Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube Dengan Google AdSense Tips Buat Pemula

Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube Dengan Google AdSense Tips Buat Pemula

Kalian tau youtube kan dan pastinya sering juga nonton video-video yang ada di youtube. Youtube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan
PayPal pada Februari 2005. Situs web ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Dan sekarang situs ini sudah di akuisi oleh perusahaan raksasa dibidang teknologi yaitu google.

Bicara soal youtube, sekarang ini sedang ramai orang berlomba-lomba ingin menjadi youtuber. Mungkin anda juga penasaran kenapa banyak orang yang ingin jadi youtuber, jawabannya adalah selain mereka bisa eksis dan terkenal di youtube, ternyata youtube juga bisa dijadikan lahan pekerjaaan. Karena dengan menjadi youtuber kita ternyata bisa menghasilkan uang dari video-video yang sudah kita unggah ke situs tersebut.

Nah, dibawah ini saya akan jelaskan bagaimana prosesnya cara menghasilkan uang dari youtube melalui google adsense, khusus untuk pemula yang memang masih belum faham tentang cara menjadi youtuber(youtuber adalah sebutan untuk seorang kreator youtube), dan bagaimana caranya untuk bisa menghasilkan uang dari situs tersebut.

Sebelum saya jelaskan lebih jauh, mungkin pembaca ada yang masih belum mengerti apa itu google adsense? Google AdSense adalah situs perusahaan periklanan milik google yang dimana situs tersebut memberikan kesempatan kepada kita konten kreator (youtuber/blogger atau pengembang aplikasi) untuk dapat berpartisipasi menjadi penayang iklannya, dan nanti kita bagi hasil sama google dari hasil iklan yang di tayangkan di blog/channel youtube kita.

Cara Menghasilkan uang dari youtube lewat google adsense khusus untuk pemula

Buat dulu akun google

Untuk yang pertama jika ingin menjadi youtuber anda harus punya akun google dulu. Tapi saya yakin, jika anda pengguna smartphone android pasti anda memiliki akun google. Akun tersebut selain dibutuhkan untuk membuat channel youtube anda, juga untuk dapat mendaftar dan mengakses seluruh produk google yang lain seperti: Gmail, youtube, blogger, google adsesne, admob, dan banyak lagi produk google lain yang nantinya pasti anda butuhkan, dan anda cukup hanya dengan menggunakan satu akun google saja.

Untuk anda yang belum faham atau lupa akun googlenya dan ingin membuat baru prosesnya cukup mudah anda hanya perlu membuka ponsel android anda : buka setelan/pengaturan> akun lain > tambah>google. Lakukan tahapan tersebut maka anda akan di arahkan untuk dapat membuat akun google.

Buat channel youtube

Setelah anda memiliki akun google, maka selanjutnya adalah anda membuat channel youtube. Cara membuat channel youtube juga cukup mudah. Buka aplikasi youtube di ponsel anda, masuk ke youtube dengan akun google anda. Anda hanya perlu mengunggah satu video saja di aplikasi tersebut, maka dengan otomatis setelah video terunggah ke youtube maka channel youtube anda sudah dibuat. Biasanya nama channel pertama kali akan mengikuti nama di akun google anda, namun anda bisa menggantinya di kemudian hari setelah channel anda memenuhi syarat untuk mengganti nama.

Penuhi persyaratan monetisasi google adsense

Selanjutnya setalah usia channel anda cukup lama dan sudah cukup banyak video yang anda unggah ke channel tersebut, maka untuk channel dapat mengikuti program partner youtube monetisasi channel anda harus memenuhi syarat terlebih dahulu.

Syarat-syarat diantaranya adalah setiap video yang anda upload harus mematuhi kebijakan youtube dan tidak ada satu video pun yang melanggar aturan youtube. Selengkapnya tentang pedoman dan kebijakan youtube baca disini.
Syarat lainnya untuk anda dapat mengajukan permohonan monetisasi, channel anda harus memiliki : 4000 jam tayangan dan memiliki 1000 subscriber terhitung dari mulai anda mendaftar atau mengajukan permohonan monetisasi hingga 12 bulan terakhir. Jadi untuk channel anda dapat di tinjau permohonannya, maka dalam rentang waktu dari mulai mendaftar sampai 12 bulan terakhir harus anda penuhi. Jika tidak maka proses permohonan akan di ulang. Dan perlu diketahui peraturan ini mulai di perbaharui oleh youtube pada tahun 2018 dan masih berlaku sampai saat ini artikel di buat 2019, peraturan bisa saja di ubah, mungkin di tahun depan bisa lebih dari ini.

Setelah memiliki akun adsense

Anggap saja persyaratan youtube monetisasi diatas sudah anda penuhi dan channel anda sudah di terima menjadi penayang iklan adsense. Perjalanan belum berakhir dan masih panjang untuk anda dapat merasakan hasil dari kerja keras anda di youtube.

Setelah anda memiliki akun adsense dan channel anda mulai menghasilkan pundi-pundi dollar, maka untuk dapat menarik hasil kerja keras anda di akun adsense, jumlah saldo di akun anda harus melewati ambang batas pembayaran yang di tetapkan yaitu minimal sekitar Rp. 1300000.

Mendapatkan PIN

Setelah saldo anda melewati ambang batas pembayaran, maka selanjutnya adalah memverifikasi pin, pin akan otomatis dikirim oleh google ke alamat yang di cantumkan di akun adsense anda setelah melewati ambang batas pembayaran. Nanti setelah ada pemberitahuan bahawa pin anda sudah dikirim oleh google, maka anda tinggal menunggu sampai tukang pos datang memberikan surat dari google yang berisi kode pin tersebut yang nantinya untuk di verifikasi di akun adsense anda.

Verifikasi KTP

Verifikasi ktp dilakukan untuk dapat memastikan identitas asli anda berdasarkan data kewarganegaraan dan kependudukan. Ktp juga bisa untuk mewakili proses verifikasi pin, jika pin yang dikirim sudah melampaui batas permintaan pengiriman namun belum juga sampai ke anda.

Verifikasi Bank

Terakhir adalah memverivikasi bank anda, tujuannya adalah untuk proses pengiriman uang yang selama ini ada di saldo akun adsense anda, jika ambang batas pembayaran sudah terlewati dan semua syarat di atas sudah di lakukan maka terakhir tinggal anda memverifikasi nomor rekening bank anda dan anda tinggal menunggu saldo masuk kerekening anda.

Itulah beberapa kiat langkah-langkah sederhana yang bisa saya jelaskan dari proses Cara Menghasilkan Uang Dari Youtube Dengan Google AdSense Khusus Buat Pemula. Mungkin bagi anda yang masih awam ini terlihat proses yang rumit namun sebenarnya ini tidak serumit yang anda bayangkan karena ini hanya proses sekali saja. Masih juga rumit bagaimana bisa menghasilkan video berkualitas setiap harinya untuk mengisi konten di channel anda.

Beberapa artikel lain tentang youtube bisa anda cari disini.
Sebenarnya menghasilkan uang dari youtube bukan cuma lewat adsense saja, masih ada cara lain bahkan mungkin lebih menggiurkan hasilnya. Namun buat kita yang masih newbie menjadi partner google adsense saja sudah cukup jika kita tekuni dengan baik. Segala sesuatu itu berproses dan tumbuh, nikmati setiap langkahnya. Dah gitu aja.