Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Meningkatkan Performa Blog Di Google Pagespeed Insights

Meningkatkan Performa Blog Di Google Pagespeed Insights

Meningkatkan Performa Blog Di Google Pagespeed Insights - Dengan menggunakan bantuan dari google pagespeed insights, anda dapat mengetahui performa halaman website untuk dekstop dan seluler. GPI juga memberikan saran untuk meningkatkan performa halaman pada website anda.

Kecepatan merupakan faktor penting untuk meningkatkan daya dongkrak dimesin pencari agar postingan atau halaman website kita berada pada halaman pertama pada mesin pencari. Akan tetapi membuat website atau blog yang memiliki kecepatan loading yang baik memang gampang - gampang susah. Kesulitan biasanya sering terjadi ketika harus mencari tahu penyebab dan cara menanggulangi masalah pada website kita.

Penyebab blog atau website berjalan lambat disebabkan berbagai macam hal, malai dari kodingan yang buruk, gambar yang memiliki ukuran yang terlalu besar dan lain sebagainya. Anda harus sesegera mungin menemukan penyebab pasti, kenapa website anda bisa lelet dan harus segera diatasi permasalahannya.

Untuk dapat menangani permasalahan seperti ini, Google sudah memberikan sebuah layanan tool gratis yaitu google pagespeed insights. Tols ini dapat digunakan untuk mencari tahu permasalahan - permasalahan yang ada pada blog, khususnya pada kecepatan loading blog.

Apabila skor sebuah halaman blog anda lebih dari 80, itu artinya halaman website / blog anda sudah termasuk cepat. Dan apabila halaman pada blog anda memiliki nilai dibawah 40 pada google pagespeed, ada baiknya anda segera memperbaiki kecepatan loading blog anda.

Semakin cepat sebuah halaman web yang dimuat, maka akan semakin rendah tingkat bouncerate-nya. Website yang loadingnya cepat akan memiliki peluang besar untuk bertengger dihalaman 1 google daripada website yang lambat ketika dimuat. Lalu bagaimanakah cara mendapat skor yang baik di google pagespeed insight?


Faktor Yang Dapat Menyebabkan Website Anda Lambat


Kecepatan juga sangat menentukan peringkat, Jika blog atau web kamu tidak setara degan 10 halaman organik teratas, maka blog atau web kamu akan ada di posisi setelahnya, bahkan bisa lebih tenggelam ke page terbawah. Sayangnya rata - rata para pengguna google sangat jarang mengklik postingan hingga ke halaman 2 pada hasil pencarian.

Bukan suatu hal aneh lagi jika web yang berada oada halaman pertama memiliki jumlah klik yang banyak. Backlinko telah melakukan penelitian tentang faktor - faktor apa saja yang paling umum diantara situs - situs yang menempati halaman pertama Google. Hasilnya adalah web atau blog yang menempati halaman pertama tersebut memilki kesamaan dalam hal kecepatan halaman. Situs - situs tersebut telah dioptimalkan dengan baik dan dirancang untuk menjadi web yang cepat. Menurut grafik Backlinko, website teratas memiliki speed memuat halaman dibawah 3 detik.

Tetapi menurut laporan dari Google, sebagian besar web sangat lambat memuat halaman. Rata - rata waktu loading yang dibutuhkan untuk sebagian besar web lebih lebih dari delapan detik, bahkan lebih dari sepuluh detik. Padahal tolak ukur yang terbaik adalah kurang dari tiga detik.

Mari kita kembali ke pertanyaan, hal apa yang membuat web lambat memuat halaman? penyebab yang paling umum adalah ukuran gambar yang terlalu besar dan kode - kode yang ditulis dengan buruk. Nah, itulah mengapa jika anda tidak mengatur ukuran gambar dengan baik,  maka halaman web akan memerlukan banyak ruang yang membuat web anda semakin lama untuk memuat content.


Cara Meningkatkan Performa Website


Untuk mendapatkan performa website yang baik bukanlah hal yang mudah dan hasilnya juga tidak dapat dilihat dalam semalam. Akantetapi website tetap harus kita optimalkan untuk mengarahkan lebi bayak konversi dan mendatangkan lebih bayak keuntungan. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda terapkan unuk menigkatka performa website anda dan untuk mendapatkan skor terbaik di Google PageSpeed Insights.


1. Atur Resolusi Gambar


Gambar merupakan salah satu penyebab lambatnya loading blog ketika diakses. Banyaknya gambar yang tidak perlu pada blog juga dapat menyebabkan halaman menjadi lambat. Cara untuk mengoptimasikan gambar menjadi ukuran yang lebih kecil adalah solusi yang baik.

Lakukanlah kompresi pada gambar yang memiliki ukuran yang besar. Anda bisa mengkompresinya hingga sekecil mungkin. Ukuran 100 - 200kb juga sudah baik. Akantetapi anda harus tetap memperhatikan kualitas gambar. Jangan sampai gambar yang berisi informasi dan penarik perhatian pengunjung menjadi pecah atau blur.

Kalau saya sendiri dalam mengedit gambar menggunakan aplikasi photoshop. Dengan aplikasi photoshop anda bisa bebas menentukan ukuran gambar yang akan anda buat. anda juga bisa berkreasi dengan mengedit gambar tersebut. Ada banyak aplikasi lainnya yang bisa juga anda gunakan untuk mengoptimasi gambar.


2. Menggunakan Browser Caching


Dengan menggunakan browser caching bisa menjadi dampak yang besar dengan hanya sedikit melakukan usaha meningkatkan kecepatan halaman blog / website. Mengambil data website membutuhkan banyak upaya, seperti gambar, elemen halaman, dan yang kemudian berurusan dengan koding html, css, javascript.

Proses seperti ini akan berlangsung secara berulang - ulang ketika seseorang selalu membuka blog atau website anda, di titik itulah cache browser sangat membantu. Cache bekerja dengan cara mengingat semua data yang telah digunakan untuk memuat website.

Dengan menggunakan cache browser, maka akan membuat kecepatan website anda semakin optimal. Anda juga bisa menggunakan salah satu plugin seperti W3 Total Cache untuk situs yang menggunakan Wordpress. Plugin yang satu ini sudah cukup populer. plugin yang satu ini juga dapat membantu memperkecil JavaScript, HTML dan CSS yang akan menghemat bandwith hingga 80%.


3. Minimalkan HTML


Meminimalkan ruang yg menggunakan code HTML adalah faktor lainyang dapat menentukan performa website anda. Minifikasi merupakan proses menghapus atau memperbaiki data yg tidak perlu atau data ganda, tanpa harus mempengaruhi cara browser memproses HTMl.

Minifikasi melibatkan proses sprti memperbaiki kode, memformat, menghapus kode, serta memperpendek code jika memunkinkan Plugin Wordpress yang bisa anda gunakan adalah HTML Minify. Setelah anda selesai menginstal plugin tersebut, ada beberapa langkah yang harus anda lalui sebelum melihat hasilnya.


Performa Itu Penting Untuk Ranking Google


Kita semua pasti menginginkan yg terbaik untuk tampila website. Setiap elemen, gambar, dan ikon haruslah berkualitas tinggi. Tapi sayangnya, ukuran gambar yg besar bisa menyebabkan web berjalan lebih lambat. Berbicara soal konversi, kecepatan memuat laman web akan selalu menjadi faktor utama yg memainkan peran besar.

Pengunjung blog / website akan cepat pergi jika web memuat halaman lebih dari 10 detik. Masih mending sepuluh detik, saya hingga bermenit - menit karena nggak ada signal. Google juga tidak akan memberikan peringkat atas jika banyak pengunjung yang keluar dari sebuah web. Nah, sekarang tau kan pentingnya memperoleh skor yang baik di Google PageSpeed Insights. Mulai dari sekarang, mulailah cek kecepatan website anda.

Sekian dulu pembahasan kali ini, saran saya, gunakan template blog yang responsive, keren, dan fast tentunya. Mohon maaf bila ada kekeliruan, jangan lupa share artikel Meningkatkan Performa Blog Dengan Google PageSpeed Insights.