Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Malas Buat Nulis Artikel

Tips Mengatasi Malas Buat Nulis Artikel

LagiZaman- Bagi sebagian orang menulis adalah hal yang sangat menyenangkan. Karena dengan menulis mereka bisa berbagi pengalaman dan juga pengetahuan. Apalagi jika tulisan-tulisannya itu dibaca dan bisa menginspirasi banyak orang. Tentu saja hal itu menjadi suatu kebanggaan yang tidak bisa di ukur dengan uang. Menjadi seorang penulis menuntut dirinya untuk selalu mencari tahu banyak hal, berwawasan luas dan seorang yang kreatif tentunya.

Sudah bukan rahasia lagi jika menjadi seorang penulis itu bisa menjadikannya seorang yang sukses, bukan sekedar sukses dibidangnya karena dia seorang penulis tetap kesuksesan secara finansial juga mampu di raihnya. Pasti anda juga tahu beberapa deretan nama-nama penulis hebat yang nama mereka sudah masuk daftar nominasi orang-orang kaya. Nah, disini yang akan kita bahas tentang menulis adalah "menulis sebuah artikel blog". Kita boleh saja berharap dan bermimpi ingin seperti mereka, menjadi penulis hebat dan menjadi pengarang yang handal.

Namun janganlah dulu kita terlalu jauh berfikir kesana, karena untuk seorang blogger kita cukup rutin mengisi tulisan-tulisan di blog kita saja itu sudah sesuatu banget. Tapi seperti yang kita tahu dari kebanyakan para Blogger, hal paling berat buat mereka adalah membuat tulisan. Rata-rata kita semua malas untuk mengisi tulisan untuk blog kita sendiri.

Apa jadinya jika kita mengakui diri adalah seorang blogger tapi kita malas nulis, sangat memalukan bukan. Apa lagi sampe kita membabi buta comot sana sini copas artikel orang lain dengan tanpa syatat, jelas hal itu adalah sebuah pelanggaran dan perilaku buruk yang tidak pantas kita lakukan. Oleh karena itu dalam tulisan ini saya ingin berbagi tips buat kalian dari apa yang saya ketahui dan saya lakukan bagaimana supaya kita punya semangat dan senang menulis.

Tips Mengatasi Malas Buat Artikel Blog

Berikut dibawah ini adalah tips cara mudah untuk mengatasi rasa malas membuat tulisan di blog

1. Cari tahu dulu alasan apa saja yang membuat kita tidak mau menulis Hal pertama yang saya fikirkan ketika saya merasa malas sekali untuk menulis adalah menanyakan pada diri sendiri apa alasan saya malas melakukan hal itu. Pertanyaan itu seolah memberikan peringatan kepada kita sendiri dan kita bisa tau jelas alasannya apa. Biasaya dari pertanyaan di atas akan muncul beberapa jawaban seperti ini : ( saya tidak punya banyak waktu, saya terlalu sibuk, saya tidak punya ide untuk menulis, tidak ada tempat yang nyaman buat nulis).

Itu adalah beberapa jawaban klasik ketika kita menanyakan pada diri sendiri penyebab kita malas menulis. Jika kita sudah tau penyebabnya maka tinggal bagaimana kita berusaha menyisihkan waktu dan mencari tempat yang nyaman untuk kita menulis. Berdasarkan pengalaman saya sendiri dengan kita meluangkan waktu di tempat-tempat yang hening dan alam terbuka saja biasanya ide-ide untuk dijadikan bahan tulisan itu satu persatu berdatangan loh.

2. Jangan terpaku oleh kata kunci (keyword 
Kebanyakan para blogger mereka selalu terpaku pada bidikan kata kunci, padahal untuk kita dapat melatih skill menulis seharusnya kita jangan terlalu di pusingkan dengan penyusunan kalimat-kalimat kata kunci. Mengalir saja apa adanya, tuangkan semua apa yang ingin di sampaikan. Membidik banyak kata kunci dalam sebuah tulisan memang berdampak baik, artikel kita akan sangat mudah di temukan di mesin pencari.

Namun demikian apa tulisan kita benar-benar berkualitas dengan kita terlalu fokus pada susunan kalimat kata kunci sehingga hasil tulisan kita menjadi kurang nyambung dan tidak enak dibaca. Soalnya saya sendiri sering banget saat saya searching dan saya klik salah satu blog di halaman pertama pencarian ternyata isi tulisannya malah kebanyakan berulang-ulang.

Boro-boro enak dibaca malah yang ada saya sendiri bingung itu tulisan arahnya kemana. Jadi menurut saya agar kita tidak mudah bosan dan males nulis, jangan terlalu terpaku dengan teknik-teknik seo yang gak jelas. Belajar ilmu seo itu harus tapi kualitas tulisan dan semangat kita untuk tetap menulis itu yang lebih utama dan harus di jaga.

3. Jangan jadikan uang sebagai motivasi 
Menurut saya ini adalah salah satu penyebab kebanyakan blogger malas nulis. Kok jadi malas bukannya harusnya semangat kan ada duitnya. Teruntuk para Blogger yang dimana di awal kalian mengenal dunia tulis menulis ini hanya karena AdSense jelas aktivitas menulis lama-lama akan sangat membosankan. Motivasi kalian menjadi penulis hanya karena uang, kalian hanya tergiur oleh kesuksesan orang lain di bidang itu sehingga membuat anda mengebu ingin sepertinya.

Padahal kalo difikir kita tidak pernah tau seberapa kerasnya perjuangan dia hingga bisa mencapai titik itu, kita hanya melihatnya setelah dia sukses. Jujur saja saya sendiri pun pernah di posisi ini, pertama saya ngeblog emang karena Adsense, ya hanya karena Adsense. Tapi setelah saya sadar bahwa mendapatkan uang dari blog dengan Adsense tak semudah itu untuk di raih saya harua bekerja keras. Dan lama-lama semangat pun mulai menurun alih-alih ingin sukses menjadi blogger malah makin lama blognyapun ter bengkalai.

Lalu motivasi seperti apa yang seharusnya agar kita tetap semangat menulis? Kalo saya sendiri sekarang mulai merasa nyaman dan semangat untuk menulis itu karena "komentar para pembaca" ketika kita bisa berinteraksi dengan pembaca dari apa yang kita tulis senengnya luar biasa loh, itu sih kalo saya. Pastinya komentar mereka yang positif dan benar-benar berkomentar sesuai dengan pembahasan tulisan, bukan komentar-komentar yang ada 0b4t Ku4t nya. 

4. Lakukan challenge Ini nih jurus yang manjur banget biar kamu jadi gak males-malesan lagi untuk nulis. Kenapa harus challenge kayak youtuber aja, eiit jangan salah loh. Ada sebuah challenge yang harus kamu lakukan agar kamu jadi merasa senang dan tidak merasa terbebani saat menulis. Challenge seperti apakah yang harus dilakukan? Kamu pasti ngerti kan istilah habit atau kebiasaan, nah challenge yang harus kamu lakuan disini adalah membuat habit kamu.

Habit itu akan terbentuk selama 21 hari, jadi disini kamu harus menanatang diri kamu untuk mampu menulis setiap harinya selama 21, dan percaya deh jika kamu lulus ujian ini, maka hal luarbias pasti kamu rasakan. Kelak menulis artikel bukan lagi sesuatu yang berat buat di lakukan, tetapi kamu akan merasa seperti ada hal yang tertinggal jika satu hari saja tidak menulis. Percaya atau tidak saya sudah membuktikannya.

5. Luruskan niat 
Hati-hati dengan niat, karena niat yang salah akan membuat kamu salah arah. Nah loh, lalu niat seperti apa sih yang harus di lurusin. Cobalah untuk berbesar hati dan bersabar, niatkan setiap anda menulis itu semata-mata hanya ingin berbagi saja dan semoga dari apa yang anda tulis itu bisa menginspirasi orang lain, dan bisa menjadi nilai kebaikan untuk anda sendiri.

Jadi mulai sekarang niatkan apa yang anda lakukan itu hanya untuk berbagi informasi semata, dan percayalah dengan cara seperti itu anda tidak akan lagi merasa tertekan karena harus tetap menulis. Tapi gairah menulis dalam dirimu akan terus tumbuh dan seiring berjalannya waktu tanpa kamu sadari apa yang kamu cari (uang) akan menghampiri. 

6. Fokus
Ini adalah hal paling mendasar, karena percuma saja kita mampu melakukan hal-hal diatas jika kita tidak mampu menguasai fokus kita. Dengan fokus kita akan mampu untuk konsisten, dengan fokus kita bisa disiplin. Jika kita sudah mampu disiplin dengan konsisten lalu hal-hal besar apa yang tidak mungkin bisa kita raih. Dengan kita mampu menguasai fokus kita maka akan ada banyak hal yang bisa kita dapat.

Ya walupun kita tau itu bukan hal mudah untuk di lakukan tapi yakinlah jika kita berusaha keras pasti kita mampu kok. Nah, itulah beberapa poin tips atau cara untuk mengatasi rasa malas menulis artikel di blog, semoga bermanfaat dan bisa memotivasi kita semua untuk terus berbagi. Thanks..