Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan dan Kekurangan iPhone 13

Keunggulan dan Kekurangan iPhone 13


Apple sekali lagi berhasil menarik perhatian netizen pecinta gadget berkat dirilisnya seri iPhone 13. Banyak orang sering memuji ukuran iPhone. Ini untuk memberikan pengalaman pengguna yang solid dan navigasi yang mulus tanpa lag.

Pada tahun 2021, seri iPhone 13 akan dirilis dalam beberapa varian: iPhone 13 biasa, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan terakhir  iPhone 13 Pro Max. 

Keempatnya memiliki daya tarik tersendiri, namun hanya iPhone 13 Pro Max  yang memiliki semuanya. Dari performa yang lebih baik, hingga layar dengan lebih banyak fitur, hingga masa pakai baterai yang lebih lama. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang ponsel ini, lihat spesifikasi, pro dan kontra iPhone 13 Pro Max di bawah ini. 

Keunggulan Apple iPhone 13 Pro Max

Setidaknya iPhone 13 Pro Max memiliki tujuh keunggulan utama yang membuatnya layak dimiliki. Silakan periksa keuntungan berikut sebelum membeli.


 1. Performa Chipset Yang Luar Biasa

Satu hal yang selalu dapat Anda harapkan dari produk Apple adalah kinerja. Tahun demi tahun, iPhone selalu memiliki chipset kuat yang dengan mudah mengalahkan berbagai pesaing.

Kali ini iPhone 13 Pro Max dibekali dengan chipset A15 Bionic yang menggabungkan enam core. Keenam core tersebut adalah dua  unit Avalanche dengan clock 3,223 GHz dan empat core Blizzard dengan clock 1,82 GHz.

Chipset ini menjalankan proses manufaktur 5 nanometer dengan TDP (Thermal Design Power) 6 W untuk lebih meningkatkan efisiensi baterai. Apple A15 Bionic juga menawarkan GPU 5-core (Graphical Processing Unit)  yang dikatakan 50% lebih kuat daripada chipset smartphone lainnya.

Chipset yang juga  digunakan di Appe iPad Mini  2021 berisi 15 miliar transistor dan dilengkapi dengan perangkat jaringan saraf yang disebut  Superfast Neural Engine.  "Mesin Neural" terdiri dari 16 inci dan dapat memproses hingga 15,8 triliun operasi. Menurut Apple, ini akan mengaktifkan fitur-fitur seperti Cinema Mode, Smart HDR 4 dan  banyak lagi.  

  • Hasil benchmark AnTuTu v9

Seperti dilansir laman resmi AnTuTu.com, iPhone 13 Pro Max menempati urutan ketiga, mengungguli iPad Pro 5 (12,9 inci) dan iPad Pro 5 (11 inci) yang meraih skor AnTuTu v9. Satu juta. Tentu saja iPad Pro 5  menggunakan chip Apple M1 dan memiliki performa yang  setara dengan laptop dan MacBook. Skor keseluruhan dari iPhone 13 Pro Max sendiri adalah 854218 poin. Skor ini bahkan lebih tinggi dari beberapa ponsel gaming Android dengan rating terbaik, seperti ASUS ROG Phone 5 (822290) dan Nubia Red Magic 6 Pro (825145). Kedua ponsel gaming ini diketahui ditenagai oleh Snapdragon 888.  

  • Pengujian kinerja game

Menurut  video pengujian di YouTube oleh MetalPhoenix45, iPhone 13 Pro Max juga dapat menjalankan emulator Dolphin (Super Smash Bros.) pada frame rate tetap 60 FPS. Performa ponsel yang kuat juga dibantu oleh YouTuber Dame Tech yang berhasil menjalankan game Genshin Impact pada pengaturan grafis tertinggi tanpa terlihat lag.

2. Daya tahan baterai yang sangat lama

IPhone 13 Pro Max  memiliki fitur ProMotion yang memungkinkan Anda mengubah kecepatan refresh  layar menjadi 120Hz. Ini biasanya menghabiskan banyak baterai dan memengaruhi masa pakai baterai secara keseluruhan.

Untungnya, Apple memiliki solusi untuk  masalah ini. Ini semua tentang menyesuaikan kecepatan refresh Anda berdasarkan jenis konten yang Anda nikmati.

Jika Anda membuka e-book yang biasanya tidak memerlukan pergeseran layar besar, kecepatan refresh aktif hanya 10Hz, tetapi jika Anda memainkan game tertentu yang mendukung kecepatan refresh tinggi, kecepatan refresh  aktif adalah 120Hz.

iPhone 13 Pro Max  memiliki daya tahan baterai lebih lama dibandingkan varian iPhone 13 lainnya,  hingga 2,5 jam lebih lama. Kapasitas baterainya 4352 mAh atau 16,75 Wh.

GSMArena mengatakan iPhone 13 Pro Max telah meningkatkan daya tahan baterai secara signifikan dibandingkan dengan iPhone 12 Pro Max yang dirilis pada tahun 2020. Misalnya, dengan pemutaran video offline, ponsel ini akan bertahan 24 jam. 9 jam lebih lama dari generasi sebelumnya.

Menurut sumber yang sama, peringkat daya tahan ponsel  mencapai skor 121 jam, lebih baik dari iPhone 12 Pro Max (95 jam), Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (114 jam) dan Xiaomi Mi 11 Ultra (95 jam). lebih tinggi. ). 

3. Ukuran layar maksimum, ProMotion mendukung 120Hz

Sedangkan untuk spesifikasi dasarnya, iPhone 13 Pro Max mengusung layar dengan panel Super Retina XDR OLED yang sudah dilengkapi sertifikasi HDR10 dan menampilkan standar kualitas Dolby Vision. Dengan ukuran layar 6,7 inci, Apple menawarkan resolusi 1284 x 2778 piksel, rasio aspek  19,5:9 dan kerapatan 458 ppi.

Layar dapat memberikan kecerahan hingga  1200 nits saat menikmati konten HDR seperti foto dan video. Apple juga mengklaim  layarnya  25% lebih terang saat digunakan di luar ruangan pada siang hari.  Menurut tes lab GSM Arena, perangkat  Apple  dapat mencapai  kecerahan hingga 1050 nits dalam mode otomatis, hasil yang dicapai saat layar ditempatkan di bawah terik matahari.

Juga, ketika saya meningkatkan tingkat kecerahan secara manual, tingkat kecerahan mencapai 852 nits. Mengenai gamut warna, Apple mengklaim bahwa ponsel menggunakan standar DCI-P3 untuk menampilkan warna. Seperti yang disebutkan, layar iPhone 13 Pro Max ini juga mendukung ProMotion 120Hz, yang memungkinkan Anda untuk memvariasikan kecepatan refresh layar antara 10Hz dan 120Hz tergantung pada aktivitas yang Anda lakukan.

PCMag menyatakan bahwa perubahan kecepatan refresh adaptif ini sangat terlihat saat menjelajah dengan browser Safari. Menggulir halaman web terasa sangat halus di mata, mengklaim memberikan pengalaman menjelajah yang lebih mulus yang dua kali  lebih mulus dari 60Hz konvensional.

4. Kualitas suara yang detail dan imersif dari speaker stereo

Semua orang senang saat mendengarkan musik dan video dan merasakan kualitas suara yang bagus. Fakta bahwa Apple diketahui benar, raksasa juga menawarkan speaker stereo  dengan kualitas suara yang sangat baik untuk kenyamanan pengguna.

Engadget pun setuju dengan keunggulan speaker ini, menyatakan bahwa suara yang dihasilkan sangat jernih dan memiliki bass yang bagus. Selain itu, lagu dan instrumen permainan dapat didengar melalui speaker stereo. Selain itu, GSM Arena membagikan bahwa speaker stereo iPhone 13 Pro Max menerima skor kenyaringan -24,0 LUFS dan peringkat "sangat bagus".

5. Kamera

Dari segi resolusi kamera, iPhone 13 Pro Max tetap tidak berubah dari generasi sebelumnya. Lensa utama memiliki resolusi 12 MP, aperture f/1.5, panjang fokus 26 mm, dan juga memiliki kemampuan PDAF dan OIS piksel ganda.

Di atas lensa kedua adalah sensor telefoto 12MP dengan aperture f/2.8 dan panjang fokus 77mm, memberikan ponsel  zoom 3x lossless (optik). Tentu saja, lensa telefoto ini juga dilengkapi dengan OIS, sehingga Anda dapat mengambil gambar tanpa blur bahkan saat melakukan zoom.

Kemudian  lensa ketiga menggunakan lensa ultra wide angle 12MP dengan aperture f/1.8 dengan bidang pandang 120 derajat. Lensa ini juga membantu pengguna untuk mengambil bidikan makro. Kemudian, pada lensa terakhir, perangkat menghadirkan pemindai 3D LiDar (deteksi cahaya dan jangkauan) waktu penerbangan yang dapat memaksimalkan pengalaman AR (augmented reality).

LiDAR memungkinkan perangkat untuk mengukur jarak antara objek dunia nyata dan menggunakan pengukuran tersebut dalam implementasi AR. Pemindai LiDAR juga memungkinkan pengguna untuk menempatkan objek 3D  di ruang dunia nyata untuk melakukan dekorasi virtual.

Dalam hal kemampuan merekam video, iPhone 13 Pro Max menawarkan pengalaman seperti pembuat film profesional berkat  fitur Mode Sinematiknya. Dengan mengaktifkan mode ini, pengguna dapat fokus pada subjek, mengaburkan latar belakang, atau mengatur apa yang biasa disebut  efek bokeh.

Uniknya,  fokus ini tetap pada subjek, dan saat subjek melihat ke kamera lalu berpaling, subjek menjadi kabur dan latar belakang mengalihkan fokus.

Kamera iPhone 13 Pro Max mencetak 137 poin dalam skor DxOMark, peringkat ke-4 di dunia (per Oktober 2021).

6.Memiliki kapasitas pemuatan penuh

Sebagai salah satu ponsel terbaik di kisaran harga flagship, Apple iPhone 13 Pro Max hadir dengan kemampuan pengisian daya penuh. Salah satunya tentu saja  fitur wired fast charging dengan daya 27W. Selain itu, iPhone 13 Pro Max juga dapat diisi daya melalui protokol pengisian cepat magnetis Qi 7,5W.

Selain itu, perangkat ramping ini juga menyertakan fitur unik dan eksklusif, yaitu protokol MagSafe. Fiturnya adalah ekosistem aksesori yang mendukung berbagai penggunaan,  seperti memasangkan dompet tambahan dan kemampuan pengisian daya nirkabel yang lebih cepat yang menghabiskan daya 15W.

7. Kehadiran sensor ultra-wideband

Sensor Ultra Wideband (biasa disingkat UWB) memiliki fitur unik yang membuat hidup lebih mudah bagi pengguna. Singkatnya, UWB adalah teknologi radio berdaya rendah  yang dapat mendukung komunikasi bandwidth tinggi antara dua perangkat dalam jarak yang relatif pendek. Penggunaan UWB sangat unik. Misalnya, dapat membantu Anda menemukan barang yang hilang.

Cukup tempelkan AirTag ke kunci, tas, dll., dan  ponsel Anda dapat menentukan lokasi item dengan tepat. Bahkan, seperti halnya bermain Skyrim, Anda hanya perlu mengikuti titik jalan yang muncul di layar untuk mencapai lokasi objek.

Sensor UWB juga menjadi basis  fitur CarKey yang mengubah iPhone 13 Pro Max menjadi kunci mobil. Hal ini sejalan dengan transisi ke ekosistem rumah pintar, setelah itu semua benda  di rumah akan terhubung dengan mulus untuk membuat hidup menjadi pengalaman  yang lebih praktis.

Kelemahan Apple iPhone 13 Pro Max

1. Daya Tahan Baterai

Sebelumnya kami mengatakan bahwa ponsel ini memiliki kemampuan pengisian daya yang berbeda berkat  dua protokol pengisian  nirkabel. Namun, ponsel ini masih tertinggal dari ponsel andalan lainnya karena kemampuan pengisian dayanya yang cepat.

Menurut tes GSM Arena, fitur pengisian cepat ponsel  hanya mengkonsumsi 27W. Apple sendiri tidak menawarkan uang tunai di kotak pembelian untuk mengurangi jejak karbonnya. Dan Pengiriman Daya USB Bahkan dengan kasing yang dibeli secara terpisah, dibutuhkan waktu 1 jam 46 menit. menit untuk mengisi penuh baterai.

Tentu saja itu terlalu lama untuk ponsel kelas flagship, di mana OPPO Find X3 Pro, OnePlus 9 Pro dan Xiaomi Mi 11 Ultra  hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai level baterai penuh dari nol.

2. terlalu berat

Tentu saja, sebagai model teratas dari seri iPhone 13,  ia memiliki fungsi yang paling canggih dan lengkap dibandingkan dengan yang lain. Bahkan, hal ini langsung terlihat dari layar berukuran besar 6,7 inci, dibandingkan versi reguler yang  hanya 6,1 inci.

Tapi ini malah mempengaruhi berat badan dan membuatnya "membengkak". Seperti yang kita ketahui bersama, varian Pro Max ini memiliki bobot  240 gram dan memiliki dimensi bodi 160,8 x 78,1 x 7,7 mm. Tentu saja, bobot ini terlalu berat untuk ukuran smartphone, dan sangat berbeda dengan iPhone 13 biasa yang hanya berbobot 174 gram. 

3. Tampilan desain yang monoton

Beberapa penggemar Android kerap menyindir bahwa iPhone memiliki tampilan bodi yang sama dari tahun ke tahun. Ini sudah cukup jelas sejak  iPhone 11 keluar dengan desain kamera Boba yang khas, dan tidak berubah hingga seri iPhone 13.

Tidak hanya itu, selalu sama. Tahun demi tahun, Apple menampilkan poni  panjang di layar dan mengklaim sebagai rumah dari kamera depan. Meski desain kuda poni ini sudah lama ditinggalkan oleh ponsel Android. Desain bang terakhir yang terlihat di ponsel Android adalah  Xiaomi Pocophone F1 2018.

Kini, secara umum, HP 10 juta memperkenalkan konsep layar depan punch-hole untuk memaksimalkan imersi pengguna saat menikmati konten di layar smartphone.