Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Yang Bisa Menurunkan Leukosit Secara Alami

Makanan Yang Bisa Menurunkan Leukosit Secara Alami


Walaupun syarat sel darah putih tinggi wajib segera ditangani menggunakan minum obat khusus, terdapat beberapa makanan yang bisa menurunkan leukosit dan mampu membantu menormalkannya.

Sebaliknya, terdapat juga jenis makanan yang mampu memicu bertambahnya sel darah putih pada pada tubuh.

Artinya selain tercukupi istirahat & pola hidp, makanan yang kita makan setiap hari mampu berpengaruh dalam kestabilan leukosit. Jika tidak menjaga pola makan, kondisi leukosit akan meningkat sampai harus diberi perawatan medis.

Apa Yang Terjadi Jika Leukosit Tinggi?

Kondisi leukosit yang terlalu tinggi diklaim menggunakan sindrom hiperviskositas darah.

Pada hiperviskositas, sel darah putih yang terlalu tinggi mampu memicu lebih banyak kondisi pada tubuh yang lain, misalnya:

  • Peradangan

  • Infeksi

  • Alergi

  • Kanker darah

Meskipun fungsi dari sel darah putih adalah buat menjaga tubuh dari bakteri, virus, & hal lain yang masuk ke pada tubuh, sel darah ini juga mampu membahayakan jika jumlahnya tidak terkontrol.

Pada orang dewasa, jumlah leukosit yang paling normal adalah 3500−10500 per mikroliter. Sedangkan untuk anak-anak & balita, jumlahnya bisa lebih sedikit.

Ketika jumlahnya menjadi terlalu banyak sampai pada atas batas normal, akan ada tanda-tanda hiperviskositas ringan, misalnya:

  • DemamKulit gatal & ada ruam

  • Tubuh selalu terasa letih

  • Sering berkeringat pada tengah malam

  • Sesak napas

  • Berat badan turun drastis

  • Mudah memar

  • Sering terjadi pendarahan

Bagaimana Cara Tahu Jumlah Sel Darah Putih Kita?

Tidak seperti cek tekanan darah yang mampu dilakukan disetiap apotek atau puskesmas, cek sel darah putih hanya mampu dilakukan melalui lab atau rumah sakit. 

Inilah yang menciptakan banyak orang tidak menyadari bahwa sel darah mereka sedang tidak normal.

Tes sel darah putih dilakukan melalui Tes Darah Lengkap. 

Dari hasil tes tersebut, kita mampu memahami jumlah sel darah putih, sel darah merah, HB (Hemoglobin), trombosit, Hematokrit, & gula darah.

Biaya Tes Darah Lengkap ini sendiri kurang lebih 100 ribu per satu kali tes. Hasilnya ada yang mampu dilihat secara langsung terdapat juga yang menunggu beberapa hari untuk melihat hasilnya.

Rekomendasi Makanan Buat Menurunkan Leukosit Tinggi

Kebanyakan makanan yang bisa menurunkan leukosit tinggi terdiri dari sayur & buah-buahan, contohnya :

  • Bawang putih

  • Paprika

  • Brokoli

  • Bawang bombay

  • Daun bawang

  • Jeruk

  • Alpukat

  • Wortel

Berikut pembahasan kandungan berdasarkan  8 jenis makanan di atas & bagaimana makanan tersebut mampu menurunkan kadar sel darah putih pada tubuh kita.

1. Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu asal antioksidan paling besar yang mampu kita dapatkan secara alami.

Sebagai pasien yang memiliki kadar sel darah putih tinggi, mengonsumsi bawang putih harus dilakukan setiap hari, baik menggunakan cara dimasak dan bisa juga dimakan secara utuh.

Kebanyakan dokter jua menyarankan cara ini buat menurunkan leukosit jika masih mampu ditangani tanpa obat.

2. Paprika

Yang berikutnya adalah paprika, salah satu asal antioksidan yang mungkin jumlahnya tidak sebanyak bawang putih, akan tetapi cita rasanya lebih lezat & mudah dimakan.

Paprika mampu dimakan secara langsung karena memiliki rasa manis, sedikit asam, layaknya daging butir tomat.

Tapi supaya lebih gampang memakannya, umumnya paprika dipanggang atau diolah menjadi kuliner tanpa micin, garam, & tidak memakai minyak yang banyak.

Memasak paprika menggunakan terlalu banyak bumbu mampu menurunkan kandungan vitamin & mineral pada pada sayuran ini.

3. Brokoli

Selain paprika, brokoli juga adalah sayuran yang memiliki kandungan antioksidan tinggi & rasa yang lezat .

Sayuran yang satu ini usahakan direbus saja hingga 1/2 matang, lalu dimakan secara langsung atau diberi bumbu saus tiram tanpa garam.

Anda juga mampu mengolah brokoli menjadi olahan lain, selama tidak mengandung banyak bumbu-bumbu misalnya gula, garam, & tepung.

4. Bawang Bombay

Satu lagi jenis bawang yang mampu menurunkan kadar sel darah putih pada pada tubuh adalah bawang bombay. Sayuran yang satu ini juga mampu diolah menjadi banyak jenis kuliner & memiliki rasa yang tidak seburuk bawang putih.

Biasanya bawang bombay dijadikan olahan sandwich bersama sayuran & buah lainnya. Dengan cara ini kita mampu memakan bawang bombay tanpa harus dimasak dan tetap memiliki rasa yang lezat .

Selain itu, bawang bombay juga mampu diasap & bisa juga dijadikan bumbu tambahan pada masakan.

5. Daun Bawang

Sebenarnya, hampir seluruh jenis bawang mengandung antioksidan yang tinggi, tidak terkecuali daun bawang.

Kandungan antioksidan pada pada daun bawang inilah yang mampu untuk menurunkan kadar leukosit pada tubuh.

Seperti halnya yang sudah di ketahui, daun bawang putih selalu sebagai bumbu tambahan dalam membuat sebuah makanan. Jadi untuk sayuran yang satu ini, kita tidak perlu memakan nya secara langsung.

6. Jeruk

Selain antioksidan, makanan yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi baik juga buat menurunkan leukosit.

Jadi, banyak dokter yang menyarankan mengkonsumsi jeruk secara langsungdan bisa juga dibuat menjadi jus.

Jika ingin membuat jus jeruk, hindarilah menaruh gula terlalu banyak. Justru lebih disarankan membuat jus jeruk tanpa gula atau susu sama sekali.

7. Alpukat

Karena alpukat kurang lezat bila dijadikan jus tanpa gula, buah yang satu ini usahakan dijadikan bahan pelengkap saat membuat salad.

Alpukat pada salad mampu menjadikan tekstur yang lebih lezat supaya salad tidak terasa seperti sekumpulan sayur mentah saja.

Alpukat juga mampu dimakan menggunakan roti oven atau dibentuk smoothie menggunakan buah-buahan lain yang sama-sama mengandung vitamin C.

8. Wortel

Sayuran yang terakhir ini bukan hanya mengandung vitamin A yang tinggi, akan tetapi juga mengandung antioksidan juga.

Salah satu kelebihan memakan wortel buat menurunkan sel darah putih adalah kita tidak perlu memakan sayuran ini menggunakan jadwal layaknya makan sayur khusus buat obat. Sebab, wortel mampu dimasukan ke segala jenis masakan, seperti pada sop, steak, termasuk juga bisa dijadikan salad.

Bahkan sayuran ini mampu dikreasikan menjadi cemilan dengan cara diparut lalu dimakan menggunakan mayonaise.

Jangan Lupa Banyak Minum Air Putih!

Selain rutin memakan makanan buat menurunkan leukosit, pasien yang memiliki kadar sel darah putih tinggi juga harus minum air putih 8 gelas dalam sehari. 

Selain buat memperlancar sistem pencernaan & mencegah dehidrasi, air putih juga mampu memperlancar urine.

Leukosit yang telah mati selesainya memakan bakteri pada pada tubuh akan keluar melalui urine. Semakin lancar buang air kecil, maka leukosit yang keluar mampu semakin lancar & tidak menjadi infeksi juga peradangan pada tubuh.

Penderita sel darah putih tinggi harus menjalankan pola hidup sehat & higienis.

Tiap sayuran juga buah yang Anda beli wajib dicuci menggunakan air higienis yang mengalir hingga tidak terdapat pestisida & kotoran yang melekat pada permukaannya. 

Mengonsumsi makanan buat menurunkan leukosit yang telah disebutkan diatas juga hanya efektif buat mencegah produksi leukosit bertambah pada waktu yang cepat. Sebab, hiperviskositas darah adalah kondisi yang serius & membutuhkan penanganan dokter.