Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mudah Cara Mencairkan BST BLT Rp 300 Ribu Per KK Sampai Akhir Januari, Pantau Di HP Cuma Gunakan KTP

Mudah Cara Mencairkan BST BLT Rp 300 Ribu Per KK Sampai Akhir Januari, Pantau Di HP Cuma Gunakan KTP

Mudah Cairkan BST BLT Rp300 Ribu Per KK Sampai Akhir Januari, Pantau Di HP Cuma Gunakan KTP - Besarnya efek yang dirasakan masyarakat atas bantuan sosial yang diterima pada tahun lalu, kelanjutan bantuan sosial tunai dan pangan dipastikan berlanjut.

Dalam peluncurannya Senin lalu, pemerintah pusat mengalokasikan anggaran dana  sebesar Rp 110 triliun. Dana itu digunakan untuk mendukung penyaluran bantuan sosial (bansos) di tahun 2021 ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)  telah resmi meluncurkan tiga bantuan tunai langsung (BLT) dalam rangka penanganan dampak pandemi Covid-19 pada awal 2021

Adapun bantuan tunai yang dilanjutkan pada 2021 meliputi Program Keluarga Harapan (PKH), kartu  Sembako/Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Sosial Tunai (BST atau Bansos Tunai).

Untuk mengetahui berhak tidaknya menerima bansos Rp 300 ribu, Anda bisa mengeceknya di situs dtks.kemensos.go.id.

  • Masuk ke situs dtks.kemensos.go.id
  • Pilih ID Kepesertaan DTKS
  • Ketik Nomor Kepesertaan dari ID
  • Ketik nama sesuai ID
  • Masukkan kode yang terlihat di samping kotak
  • Klik cari untuk mencocokkan database DTKS

Adapun khusus untuk PKH, kata Menteri Sosial Tri Rismaharini, target dan alokasi PKH menjangkau 10 juta kelompok penerima manfaat atau KPM dengan total anggaran Rp 28,71 triliun.

PKH disalurkan setiap 3 bulan sekali, dalam 4 tahap (Januari, April, Juli dan Oktober 2021) melalui BNI, BRI, Mandiri dan BTN.

“Pada bulan Januari, PKH akan disalurkan dengan anggaran sebesar Rp 7,17 triliun,” kata Risma dalam keterangan resminya

Sedangkan untuk Program Sembako/BPNT target penerimanya 18,8 juta KPM dengan anggaran Rp 45,12 triliun. Bantuan tunai tersebut disalurkan melalui Bank Himbara dan agen yang ditunjuk dari Januari-Desember 2021 dengan nominal Rp 200.000 per bulan untuk setiap KPM. Selama Januari, total anggaran yang akan disalurkan sebesar Rp 3,76 triliun.

Bantuan Sosial Tunai disalurkan melalui PT Pos selama 4 bulan (Januari- April 2021) dengan nominal Rp 300.000 per bulan untuk setiap KPM. Target penerima untuk Bansos Tunai sebanyak 10 juta KPM dengan anggaran Rp 12 triliun.

Pada Januari, bansos tunai atau BLT bakal  disalurkan ke masyarakat dengan anggaran sebesar Rp 3 triliun.

“Sehingga keseluruhan anggaran yang disalurkan bulan Januari sebesar Rp 13,93 triliun,” kata Menso Tri Risma.

Adapun dalam setiap pengecekan, identitas yang digunakan adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum di Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta  terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.