Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Jenis Susu Bagi Anak

Manfaat dan Jenis Susu Bagi Anak


Susu merupakan minuman yang memiliki banyak manfaat. Selain buat perkembangan otak anak, minum susu berguna sebagai salah  satu sumber daya tahan tubuh. Selain itu susu pula membantu pembentukan tulang serta gigi anak supaya sehat serta bertenaga. Ternyata, susu jua menyehatkan sistem pencernaan anak serta mempertinggi penyerapan kalsium. serta susu jua bisa berfungsi menjadi penghilang stres serta penguat energi tubuh sehabis anak beraktivitas.

Kandungan Gizi pada Susu

  • Kasein. Kandungan zat ini di dalam susu sangat banyak yaitu sekitar 80%. keliru satu peran krusial asal kasein artinya menaikkan daya serap tubuh terhadap mineral seperti kalsium dan  fosfor.

  • Lemak. Susu artinya galat satu asal lemak jenuh yang sangat tinggi. Hal ini sangat wajar mengingat 70% kandungan di dalamnya terdiri asal senyawa asam lemak. Lemak ini ialah satu dari sekian poly lemak alami kompleks yang terdiri dari lebih kurang 400 jenis asam lemak. Susu segar yang langsung diperah asal sapi sendiri memiliki kandungan lemak setidaknya sebesar 4 %. Selain menjadi cadangan energi, lemak dalam susu pula sangat penting buat menaikkan kepandaian insan.

  • Karbohidrat. Karbohidrat yang ada di dalam susu umumnya artinya peralihan bentuk berasal gula laktosa. Jadi saat susu memasuki sistem pencernaan insan, laktosa terpecah sebagai glukosa dan  galaktosa. Keduanya lalu terserap pada sistem aliran darah, di mana pada satu titik tertentu hati akan mengubah galaktosa menjadi glukosa. di beberapa orang, kekurangan enzim yang diperlukan buat menghancurkan laktosa akan menyebabkan sebuah kondisi yang dinamakan intoleransi laktosa.

  • Vitamin serta mineral. Susu mempunyai banyak kandungan vitamin dan  mineral yg dibutuhkan buat menjaga proses pertumbuhan supaya berjalan menggunakan baik. Beberapa di antaranya merupakan menjadi berikut:

  • Kalsium. Kalsium adalah nutrisi yg dibutuhkan buat membentuk pertumbuhan tulang dan  gigi. Satu gelas susu atau kurang lebih 240 ml, memiliki kandungan kalsium setara menggunakan 7 mangkok brokoli.

  • Vitamin B12. Vitamin yg berfungsi membantu proses pembentukan sel-sel darah merah ini pula terdapat pada jumlah yang relatif poly pada dalam susu. Satu cangkir susu bisa memenuhi 50% kebutuhan vitamin B12 harian yg diharapkan sang tubuh. menggunakan begitu kamu pula telah berperan menjaga fungsi sistem saraf pusat agar permanen berjalan menggunakan baik.

  • Vitamin A. tak hanya wortel, ternyata susu jua bisa sebagai asal vitamin A yg baik buat kesehatan mata. Setiap kamu meminum secangkir susu, kamu sudah memenuhi 15% kebutuhan vitamin A harian yang bermanfaat buat menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal.

  • Riboflavin. Meski mungkin masih sedikit asing di telinga, zat yg pula dikenal sebagai vitamin B2 ini mampu mengganti asupan makanan sebagai tenaga. Meminum satu gelas susu sehari akan mencukupi kurang lebih 35% kebutuhan harian tubuhmu akan riboflavin.

  • Fosfor. Selain kalsium, fosfor pula sangat dibutuhkan buat menjaga kesehatan tulang serta gigi. Susu sendiri merupakan minuman yang kaya akan mineral ini.

Jenis Susu Buat Anak


1. Susu bubuk

Susu bubuk didesain dengan cara menguapi susu cair sebagai akibatnya kandungan airnya sahih-sahih hilang serta menjadi butiran serbuk. berdasarkan Data Komposisi Pangan asal Kemenkes RI, pada 100 miligram (mg) susu serbuk umumnya mengandung 513 kalori, 24,6 gr protein, dan  30 gr lemak. ada jua kandungan karbohidrat sebesar 36,dua gram serta mineral kalsium sekitar 904 mg.


2. Susu full cream

Susu full cream dikenal jua menggunakan nama susu whole milk atau susu fat milk karena kandungan lemaknya yang relatif tinggi. Susu full cream untuk anak Sekolah Dasar mampu hadir dalam bentuk serbuk maupun cair. Jenis susu ini mengandung setidaknya 3,25% lemak atau sekitar 8 gram lemak. Jadi, setidaknya lebih kurang 50% asupan kalori asal susu ini berasal dari lemak.


3. Susu Evaporasi

Susu evaporasi dirancang menggunakan cara menghilangkan kurang lebih 60% air di pada susu. Susu lalu dilakukan penyeragaman kandungan, contohnya diperkaya menggunakan vitamin D dan  vitamin A. Susu evaporasi umumnya tidak diberikan secara eksklusif seperti susu cair juga susu serbuk yg dicairkan. Susu jenis ini umumnya dipergunakan menjadi pengganti krim, pelengkap kuliner epilog, maupun pengganti SKM. akan tetapi, anak yg memiliki alergi menggunakan susu sapi tidak dianjurkan buat mengonsumsi makanan juga minuman yang mengandung susu evaporasi.


4. Susu UHT (ultra high temperature)

Susu UHT diproses pada suhu yg sangat tinggi untuk mematikan banyak sekali mikroorganisme asing dalam susu serta memperpanjang umur simpan. Pemprosesan susu menggunakan suhu tinggi ini dianggap menggunakan pasteurisasi. Pemanasan ini tidak hanya membunuh patogen, namun juga memperlambat pembusukan yang dipicu oleh bakteri lain. Proses pasteurisasi yaitu memanaskan susu sampai suhu 70-75 derajat Celcius selama 15 dtk. tetapi, dengan teknik teranyar prosesnya lebih cepat yaitu 150 derajat Celcius selama 5 dtk. pada suhu itu, seluruh kandungan berbahaya, termasuk spora serta enzim yang mampu merusak susu akan tewas pada proses pemanasan. Susu UHT umumnya disenangi mungil sebab memiliki variasi rasa yang majemuk.


5. Susu Kambing

Susu kambing sering menjadi pilihan lain buat diberikan pada anak Sekolah Dasar. tapi, mengutip dari NHS, formula susu kambing tidak cocok diberikan buat anak-anak yang mempunyai alergi susu. alasannya adalah, formula yang terkandung di dalam susu kambing mempunyai kandungan protein yg sangat seperti dengan susu sapi. tetapi, manfaat susu kambing bisa dijadikan pilihan Bila anak Anda merasa bosan dengan susu sapi yang itu-itu saja.


6. Susu Kedelai

Susu kedelai umumnya dipergunakan sebagai cara lain  buat gejala anak alergi susu sapi atau kambing. Ini karena protein di pada susu sapi yg bisa memicu reaksi alergi, tidak terdapat pada pada susu kedelai. sinkron menggunakan namanya, susu kedelai ialah jenis susu nabati sebab diolah berasal tumbuhan sehingga kandungan lemaknya tidak sebesar susu sapi.

Cara Menentukan Susu yang Sempurna

1. Pastikan susu tidak mengandung gula tambahan

dalam memilih susu anak, pastikan susu yg diberikan tidak mengandung gula tambahan. Penambahan gula dalam jumlah hiperbola bisa mengakibatkan anak mengalami kelebihan berat badan. Konsumsi gula berlebih waktu kanak-kanak jua akan menaikkan risiko anak memiliki pola makan yg jelek saat dewasa.


2. Pertimbangkan susu organik

Susu organik dapat sebagai pilihan susu yang baik buat anak. Susu organik diyakini lebih safety serta sehat sebab diperoleh dari sapi perah yang tak menerima suntikan hormon pertumbuhan maupun obat-obat lainnya. Selain itu, sapi Produsen susu organik jua mengonsumsi rumput tanpa pestisida, sehingga susu yang dihasilkan bebas berasal bahan-bahan kimia berbahaya.


3. Pilih susu dengan kandungan FOS serta GOS 

Pastikan susu anak mengandung frukto-oligosakarida (FOS) serta galakto-oligosakarida (GOS). ke 2 kandungan ini mampu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus, sehingga saluran cerna anak akan lebih sehat. Bila saluran cerna anak sehat, maka daya tahan tubuhnya juga akan lebih bertenaga.


4. Pastikan susu mengandung omega-tiga dan  omega-6

Selain mengandung FOS serta GOS, Anda perlu memiilih susu dengan kandungan asam lemak omega-3 serta omega-6. Omega-tiga baik untuk perkembangan kognitif dan  perkembangan otak anak. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan bahwa tercukupinya kebutuhan omega-tiga bisa membentuk anak mempunyai daya jangan lupa serta konsentrasi yg lebih baik. Sedangkan omega-6 berperan krusial dalam menjaga daya tahan tubuh anak.


5. Pilih yang mengandung zat besi

Kandungan zat besi dalam susu sangat diharapkan anak buat tumbuh kembangnya. sang sebab itu, pastikan susu yang Anda berikan kepada anak mengandung mineral ini.


Bila anak memiliki syarat medis tertentu, contohnya alergi protein susu sapi atau intoleransi laktosa, lakukanlah konsultasi menggunakan dokter terlebih dahulu untuk memilih pilihan susu serta makanan yang sesuai menggunakan syarat anak.