Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penuhi Syarat Ini Jika Anda Ingin Lolos Seleksi Kartu Prakerja Di 2021

Penuhi Syarat Ini Jika Anda Ingin Lolos Seleksi Kartu Prakerja Di 2021


Penuhi Syarat Ini Jika Anda Ingin Lolos Seleksi Kartu Prakerja Di 2021 - Pendaftaran Kartu Prakerja di prakerja.go.id pada tahun 2020 dari gelombang 1 hingga 11 tercatat sebanyak 43 juta pendaftar dari berbagai kota di Indonesia.

Pihak Kartu Prakerja sendiri hanya menerima sebanyak 5,6 juta pendaftar. Tingginya jumlah pendaftar memperlihatkan masyarakat Indonesia sangat antusias akan program pemerintah ini.

Dilansir dari laman Fixindonesia.com, kabarnya pendaftaran Kartu Prakerja akan kembali dibuka pada tahun 2021 mendatang.

Dalam program Kartu Prakerja gelombang 12, peserta yang lolos akan diberikan dana pelatihan senilai Rp1 juta, namun dana insentif ini tidak dapat dicairkan dan hanya bisa dipakai untuk membeli pelatihan saja.

Peserta yang lolos juga nantinya akan mendapat insentif senilai Rp600 ribu, yang dicairkan selama 4 kali. Insentif tambahan dari pengisian survey senilai Rp50 ribu dalam 3 kali pengisian setelah menyelesaikan pelatihan.

Pendaftar yang belum lolos pada gelombang sebelumnya, bisa mengikuti kembali pada pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 tahun 2021.

  • Warga Negara Indonesia yang sudah berusia 18 tahun, dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  • Bukan merupakan pejabat negara, pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).
  • Bukan merupakan Aparatur Sipil Negara, TNI/POLRI, Kepala Desa dan perangkat Desa, serta Direksi, Komisaris.
  • Bukan merupakan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah (BUMN/BUMD).
  • Bukan merupakan penerima bansos di Kementerian Sosial (Kemsos)
  • Bukan merupakan penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Bagi Anda yang akan daftar Kartu Prakerja gelombang 12, dan sudah memenuhi kriteria persyaratan, Anda bisa masuk ke link ini dan simak tata cara berikut ini :

  • Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer
  • Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK Anda
  • Masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pemeriksaan akun
  • Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online
  • Klik “Gabung” pada gelombang yang sedang dibuka
  • Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 tahun 2021, Anda bisa mengeceknya di laman prakerja.go.id

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari menyebut program Kartu Prakerja di prakerja.go.id dipastikan akan lanjut pada 2021.

“Jadi Kartu Prakerja akan dilanjutkan di 2021 sehingga bagi para sobat Prakerja yang telah memasukan data dan yang nantinya belum lolos sebagai penerima tahun ini jangan berkecil hati karena bisa mengikuti batch selanjutnya, batch 1 di tahun 2021,” kata Denni Purbasari selaku Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja seperti dikutip dari Antaranews.com.

Para calon pendaftar jangan mengabaikan persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak Kartu Prakerja, jika ingin lolos seleksi pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 tahun 2021.