Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10

Cara Agar Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10


Cara Agar Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 - Bila jadi kesempatan terakhir di tahun 2020, simak tips atau cara agar lolos kartu prakerja gelombang 10, cara mendaftar kartu prakerja dengan Login www.prakerja.go.id. Pendaftaran kartu prakerja memasuki tahap akhir yakni gelombang 10 dan akan menjadi penutup pendaftaran kartu prakerja di tahun ini.

Jangan sampai gagal, cara agar lolos kartu prakerja gelombang 10 dan cara mendaftar kartu prakerja dengan Login www.prakerja.go.id akan diulas lengkap di dalam artikel. Perlu diketahui juga, kuota kartu prakerja gelombang 10 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni hanya untuk 200 ribu pendaftar.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif PMO kartu prakerja Denni Puspa Purbasari. Denni mengatakan, kartu prakerja gelombang 10 hanya akan menyediakan kuota sekira 200 ribu pendaftar. Hal ini berbeda dengan kuota gelombang sebelumnya yang mencapai 800 ribu peserta.

Kuota kartu prakerja gelombang 10 yang hanya 200 ribu ini karena seuai dengan kuota target pendaftar kartu Pra Kerja yakni 5,6 juta yang terpenuhi mulai dari gelombang 1-10. Meski demikian, kuota kartu prakerja gelombang 10 tidak akan persis 200 ribu.

Sebab, masih ada kuota yang tersisa lantaran ada peserta yang sudah lolos pendaftaran namun tidak menggunakan uang insentif untuk dibelanjakan pelatihan dalam waktu 30 hari setelah insentif diterima. Pendaftar yang lolos tersebut dicopot kepesertaannya oleh PMO prakerja.

Dilansir akun Instagram @prakerja.go.id, peserta kartu prakerja yang diterima merupakan masyarakat yang telah diperhitungkan dalam daftar prioritas. Bagi peserta yang lolos kartu prakerja Gelombang, dipersilahkan untuk cek dashboard akun prakerja untuk memastikan dana pelatihan yang sudah tersedia untuk para peserta.

Para peserta yang lolos akan mendapatkan biaya pelatihan dan insentif pasca pelatihan untuk meningkatkan kemampuan. Sementara bagi peserta yang belum berhasil mendaftar, sebaiknya sebelum mendaftar pada pendaftaran kartu prakerja gelombang berikutnya, calon peserta harus mempersiapkan dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran kartu prakerja.

Selain itu, pastikan Anda sudah menyiapkan nomor NIK dan KK yang benar untuk didaftarkan. Jika masih gagal atau belum bisa mendaftar, Anda bisa menghubungi call center Dukcapil di nomor: 1500-538 atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat di kota Anda.

Peserta yang menginginkan kartu prakerja, diminta untuk mengakses pendaftaran melalui website resmi www.prakerja.go.id. Pilih menu Daftar Sekarang atau langsung KLIK, https://dashboard.prakerja.go.id/daftar

Laman dapat diakses melalui PC Komputer atau ponsel smartphone dilengkapi dengan jaringan internet yang memadai. Apabila mengalami kesulitan dalam mengakses website prakerja.go.id, atau bisa menghubungi nomor layanan masyarakat kartu prakerja, yaitu 021-255-412-246.

Banyak peserta tanyakan cara memverifikasi email prakerja

Selain informasi seputar  tips atau cara agar lolos kartu prakerja gelombang 10, cara mendaftar kartu prakerja dengan Login www.prakerja.go.id, masih ada informasi penting lainnya yang perlu disimak. Namun, sejumlah pendaftar kartu pra kerja banyak yang mengalami kesulitan saat daftar akun di www.prakerja.go.id.

Menurut pantauan dalam unggahan terbaru instagram @prakerja.go.id banyak dipenuhi komentar seputar masalah pendaftaran kartu pra kerja. Salah satunya adalah masalah verifikasi email atau cara memverifikasi email prakerja.

Seorang pendaftar menanyakan mengapa sangat susah melakukan verifikasi email.

"Verifikasi email susah, knpa ya min"

Komentar itupun dibalas lebih dari 500 pendaftar yang mengalami hal serupa.

Admin instagram @prakerja.go.id lalu memberikan jawaban atas keluhan tersebut.

Sang admin menyarankan agar terus mencoba sampai mendapat verifikasi email.

Admin @prakerja.go.id juga menyarankan agar menghubungi customer service atau CS.

"Sementara mohon kembali dicoba dan ditunggu dulu ya jika belum mendapat email verifikasi. boleh juga dicoba klik hub CS. Mimin kembali secepatnya untuk menjawab pertanyaan km dan lainnya" tulis admin @prakerja.go.id

Sekadar informasi, customer service pendaftaran kartu pra kerja bisa dihubungi via email [email protected] Atau bisa juga melalui Call Center Layanan Masyarakat: 021-25541246, dengan jam operasional Call Centre: Senin - Jumat, Pk. 08.00 s/d Pk. 19.00 WIB.

Selain itu, solusi permasalahan saat mendaftar kartu pra kerja juga ada di menu FREQUENTLY ASKED QUESTIONS atau FAQ. Menu FAQ ini sangat membantu para pendaftar kartu pra kerja yang mengalami kesulitan saat mendaftar melalui situs www.prakerja.go.id.


Solusi atau cara mendaftar kartu prakerja gelombang 9 bila gagal tiga kali

Bagi Anda yang sudah pernah mengikuti seleksi kartu prakerja dan tidak lolos sebanyak tiga kali, segeralah buat surat pernyataan. Surat pernyataan tersebut menerangkan jika Anda telah tiga kali gagal mengikuti seleksi kartu prakerja.

Oleh Manajemen Pelaksana Program kartu prakerja, surat pernyataan itu dikirimkan melalui email ke [email protected]. Surat pernyataan gagal tiga kali tersebut juga harus ditandatangani di atas materai Rp 6 ribu.

Setelah surat dikirim, Manajemen Pelaksana prakerja akan melakukan pengecekan lebih lanjut. Dikutip dari akun Instagram prakerja.go.id, Manajemen Pelaksana Program kartu prakerja memberikan contoh surat pernyataan.

Contoh surat dapat Anda klik lewat tautan Unduh Disini

Sekian artikel cara agar lolos pendaftaran prakerja gelombang 10, semoga dengan artikel ini dapat Anda pelajari dan mudahan pada gelombang sepuluh nantinya Anda yang beruntung. Wassalam