Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka? Baca Disini Info Selengkapnya

Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka? Baca Disini Info Selengkapnya
Lagi Zaman

Kapan Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Dibuka? Baca Disini Info Selengkapnya - Pemerintah memutuskan untuk program Kartu Prakerja di tahun ini. Masyarakat Indonesia masih menunggu-nunggu, kapan pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 dibuka?

Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja mengatakan, sampai saat ini PMO Prakerja dengan Komite Cipta Kerja (KCK) masih melakukan finalisasi terkait mekanisme dan teknis pelaksanaannya.

"Begitu sudah ada titik terang, akan segera saya sampaikan," ujar Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada CNBC Indonesia, Senin (18/1/2021).

Seperti diketahui pemerintah mengalokasikan anggaran Kartu Prakerja tahun 2021 sebesar Rp 10 triliun. Nilai itu lebih kecil daripada anggaran 2020 yang sebesar Rp 20 triliun. Kendati demikian nilai anggaran tersebut bisa berubah karena kebutuhan mendesak untuk peningkatan keahlian dan kapasitas pekerja.

Survei Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2020 menunjukkan, sebanyak 66,47% peserta Kartu Prakerja berstatus masih bekerja sebanyak 22,24% peserta berstatus penganggur, dan 11,29% termasuk golongan bukan angkatan kerja.

Dari kelompok yang masih berstatus bekerja tersebut, 63% peserta bekerja penuh dan 36% berstatus setengah penganggur.

Berdasarkan penelusuran PMO seminggu belakangan ini beredar pesan bahwa gelombang 12 program Kartu Prakerja telah dibuka.

Salah satunya https://dashboard.prakerja12.xyz yang mengklaim sebagai tempat registrasi program Kartu Prakerja yang menawarkan bantuan biaya sebesar Rp 600 ribu yang ditujukan untuk pencari kerja pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

"Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi. Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar," ujar Louisa.

Saat ini Kartu Prakerja hanya memiliki satu situs resmi, www.prakerja.go.id. Pendaftaran peserta baru akan dilakukan secara online melalui situs tersebut. Tidak ada situs lain yang digunakan untuk mendaftarkan program ini.

"Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja, Instagram dan Facebook, dengan nama akun @prakerja.go.id," terangnya.

Sekian, semoga membantu, waspadalah terhadap situs palsu yang mengatasnamakan Prakerja. Wassalam