Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Jenis Bansos Yang Diperpanjang Hingga 2021, Ada BST Rp 500 Ribu Per KK, Cek Segera Disini

4 Jenis Bansos Yang Diperpanjang Hingga 2021, Ada BST Rp 500 Ribu Per KK, Cek Segera Disini

4 Jenis Bansos Yang Diperpanjang Hingga 2021, Ada BST Rp 500 Ribu Per KK, Cek Segera Disini - Kabar baik untuk masyarakat yang menerima bantuan sosial (bansos). Pemerintah bersiap memperpanjang pengadaan bansos untuk tahun 2021 nanti.

Dari berbagai sumber, kabarnya akan ada 4 bantuan yang diperpanjang hingga tahun tahun depan: BLT BPJS Ketenagakerjaan, Kartu Prakerja, BST Bansos, dan BLT BPUM.

Adapun rincian terkait bansos untuk tahun depan antara lain bantuan untuk UMKM Rp 2,4 juta, BLT subsidi gaji Rp 600 ribu per bulan, BST Bansos Rp 500 ribu per KK, serta program Kartu Prakerja.

Rencana tentang perpanjangan bantuan ini pernah diungkapkan Menteri BUMN, Erick Thohir saat sambutan di Rapat Koordinasi Pengendalian Pembangunan Pemda DIY secara virtual.

“Alhamdulillah bahwa pada saat ini yang namanya bantuan kepada masyarakat bantuan sosial harus dijalankan seimbang dengan penanganan COVID. Bantuan presiden bantuan produk usaha mikro berjalan sangat baik tentu ini yang akan dilanjutkan di tahun 2021,” kata Erick Thohir beberapa waktu lalu seperti dikutip dari kabarjoglosemar.com.

Seperti diketahui bersama, pemerintah memang diketahui getol menggelontorkan bantuan kepada masyarakat terutama menengah ke bawah selama pandemi ini.

Bukan tanpa tujuan, hal tersebut termasuk sebagai stimulus yang diberikan untuk membantu perekonomian warga serta meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kesulitan ekonomi seperti saat ini

Diantaranya ialah BLT BPJS Ketenagakerjaan atau yang juga dikenal dengan Bantuan Subsidi Upah (BSU) senilai Rp 600 ribu per bulan. Bantuan ini diperuntukkan bagi karyawan dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Kemudian ada pula BLT UMKM atau Banpres Produktif UMKM (BPUM) senilai Rp 2,4 juta yang diberikan bagi pelaku usaha.

Ada pula bantuan disalurkan lewat kemensos yakni BST senilai Rp 500 ribu per KK yang hanya disalurkan satu kali saja.

Tak hanya bantuan untuk masyarakat menengah ke bawah dan bantuan UMKM, pemerintah lewat Kemenaker juga mengadakan pelatihan sklill terkini bagi anak muda lewat program kartu prakerja.

Bagi yang berminat dapat mencari informasi sekaligus mendaftar di www.prakerja.go.id dan berkesempatan mendapat insentif jutaan rupiah dan hadiah lain hingga puluhan juta jika beruntung.