Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sangat Kacau, Mensos Risma Ungkap Penerima Bansos Kebanyakan Keluarga Lurah


Sangat Kacau, Mensos Risma Ungkap Penerima Bansos Kebanyakan Keluarga Lurah - Tri Rismaharini, Menteri Sosial (Mensos)  mengaku banyak yang datang kepadanya karena protes terhadap penerima bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) tidak tepat sasaran.

Ternyata Banyak keluarga kepala desa, hingga lurah yang menerima PKH Sebut Risma  mengungkap Hal itu dikarenakan saat ini data penerima bansos ada di  pemerintah daerah masing-masing.

Katanya dalam webinar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Selasa (15/6/2021) Bahwa,"UU data (penerima manfaat) itu ada di pemda, kemudian pemda meminta ke desa atau kelurahan. Kami banyak dikomplain karena itu keluarganya kepala desa, lurah dan sebagainya,"

Oleh sebab itu, saat ini sedang dilakukannya ditingkat (DTKS) pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Risma juga menyampaikan saat ini progresnya alhamdulillah sudah mencapai 90 persen.

"Saat ini kita lakukan pembenahan data sudah 90%. Pihak kami Kami saat ini sedang melakukan pemetaan-pemetaan karena di dalam PKH unsurnya sangat banyak beragam misalnya ada anggota yang disabilitas maka oleh karena itu akan mempengaruhi penerimaan-penerimaan bantuan," tuturnya.

Risma menyebut juga nantinya data penerima bansos akan mudah terdeteksi,  mudah dipantau dan lebih transparan oleh siapa saja.

Risma melanjutkan "Oleh sebab itu nanti ke depan usulan itu akan kami buka mulai dari desa, kelurahan, RT, RW itu akan bisa dipantau oleh siapa saja," sebutnya.