Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Buat Pemula, Cara Membuat Artikel Yang Disukai Pembaca Paling Sederhana


Sebagai seorang penulis pasti berharap agar tulisannya itu banyak di baca dan disukai orang. Dan untuk itu maka penulis harus kreatif dalam menyajikan setiap artikel yang ditulisnya.

Untuk hanya sekedar membuat artikel sebenarnya mudah, namun jika dituntut harus banyak di sukai pembaca tentu kita harus berfikir keras untuk bisa membuatnya.

Dari berbagai sumber yang pernah saya baca tentang cara bagaimana membuat artikel yang di sukai pembaca menurut saya pribadi terkesan rumit dan terlalu panjang lebar dalam setiap poin pembahasannya.

Maka dari itu dalam tulisan ini saya mencoba untuk menyaring dan membuatnya lebih sederhana biar mudah di fahami dan mudah di terapkan.

Langsung saja tanpa basa-basi lagi kita bahas bagaimanakah membuat sebuah artikel yang unik dan menarik dan di sukai para pembaca.

Tips Sederhana Membuat Artikel Yang Disukai Pembaca :

° Punya ciri khas dalam menyampaikan isi tulisan.
° Isi tulisan sesuai dengan judul yang di buat.
° Isi tulisan tidak ber tele-tele atau mengulang-ulang kata.
° Bentuk tulisan tersusun rapi dan enak di lihat.
° Gunakan gambar atau video jika di butuhkan, hal ini untuk memperkuat informasi yang di sampaikan.

Punya ciri khas dalam penyampaian tulisan

Tips yang pertama adalah harus punya ciri khas dalam menyampaikan isi konten. Untuk dapat disukai pembaca, sama halnya dengan penonton di youtube, selain isi konten yang memang sesuai dengan yang di harapkan, mereka juga suka dengan cara atau ciri khas kita. Contohnya kalo youtube yang punya ciri khas diantaranya calon sarjana, coba perhatikan cara dia bicara dalam setiap videonya, dia punya ciri khas yang unik kan.

Begitu juga dengan konten berupa tulisan, anda harus punya keunikan khusus yang menjadikan ciri khas anda dan itu nantinya bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk pembaca.

Isi tulisan harus sesuai dengan judul yang dibuat

Tak jarang saya temukan di beberapa blog yang saya baca, judul yang di buat begitu meyakinkan untuk dibaca karena di rasa sangat sesuai dengan yang sedang saya cari, namun ternyata setalah saya baca ternyata arahnya tidak jelas antara judul yang di buat sama isi konten.

Hal semacam itu biasa orang bilang dengan istilah klikbait, yang dimana tujuannya adalah untuk memancing pembaca berkunjung ke blognya. Jika terlalu sering justru bisa berdampak buruk buat pengunjung blog, alih-alih artikel ingin di sukai pembaca malah membuatnya kabur dan enggan kembali lagi.

Tidak bertele-tele

Jangan hanya karena ingin membuat artikel yang panjang anda rela muter-muter membahas hal yang tidak perlu bahkan tidak ada hubungannya dengan tema yang sedang anda bahas.

Untuk membuat artikel yang disukai pembaca anda cukup menjelaskan hal yang perlu dan penting untuk di sampaikan, tanpa perlu basa-basi yang berlebihan. Mungkin anda juga pernah membaca sebuah blog yang isinya cuma basa-basi melulu sementara poin penting yang di sampaikan hanya sekedar saja.

Bentuk tulisan tersusun rapi dan enak di lihat

Buatlah artikel dengan isi tulisan tersusun rapi, untuk membuat tulisan rapi berikut dibawah ini harus anda terapkan jika anda ingin tulisan anda di sukai pembaca :
° Gunakan sub judul.
° Gunakan paragraf yang tidak terlalu panjang.
° Gunakan bold dan italic dengan tepat.
° Gunakan poin-poin jika pembahasan artikel cukup panjang.
° panjang pendek tulisan tidak di buat-buat, sesuaikan dengan kebutuhan.

Oya, mohon maaf kalo tulisan ini anda anggap kurang rapi saya membuat artikel ini cuma menggunakan hp, tulisan ini sudah saya upayakan serapi yang saya bisa. Semoga di lain waktu bisa saya perbaiki.

Gunakan gambar dan video jika dibutuhkan
Untuk memperkuat pesan informasi yang anda sampaikan, menambahkan gambar dan video pada artikel itu bisa meningkatkan kepercayaan pembaca anda bahwa informasi yang anda tulis dibuat dengan sungguh-sungguh.

Begitu juga dengan mesin pencari, selain di sukai pembaca penambahan gambar dan video dalam sebuah artikel bisa dianggap informasi tersebut paling lengkap dibanding tulisan lain yang mungkin tidak menggunakannya.

Nah itulah yang bisa saya sampaikan untuk teman-teman yang masih pemula, tips agar artikel yang kita tulis banyak disukai pembaca semoga bermanfaat dan selamat mencoba.