Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Tau

Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Tau

Manfaat Buah Matoa Bagi Kesehatan - Assalamu'alaikum. Hai sobat, Kali ini saya akan membeberkan beberapa manfaat / khasiat buah matoa. Manfaat buah matoa bagi ibu hamil, apakah anda sudah tau tentang buah matoa ini? Atau mungkin anda baru pernah mendengarnya? Matoa adalah buah khas dari Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat buah matoa sudah saya rangkum pada artikel ini.

Matoa? Buah Apa Itu?

Buah matoa merupakan spesies dari anggota famili Sapindaceae dan juga memiliki nama latin Pometia Pinnata. Buah ini berasal dari Papua. Pohon buah matoa juga berukuran cukup tinggi, sekitar 18 meter.

Buah matoa juga sering disebut dengan nama lengkeng papua. Hal tersebut dikarenakan buah ini sangat mirip dengan buah lengkeng. Buah matoa juga memiliki hubungan kekerabatan dengan buah leci, lengkeng, dan rambutan.

Jenis Buah Matoa

Ada dua jenis buah matoa yang berada di Papua, yaitu buah matoa papeda dan matoa kelapa. Hal yang menjadi pembeda utama kedua jenis buah tersebut adalah pada tekstur buahnya.

Buah matoa kelapa memiliki tekstur yang lebih kenyal dan tidak lengket. sedangkan buah matoa papeda memiliki tekstur yang lembek dan lengket.

Buah matoa kelapa memiliki warna hijau terang. Lain untuk jenis buah matoa papeda yang memiliki warna hijau tua atau kemerah-merahan.

Kandungan Yang Dimiliki Buah Matoa

Buah matoa ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Beberapa kandungan gizi yang ada pada buah matoa ini adalah vitamin E, vitamin C, dan antioksidan.

Buah matoa juga memiliki berbagai senyawa penting seperti senyawa tanin, senyawa flavonoid, senyawa saponin dan senyawa alkaloid.

Beberapa manfaat buah matoa adalah dari adanya kandungan - kandungan senyawa tersebut yang bisa bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah matoa mungkin sekarang ini sudah mulai menjadi salah satu buah yang digemari oleh orang - orang. Mungkin ini juga dikarenakan buah matoa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Dibawah ini beberapa manfaat buah matoa yang perlu anda ketahui.

1. Menekan Pertumbuhan Bakteri

Salah satu manfaat buah matoa adalah menekan pertumbuhan bakteri. Dua senyawa yang berperan penting dalam hal ini adalah tanin dan saponin.

Pada senyawa saponin ini memiliki sifat antimikroba yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Gangguan bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli ini juga akan semakin kuat dengan hadirnya tanin.

Senyawa tanin juga dapat menekan pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat enzim dan dna yang cukup penting bagi bakteri. Maka akibatnya pembentukkan sel bakteri akan terganggu. Tanin juga bisa membuat sel bakteri menjadi lisis karena mengganggu perjalanan protein pada lapisan dalam sel bakteri.

2. Mengatasi Kanker

Secara sadar atau tidak sadar, berbagai radikal bebas masuk kedalam tubuh melalui makanan atau minuman yang dikonsumsi. Udara yang kotor yang kita hirup juga bisa membawa berbagai radikal bebas. 

Dengan mengonsumsi asupan makanan atau minuman yang mengandung banyak antioksidan bisa menjadi solusi permasalahan ini. Buah matoa adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan, maka anda bisa mengonsumsi buah ini untuk dapat mengatasi bahaya radikal bebas tersebut.

Antioksidan yang terdapat pada buah matoa dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh seseorang. Hal ini dapat mencegah penyakit kanker yang hampir berkembang pada tubuh seseorang. Tapi perlu diingat, apabila anda seorang muslim anda harus mencari tahu kenapa suatu musibah atau penyakit itu muncul.

Karena musibah yang dialami seseorang itu adalah hasil dari buah tangannya sendiri. Jadi, apabila sebuah makanan atau minuman itu sudah jelas halal, jangan kita menuduh bahwa makanan atau minuman tersebut yang menimbulkan penyakit.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah yang mengandung banyak antioksidan bisa meningkat kekebalan tubuh. Begitu juga buah matoa, Buah yang satu ini memang kaya akan antioksidan. Kekebalan tubuh dapat meningkat ketika radikal bebas telah dibersihkan dari tubuh. Sehingga tubuh kita menjadi lebih segar dan prima.

4. Mengatasi Jantung Koroner

Buah matoa cukup baik dikonsumsi untuk anda yang memiliki resiko penyakit jantung. Buah matoa ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan jantung. Perlu diingat, kalau nggak kepengin punya penyakit jantung koroner, jangan suka marah - marah terus. Kalau dah terlanjur kena jantung koroner, ya taubat aja dan jangan marah - marah lagi.

5. Mengatasi Stres

Apakah anda sering stres? Apabila ya, silahkan anda beli dan makan buah matoa. Mengonsumsi buah matoa bisa saja menghilangkan stres anda. Karena buah matoa yang anda makan terasa enak, maka stres pun mungkin hilang.

6. Mencegah Munculnya Jerawat


Buah matoa memiliki kandungan senyawa yang bersifat anti mikroba. Oleh karena itu, buah matoa dapat mencekah tumbuhnya jerawat yang disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada kulit wajah dan sekitarnya.

7. Mencerahkan Kulit

Buah matoa juga mengandung beberapa vitamin yang baik untuk kulit. Buah matoa juga bisa membuat kulit anda terlihat lebih cerah dan cantik.

Itulah beberapa manfaat buah matoa bagi kesehatan dan kecantikan anda. Mungkin ada beberapa manfaat yang saya sebutkan diatas yang kurang pas. Mohon dimaafkan. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi pembacanya. Share artikel ini apabila dirasa bermanfaat bagi anda dan orang lain.