Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Tidak Berfungsi Atau Rusak

Tips Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Tidak Berfungsi Atau Rusak
Keyboard komputer atau laptop merupakan bagian yang sangat penting untuk mengoperasikan komputer. Apabila keyboard yang ada pada komputer atau laptop rusak, maka kita akan kesulitan untuk melakukan kegiatan menggunakan komputer.

Jika keyboard komputer anda mengalami error, mungkin artikel ini bisa jadi panduan untuk anda yang ingin memperbaiki keyboard yang mengalami error atau kerusakkan.

Faktor Yang Menyebabkan Keyboard Mengalami Kerusakkan:

Keyboard yang error atau tidak dapat berfungsi dengan baik bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa saja keyboard tersebut rusak akibat kelalaian kita sendiri atau kita kurang berhati - hati dalam menggunakannya.

Keyboard juga bisa mengalami error jika terbanting, suhunya terlalu extream, terkena tumpahan air dan lain sebagainya. Maka kita harus lebih hati - hati dalam mengguanakan keyboard dan tempatkanlah keyboard pada tempat yang aman.

Keyboard yang mulai mengalami error atau kerusakan ditandai dengan adanya kejanggalan atau tidak berfungsinya bagian - bagian pada keyboard. Langkah yang perlu anda ambil adalah segera memperbaiki keyboard yang rusak itu.

Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Rusak Atau Error:

Sebelum anda membaca langkah - langkah untuk memperbaiki keyboard, hal yang perlu anda perhatikan adalah tidak semua jenis papan keyboard itu sama. Jadi.. silahkan anda sesuaikan dengan keyboard yang anda miliki, pada dasarnya fungsi keyboard itu mirip - mirip.

1. Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Error

Permasalahan pada keyboard komputer yang error, sama dengan jenis permasalahan pada keyboard laptop. Permasalahan pada keyboard laptop yang sering berubah menjadi angka bisa disebabkan karena fungsi numslocknya sedang aktif. Hal ini sering kali tidak disadari oleh pengguna sehingga mereka rasa laptopnya mengalami error.

Ketika numslock diaktifkan, maka beberapa tombol yang ada pada keyboard akan berubah fungsi dan akan menjadi fungsi lain atau fungsi alternatif sesuai dengan karakter yang seringkali ditandai dengan warna biru.

Untuk dapat mematikan fungsi numslock ini, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi ini. Berikut ini caranya.

  • Tekan tombol keyboard Fn + F11 pada keyboard laptop anda untuk mematikan fungsi numslock ini.
  • Silahkan anda mengecek sendiri hasilnya.
  • Tidak semua jenis keyboard laptop memiliki layout tombol yang sama.
  • Anda dapat mencari tombol NumLk dan tekan secara bersamaan dengan tombol Fn.

2. Cara Memperbaiki Bagian Keyboard Komputer Yang Tidak Berfungsi

Apabila tombol pada keyboard anda ada yang tidak berfungsi atau mengalami kerusakan, silahkan anda ikuti cara - cara dibawah ini untuk memperbaikinya.

  • Silahkan cek terlebih dahulu semua tombol pada keyboard anda dan carilah tombol mana saja yang tidak berfungsi pada keyboard tersebut.
  • Anda juga bisa menggunakan bantuan Onscreen keyboard untuk menngetahui tombol mana saja yang tidak berfungsi.
  • Apabila sudah selesai menemukan tombol - tombol yang tidak berfungsi pada keyboard, silahkan anda tandai tombol - tombol yang tidak berfungsi itu.
  • Selanjutnya bukalah tombol keyboard yang rusak tersebut menggunakan jari kuku atau alat yang kecil untuk mencongkel tombol tersebut. Lakukan dengan sangat hati - hati.
  • Setelah berhasil membuka tombolnya, silahkan anda bersihkan tombol tersebut dari debu atau kotoran yang menempel dibawah tombol tersebut.
  • Jika sudah bersih dari kotoran, silahkan pasang kembali tombol tersebut pada tempatnya.
  • Silahkan cek kembali tombolnya dan semoga saja cara ini berhasil
  • Kotoran dan debu yang menempel seringkali menjadi masalah yang menyebabkan tombol keyboard komputer anda tidak berfungsi dengan baik.

3. Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Error Karena Terkena Cairan

Jika keyboard komputer anda terkena cairan atau dengan tidak sengaja anda menumpahkan minuman ke atas keyboard komputer anda, maka anda harus cepat - cepat menangani masalah ini.

Dibawah ini langkah - langkah yang dapat anda lakukan jika keyboard komputer anda terkena tumpahan cairan.

  • Matikan aliran listrik yang terhubung pada keyboard sesegera mungkin apabila keyboard komputer anda terkena tumpahan air atau cairan lainnya.
  • Selanjutnya, lepaskan papan keyboard dan buka papan keyboard tersebut. Lepaskan bautnya terlebih dahulu sebelum membuka papan keyboard.
  • Setelah terbuka, langsung bersihkan komponen - komponen keyboard tersebut hingga benar benar bersih dan kering. Jangan pasang kembali sebelum keyboard benar - benar bersih dan kering.
  • Anda juga dapat menggunakan bantuan hair dryer untuk mengeringkan bagian keyboard yang terkena cairan.
  • Pasang kembali papan keyboard setelah kering dan cek keyboard tersebut.

4. Cara Memperbaiki Keyboard Komputer Yang Error Akibat Masalah Software

Masalah yang terjadi pada keyboard komputer juga bisa disebabkan karena masalah softwarenya. Seperti driver keyboard yang tidak diupdate atau mungkin kesalahan pada sistem aplikasi yang ada pada komputer. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

  • Jika keyboard komputer mengalami error ketika anda melakukan penginstalan suatu aplikasi atau software tertentu, maka bisa jadi permasalahan terjadi pada sistem software anda.
  • Lakukan penghapusan atau uninstall pada software yang menyebabkan permasalahan pada keyboard komputer anda.
  • Anda juga dapat mengguanakn fitur restore untuk dapat mengembalikan system seperti sedia kala.
  • Cek juga driver keyboard anda apakah sudah berjalan dengan baik. Anda juga bisa mengupdate driver keyboard anda.
  • Apabila semua usaha yang anda lakukan untuk memperbaiki keyboard komputer tidak berhasil, mungkin solusi terbaiknya adalah dengan membeli keyboard baru. Tenang, harga keyboard komputer murah - murah kok.

Semoga cara - cara diatas bisa menjadi solusi permasalahan yang anda alami. Apabila anda rasa keyboard anda sudah tidak bisa diperbaiki, silahkan beli keyboard baru untuk menyingkat waktu anda yang berharga.

Apabila dalam pembahasan kali ini belum lengkap, silahkan anda lengkapi dengan menambahkan komentar pada postingan kali ini. Apabila ada kesalahan mohon dimaafkan.