Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hemat Baterai Android Agar Awet Dan Tahan Lama

Cara Hemat Baterai Android Agar Awet dan Tahan Lama

Cara Hemat Baterai Android Agar Awet dan Tahan LamaSetiap hari kita selalu menggunakan handphone. Namun dalam menggunakannya terkadang sering mengalami low baterai. Hal ini cukup kesal apalagi kalau kita sementara melakukan hal yang penting. Sebuah handphone mengalami Low baterai atau lowbat  di pengaruhi beberapa hal. Salah satu adalah penampungan daya baterai yang kecil. Jadi untuk handphone yang memiliki penampungan daya yang kecil harus pandai-pandai menggunakan handphone agar tidak cepat lobat.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan baterai android cepat lowbat :

1. Penampungan baterai yang rendah

Faktor yang sangat mempengaruhi lowbat handaphone ada penampungan baterai yang rendah. baterai yang tidak mampu menyimpan daya yang banyak maka handpone yang menggunakan baterai tersebut akan cepat lowbat. Satuan yang di gunakan untuk mengukur penampungan baterai adalah MaH. Semakin besar MaH maka semakin banyak pula daya yang  bisa di tampung sehingga handpone bisa di gunakan sangat lama. Untuk itu sebelum membeli hp terlebih dahulu di ketahui spek hp tersebut salah satu yang harus di ketahui adalah penampungan baterai

2. Penggunaan handphone

Semakin banyak pekerjaan yang di lakukan handphone maka semakin banyak pula daya yang di perlukan. Sehingga baterai akan cepat low. Biasanya aplikasi online sangat menguras daya baterai. Selain itu game juga sangatlah banyak menggunakan daya baterai. Jika sering di mainkan maka handphone akan cepat lowbat. Data seluler handphone akan membuat handphone cepat low sehingga jika sering menggunakan internet maka akan menguras banyak baterai.

3. Baterai yang rusak

Banyak orang yang heran mengapa handphone cepat lowbat padahal handphone tersebut jarang di gunakan. Selain itu handphone tersebut memiliki pentimpangan daya yang sangat besar. Hal ini di sebabkan oleh baterai yang di gunakan rusak. sehingga kinerja baterai tidak maksimal dan membuatnya cepat low. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan baterai handphone rusak salah satunya adalah menggunakan handphone sementara di charger atau cas. Salah satu ciri yang di miliki oleh baterai yang telah rusak adalah ketika telah lama di gunakan maka baterai akan mengalami panas secara sendirinnya.

Namun untuk kalian yang memiliki handhone yang cepat lowbat jangan khawatir karena masih banyak cara untuk mengatasi handhone yang cepat lowbat. Sebenarnya untuk mengatasi handphone yang cepat lowbat kita harus mengatasinya dengan masalahnya. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara berikut :

Berikut Cara Hemat Baterai Android Agar Awet dan Tahan Lama

1. Matikan Data seluler atau wifi

Dengan mematikan data seluler atau wifi maka secara otomatis handphone akan berhenti melakukan proses seperti notifikasi chatting, aplikasi, widget dan lain-lain. Sehingga handphone yang kita miliki dapat menghemat daya baterai. Untuk mematikan data seluler cukup ketika kita tidak menggunakan handphone dan silahkan nyalakan lagi ketika anda ingin menggunakan handphone lagi. Cara ini akan menonoaktifkan notifikasi yang masuk di handphone dan akan masuk ketika data seluler atau wifi kembali di nyalakan.

Data seluler ini banyak menguras baterai karena data seluler ini akan menghubungkan handphone ke internet. Sehingga handphone akan bekerja terus. Dan handphone akan selalu menguras daya baterai. Tanpa di sadari ketika handphone tidak di gunakan namun data seluler tetap nyala atau handphone terhubung ke wifi maka secara otomatis handphone tetap bekerja dan ini akan menguras daya baterai sehingga handphone akan cepat lowbat.

2. Kurangi pencahayaan layar

Salah satu faktor yang menyebabkan handphone cepat lowbat adalah pencahayaan layar yang terlalu berlebihan. selain itu pencahayaan yang berlebih akan merusak mata secara perlahan-lahan. Untuk itu kurangi pencahayaan handphone anda agar dapat menghemat daya dan menjaga kesehatan mata. Pencahayaan handphone sangat mneguras banyak daya baterai karena handphone di haruskan menampilkan layar layar dengan terang sehingga banyak menggunakan daya. Seperti dengan kendaraan jika semakin sering di gunakan maka bahan bakarnya juga akan cepat habis.

Pencahayaan yang berlebih juga sering membuat handphone menjadi panas sehingga dapat menganggu kinerja handphone dan akan mengurangi kenyamanan kita menggunakan handphone. Ketika di dalam rungan pencahayaaan handphone harus di kurang untuk menghemat daya baterai selain itu juga menjaga kesehatan mata. Namun jika di rungan terbuka tidak ada salahnya meningkatkan pencahayaan layar karena di saat di luar ruangan layar handphone menjadi silau ketika cahayanya redah sehingga pencahayaannya harus di tingkatkan.

3. Uninstall aplikasi yang sering memproses sendiri

Sering kali handphone kita cepat lowbat karena ulah aplikasi yang bekerja sendiri sehingga akan menguras daya baterai handphone kita contoh aplikasi yang sering bekerja sendiri adalah aplikasi pembersih virus . Aplikasi tersebut secara otomatis bekerja walaupun handphone tidak sementara kita gunakan.  Olehnya ada baiknya untuk menghapus aplikasi seperti tersebut. Selain itu aplikasi yang berbentuk menyampaikan berita secara otomatis akan membuat handphone cepat low. Karena aplikasi berita akan membuat berita secara otomatis akan masuk ke hanndphone walaupun tidak di gunakan akibat dari proses ini baterai handphone akan cepat low.

Aplikasi seperti itu juga sering kali menguras penyimpanan handphone karena menyimpan banyak data. Namun untuk melihat berita cukup buka di sebuah situs agar berita yang kita baca sesuai dengan yang kita inginkan.

4. hapus proses aplikasi yang di masih di jalankan

Biasanya aplikasi yang di keluarkan dengan secara instan yakni dengan menekan tombol home akan masih menyimpan proses yang di jalankan walaupun aplikasi telah di keluarkan. Untuk menghentikannya cukup dengan menghapus prosesnya. Caranya tergantung dari handphonenya ada dengan cara menekan tombol home lalu hapus dan juga yang menyediakan tombol khusus menghapusnya. Mengapa proses aplikasi tersebut harus di hapus ? Hal ini di karenakan aplikasi tersebut secara sendirinya menguras daya baterai. Biasanya ini terjadi ketika mengeluarkan aplikasi atau game dengan secara instan yakni dengan langsung menekan tombol home.

Proses aplikasi yang masih di jalankan sering kali juga memperlabat kinerja sebuah handphone oleh karena itu setelah menggunakan sebuah aplikasi sebaiknya untuk menghapus prosesnya. Proses aplikasi jika semakin banyak banyak menumpuk maka semakin menguras tenaga dan menghambat kinerja handphone. Agar tidak repot ketika ingin keluar dari sebuah aplikasi atau game keluarkanlah dengan cara manual.

5. Jangan gunakan handphone sementara di charger

Faktor yang sering menyebabkan sebuah handphone cepat lowbat adalah rusaknya baterai. Baterai yang berfungsi untuk menyimpan daya . Apabila baterai ini rusak maka secara otomatis baterai tidak akan tahan lagi untuk menahan daya. Hal ini  di karenakan baterai sudah tidak mampu menyimpan daya sehingga handphone akan cepat low.

Salah satu penyebab rusaknya baterai karena handphone di gunakan pada saat charger. Contoh kasus pada saat bermain game android. Hal ini akan membuat baterai cepat rusak. Dan untuk lebih baiknya silahkan nonaktifkan handhone ketika melakukan pengisian daya atau charger. Untuk itu bersabarlah ketika handphone sudah lowbat silahkan chrager dulu lalu gunakan kembali. Untuk mempercepat proses charger atau cas anda bisa menggunakan charger fast atau cas cepat .