Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan, Mengolah, Dan Isi Kandungan Gizi Pada Bekicot Yang Perlu Anda Tau!

Cara Membersihkan, Mengolah, Dan Isi Kandungan Gizi Pada Bekicot Yang Perlu Anda Tau!

Bekicot atau biasa orang sebut dengan istilah keong racun ini, ternyata dibalik bentuknya yang bagi sebagian orang menjijikan karena tubuhnya yang penuh dengan lendir, ternyata dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang super lezat loh.

Mungkin anda penasaran seperti apa hasil olahan yang berbahan dasar daging bekicot ini. Untuk itu baca terus dan simak setiap proses tahapan-tahapannya. Karena untuk dapat mengolah bekicot menjadi makanan yang lezat itu tidak mudah dan tidak bisa sembarangan.

Untuk lebih jelasnya silakan anda simak ulasan dibawah ini bagaimana cara membersihkan bekicot sebelum bisa di masak.

Cara membersihkan bekicot sebelum siap untuk di olah :

1. Proses pencucian

Pertama, bekicot disemprot dengan air agar semua kotoran dan lumpur yang melekat pada cangkangnya dapat dibersihkan.

2. Karantina

Sebelum diolah bekicot harus didiamkan dahulu selama 1-2 malam tanpa diberi makan supaya kotoran dan lendirnya keluar sebanyak mungkin. Untuk menghindari bekicot banyak yang mati selama dikarantina, alangkah baiknya bekicot ditempatkan pada tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung, dan tumpukannya tidak terlalu tinggi, dan perlu dilakukan penyiraman beberapa kali untuk menghilangkan kotoran dan lendir yang dikeluarkan.

3. Sortasi

Sortasi atau penyortiran dilakukan untuk membuang bekicot yang mati dan yang terlalu kecil untuk bisa diolah. Dengan proses tersebut maka bisa dipastikan mana bekicot yang benar-benar layak untuk di olah.

4. Penggaraman

Setelah disortasi, bekicot digarami dengan jumlah perbandingan 10-15% dari berat total bekicot, kemudian diaduk hingga rata. Penggaraman yang dapat dilakukan di atas lantai semen ini bertujuan mematikan bekicot serta mengeluarkan lendirnya sebanyak mungkin. Dan prosesnya bisa berlangsung dilakukan selama 30 menit.

Selanjutnya setelah melewati tahapan diatas maka sekarang yang harus dilakukan adalah :

° Pecahkan cangkang terutama dari tengah sampai kepala.

° Lepaskan daging siput dari cangkangnya, bersihkan kotorannya. Daging yang diambil hanyabagian kepala atau yang bisa dipakai merayap.

° Setelah itu cuci dengan air sambil diremas-remas. Tubuh siput akan mengeluarkan banyak lendir. Diulang sedikitnya lima kali. Lendir tidak akan habis hanya jumlahnya saja yang berkurang.

° Rendam cucian siput dengan air panas yang sudah diberi kapur sirih setengah jam.
Tetap masih diremas-remas tiriskan kembali dan siput telah siap diolah.

Bekicot dapat di olah menjadi berbagai jenis makanan seperti dibawah ini :



Meski awalnya terliht menjijkan, rupanya banyak orang yang jatuh cinta dengan masakan bekicot, karena rasanya yang tak bisa dilupakan. Banyak resep dan menu untuk mengolah bekicot, di antaranya sebagai berikut ini:

1. Bekicot crispy

Selain diolah menjadi makanan lauk nasi, bekicot yang juga kaya dengan protein ini bisa diolah menjadi snack untuj teman ngemil. Seperti biasa, setelah bekicot dibersihkan dan direbus, bekicot ditiriskan dan dibumbui dengan tepung sebelum digoreng.

Kemudian setelah dimasak dengan minyak yang sedang, maka jadilah paduan bekicot crispy yang renyah di luar dan kenyal di dalam ini. Karena citra rasa ini, bekicot tidak hanya digemari oleh orang Indonesia saja.

Bahkan di luar negri seperti Perancis, kata nya banyak orang yang rela menghabiskan 12 euro atau sekitar Rp 180 ribu untuk hanya satu porsi ukuran kecil bekicot. Beruntung kita di Indonesia, makanan ini harganya paling cuma Rp 5 ribu sampai Rp 30 ribu saja. Murah meriah dan pasti enak.

2. Bekicot saus padang

Saus Padang yang terkenal gurih, kental, dan rasanya agak manis diguyurkan ke bekicot yang telah direbus. Tentu saja akan menghasilkan daging bekicot yang lebih kaya rasa dan maknyuss. Kamu bisa menambahkan petai, bawang bombai, dan irisan cabai sesuai selera untuk memperkuat rasa.

Di daerah Jawa Timur sana , olahan yang satu ini menjadi makanan khas mereka. Kalau ke sana, kamu bisa mendapatkan makanan ini dengan mudah. Mulai dari di depan sekolah-sekolah, sampai di tempat makan tertentu.

3. Rica-rica escargot

Escargot merupakan nama lain dari bekicot. Resepnya, sama dengan rica-rica pada umumnya. Yang jelas, sebelum dimasak jadi apa pun, bekicot harus tetap direbus dulu dengan kapur sirih untuk menghilangkan lendirnya. Selain itu, juga untuk mengeluarkan dari cangkangnya dengan mudah.

Setelah selesai, campur dengan bumbu rica-rica dan bahan makanan lain seperti tempe atau jamur. Mantulll pokoknya.

4. Krengsengan

Biasanya, krengsengan berupa daging kambing yang dimasak menggunakan bumbu tumisan bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, pala, dan kecap manis. Krengsengan tidak terlalu berkuah, sehingga membuat dagingnya lebih kennyal.

Bedanya, daging yang digunakan di sini adalah daging bekicot. Kalau masakannya pas, kita bisa mendapatkan tekstur kenyal bekicot yang kaya rasa dan pastinya endessss banget.

Kandungan gizi pada bekicot

Daging bekicot atau keong racun kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh, Diantaranya :

Terdapat protein tinggi 12 gr/100 gr didalam daging bekicot Terdapat kalsium tinggi 237 mg pada cangkang bekicot Terdapat vitamin B komplek lengkap dalam daging bekicot Terdapat zat fosfor 88 mg dan Lemak tak jenuh 1 persen salam daging bekicot Terdapat asam amino esensial lengkap pada daging bekicot serta lendirnya yang terdiri dari leusin, Lisin, Tirosin, Tronin, Fenilalanin, Valin Terdapat asam non esensial lengkap pada daging dan lendir bekicot terdiri dari Glisin, Serin, Arginin, Alanin, Asam aspartat, Asam glutamate, Prolin dan Histidin.
sumber info: halosehat.com

Nah itulah informasi tentang tata cara membersihkan bekicot, cara mengolah dan memasak bekicot, serta isi kandungan gizi yang terdapat didalamnya. Silakan untuk di mencoba, namun tetap konsumsi segala jenis makanan sewajar dan secukupnya saja, karena tidak ada yang baik dalan setiap apapun yang sifatnya berlebihan.

Karena bisa saja kandungan baik dalam daging siput bisa menjadi penyakit jika di olah dengan cara yang tidak benar dan di konsumsi berlebihan.