Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mempelajari Anencephaly dan Gejalanya

Mempelajari Anencephaly dan Gejalanya


Anencephaly adalah suatu kondisi saat lahir (cacat lahir) yang mempengaruhi otak dan tulang tengkorak. Bayi yang lahir dengan kondisi ini memiliki otak yang belum terbentuk sempurna, sering kali kehilangan bagian otak dan tengkorak.

Anencephaly adalah kondisi langka yang hanya mempengaruhi 1 dari 5.000 hingga 10.000 bayi yang lahir. Meskipun demikian, cacat lahir ini sering menyebabkan keguguran atau kematian setelah lahir, jadi disarankan untuk berhati-hati. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui gejala anencephaly pada bayi mereka.

Pelajari Tentang Anencephaly dan Gejalanya

Anencephaly adalah jenis cacat tabung saraf. Selama kehamilan, otak dan tulang belakang dimulai sebagai lembaran sel datar yang menggulung menjadi tabung yang disebut tabung saraf. Ketika semua atau sebagian dari tabung saraf tidak menutup dan meninggalkan lubang, itu disebut cacat tabung saraf terbuka. Anencephaly (tengkorak terbuka) dan spina bifida (tulang belakang terbuka) adalah cacat tabung saraf terbuka yang paling umum.


Berikut beberapa gejala anencephaly pada bayi:


1. Sebagian besar area otak hilang

Bayi dengan anencephaly sering kekurangan sebagian atau seluruh serebrum mereka. Serebrum adalah area otak yang berfungsi untuk berpikir, melihat, mendengar, menyentuh, dan bergerak.


2. Tidak ada tulang di belakang kepala

Gejala atau tanda yang paling khas dari anencephaly adalah hilangnya bagian tengkorak, biasanya tulang di belakang kepala.


3. Hilangnya tulang di bagian depan dan samping kepala

Bayi dengan anencephaly juga kekurangan tulang di sekitar bagian depan dan samping kepala mereka.

4. Telinga berkerut

Gejala atau tanda lain dari anencephaly pada bayi adalah telinga berkerut atau lipatan ditelinga.


5. Langit-langit sumbing

Ini adalah kondisi di mana langit-langit mulut bayi tidak menutup sepenuhnya, meninggalkan lubang yang melebar ke rongga hidung.


6. Memiliki penyakit jantung bawaan

Beberapa bayi dengan anencephaly memiliki kelainan jantung bawaan.


Seperti cacat tabung saraf lainnya, anencephaly terjadi selama minggu ketiga dan keempat kehamilan. Sisa tubuh bayi terus terbentuk dan tumbuh seiring dengan perkembangan kehamilan. Namun, jika tabung saraf tidak menutup dengan benar, otak dan tengkorak tidak dapat berkembang.