Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Keyboard Komputer Dan Laptop Dengan Benar

Cara Membersihkan Keyboard Komputer Dan Laptop Dengan Benar

Kebersihan sebuah perangkat elektronik adalah salah satu cara untuk menjaga keamanan, kenyamanan dan kesehatan kita. Pada artikel ini akan dijelaskan langkah - langkah membersihkan keyboard komputer.

Ternyata sebuah perangkat keras seperti keyboard apabila tidak terawat dengan baik bisa menjadi sarang kuman yang berbahaya bagi kesehatan. Menurut penelitian di Inggris, bakteri yang terdapat pada keyboard bisa 5 kali lebih kotor dari sebuah toilet.

Hasil tes yang dilakukan oleh para peneliti tersebut tidak bisa kita samakan dengan setiap keyboard yang ada di dunia ini. Keyboard ini karena terlalu sering digunakan, maka akan lebih besar kemungkinan keyboard tersebut terkontaminasi kuman - kuman berbahaya. Apalagi pada saat anda menggunakan keyboard, anda juga melakukan kegiatan lain seperti makan, minum diatas keyboard komputer.

Maka dari itu, kita harus membersihkan keyboard tersebut secara rutin dan teratur. Lalu bagaimanakah langkah - langkah membersihkan keyboard komputer atau laptop? Silahkan anda simak caranya dibawah ini.

1. Bacalah Petunjuk Penggunaan

Biasanya pada bungkus atau dus keyboard yang anda beli, terdapat petunjuk manual. Baca terlebih dahulu petunjuk penggunaannya, apabila terdapat cara membersihkan keyboard pada petunjuk tersebut, maka ikuti langkah - langkah cara membersihkan keyboard sesuai petunjuk yang ada di dus atau kemasan keyboard.

2. Buang Kotoran Yang Terlihat

Apabila anda sering makan atau ngemil diatas keyboard, maka kemungkinan makanan atau camilan yang anda makan akan jatuh serpihan serpihannya ke atas keyboard anda. Maka dari itu, bersihkanlah sisa - sisa serpihan makanan atau kotoran - kotoran yang terlihat pada keyboard tersebut. Hal ini dilakukan agar memudahkan kita pada saat membersihkan kotoran atau debu yang sangat kecil atau halus.

3. Menggunakan Kompresor Udara

Jika ada kotoran - kotoran yang terselip pada celah - celah keyboard, gunakanlah kompresor udara untuk memudahkan anda mengeluarkan kotoran dan debu pada sela - sela keyboard komputer. lakukan berulang - ulang hingga serpihan - serpihan yang membandel bisa keluar.

4. Menggunakan Cairan Pembersih

Anda bisa menggunakan kain atau tisu, lap, dan lain sebagainya yang telah dicelupkan kedalam cairan pembersih atau alkohol (Optional). Apabila tidak ada cairan pembersih, anda bisa menggunakan air bersih biasa untuk menggantikan alkohol atau cairan pembersih. Usap - usaplah permukaan keyboard komputer hingga bersih.

5. Gunakanlah Pelindung Keyboard

Setelah anda selesai membersihkan keyboard, disarankan anda menggunakan pelindung keyboard agar keyboard komputer anda terlindungi dari kotoran - kotoran dan debu - debu masuk kedalam tombol dan menjadi kerak kotoran pada keyboard.

Selain keyboard komputer, tentu anda juga memiliki mouse komputer yang juga harus dibersihkan agar bisa digunakan dengan optimal. Panduan tentang cara membersihkan mouse komputer sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya, baca juga ya. Sekian langkah - langkah cara membersihkan keyboard komputer, semoga bisa bermanfaat dan bisa anda praktekkan dengan baik.