Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Segera Cek, Bansos Yang Akan Cair Bulan Maret, Apakah Nama Anda Terdaftar, Begini Cara Mendapaknya

Lagi Zaman

Segera Cek, Bansos Yang Akan Cair Bulan Maret, Apakah Nama Anda Terdaftar, Begini Cara Mendapaknya - Pemerintah tak henti memberikan beberapa bantuan sosial (bansos) ada yang bakal terus berlanjut sampai tahun 2021 mendatang. Pemerintah telah menyiapkan dana Rp 408,8 triliun dari APBN 2021 sebagai pelaksanaan program perlindungan sosial.

Kementerian Sosial akan menyalurkan tiga bantuan sosial (bansos). Beberapa bantuan sosial (bansos) masih terus berlanjut sampai tahun 2021 ini. Dengan begitu diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dari dampak pandemi COVID-19 yang belum usai.

Ada beberapa Bantuan Sosial (Bansos) Kementerian Sosial (Kemensos) Mareta 2021, bisa dicairkan lewat bansos.siks.kemsos.go.id.

Bansos Kemensos Maret 2021 bisa dicairkan menggunakan Nomor Induk Keluarga (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bansos Kemensos diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako/BNPT dan BST.

Kemensos akan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia dalam menyalurkan bantuan sosial tersebut. Berikut daftar bansos COVID-19 yang bisa dinikmati di 2021:

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos PKH ini disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di 2021.

Untuk PKH ini, Kemensos telah berkomitmen bakal mempercepat pencairan bantuannya dari setiap tiga bulan menjadi setiap bulan per keluarga penerima manfaat (KPM).

Kepesertaan PKH pun diperluas dari 9,2 juta KPM, menjadi 10 juta KPM. Anggaran Program PKH tahun 2021 ditetapkan sebesar Rp30,4 triliun.

2. Program Sembako/Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

Untuk program sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepesertaan juga diperbanyak dari semula 15,2 juta KPM menjadi 20 KPM Program Sembako di tahun 2020. Tahun 2021, kepesertaan BPNT ditetapkan sebanyak 18,5 juta KPM.

Adapun besaran nominal BPNT juga diperbesar, dari Rp 150 ribu per KPM per bulan, menjadi Rp 200 ribu per KPM per bulan. Anggaran BPNT tahun 2021 ditetapkan sebesar Rp 44,7 triliun.

Bansos Tunai tahun 2021 disiapkan buat 10 juta KPM dengan indeks Rp 200 ribu/KPM di tahun 2021. Total anggaran yang disiapkan untuk program ini sebesar Rp 12 triliun (periode Januari-Juni 2021)

Bantuan Sosial Tunai atau BST Rp 300 ribu menjadi salah satu program yang dilanjutkan pemerintah pada 2021. Penyaluran bansos diharapkan bisa membantu masyarakat menghadapi pandemi COVID-19.

“BST hanya diberikan kepada KPM yang tergolong keluarga miskin, tidak mampu, dan terdampak pandemi COVID-19. Program BST diperuntukan bagi 10 juta KPM di seluruh Indonesia,” ujar Kemensos yang diunggah melalui akun Instagramnya kemensosri.

Dalam unggahan tersebut, Kemensos juga menjelaskan syarat penerima BST Rp 300 ribu. Bantuan selama pandemi COVID-19 ini disalurkan pada Januari-April 2021 melalui PT Pos Indonesia tanpa potongan.

3. Program Kartu Prakerja

Pemerintah resmi membuka program kartu prakerja gelombang 12 sejak tanggal 23 januari 2021. Bagi Anda yang belum mendaftar, segera untuk membuat akun, batas yang disediakan hanya 3 hari sejak tanggal pembukaan dan akan ditutup tanggal 26 januari.

Demikianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak.