hitam

Teh hitam merupakan minuman yang dapat menjaga kadar kolesterol darah. Kandungan flavonoid dalam teh hitam diketahui dapat membantu fungsi jantung dengan baik, menurunkan kadar kolesterol, dan mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

6. Susu kedelai

Minuman lain yang juga dapat digunakan sebagai penurun kolesterol adalah susu kedelai. Susu kedelai sendiri mengandung isoflavon yang membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Tidak hanya susu kedelai, makanan olahan berbahan dasar kacang keledai juga tinggi kandungan isoflavon, seperti tempe dan tahu.

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, Anda juga bisa mengonsumsi makanan olahan yang mengandung beta-glucan dan serat larut inulin. Kedua jenis serat larut ini dapat menjaga sistem pencernaan tetap berfungsi optimal, sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat mencari produk dengan tambahan vitamin B1 dan B2. Tujuannya agar pencernaan dan pembakaran lemak dan karbohidrat dapat bekerja lebih baik, yang tentunya akan membantu Anda menurunkan kadar kolesterol tinggi Anda.


Perubahan Gaya Hidup Untuk Menurunkan Kolesterol

Selain mengkonsumsi daftar makanan dan minuman di atas, Anda juga disarankan untuk melakukan perubahan gaya hidup untuk menurunkan kolesterol tinggi dan menjaga kadar kolesterol normal. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat, misalnya:


1. Kurangi makanan berlemak

Cara termudah untuk menjaga kadar kolesterol normal adalah dengan memperhatikan asupan lemak yang Anda konsumsi. Hindari makanan dan minuman yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging merah dan produk susu tinggi lemak. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

2. Berhenti merokok

Merokok dapat menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah dan merusak dinding pembuluh darah. Oleh karena itu, berhentilah merokok untuk membantu upaya penurunan kolesterol Anda dan menghindari efek berbahaya dari kolesterol tinggi.

3. Batasi konsumsi alkohol

Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kolesterol dan tekanan darah. Untuk menghindari hal ini, Anda harus membatasi asupan minuman beralkohol, dan lebih baik tidak minum alkohol sama sekali.

4. Olahraga teratur

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, olahraga teratur juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Berolahraga minimal 30 menit sehari, minimal 3 kali seminggu, agar Anda bisa merasakan manfaat tersebut.


Untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap terkendali, lakukan tes kolesterol secara teratur seperti yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Selain itu, ikuti pola hidup sehat untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaganya dalam batas normal agar terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.