Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penomena Baru Di Youtube, Artis VS Youtuber Menang Mana?


Hallo guys kali ini saya akan membahas tentang penomena baru yaitu para artis yang biasa kita temui di tv sekarang mereka terjun ke youtube. Sebagian orang mungkin berfikir ini hal yang biasa-biasa aja, namun bagi sebagiannya lagi ini adalah masalah yang perlu di antisipasi. Terutama bagi sebagian kreator, pastinya mereka akan merasa di saingi, dan saingannya ini cukup berat.

Tentunya mereka para artis melirik dan mulai menekuni youtube pasti punya beragam alasan, selain untuk mempertahankan eksistensinya di dunia hiburan dari sisi financial juga pasti menjadi salah satu alasannya. Karena tak bisa dipungkiri seperti yang kita tau bahwa youtube bisa menghasilkan pundi-pundi dollar.

Bagi youtuber pemula tentu hal ini membuat mereka harus bekerja lebih ekstra lagi karena bagaimanapun juga peranan artis turun ke youtube ini sangat jelas bisa menggeser posisi mereka, bagaimana tidak seorang artis sudah pasti dia banyak dikenal orang, jelas hal ini menjadi modal utama untuk menggaet ribuan subscriber. Lalu, apa kehadiran artis ini bisa mengacam kreator-kreator youtube biasa seperti judul di atas "artis vs youtuber menanang mana" dikancah peryoutubean Indonesia.

Untuk kita bisa menilai mana yang lebih unggul nantinya alangkah baiknya kita bandingkan dari sisi kelebihan dan kekurangan dari masing-masing yaitu antara youtuber tulen dan si artis.

Kelebihan dari seorang artis yang menjadi Youtuber

- Seperti yang sudah di singgung di atas bahwa salah satu kelebihan artis adalah mereka sudah dikenal banyak orang sebelumnya, jadi dia tidak perlu susah-susah mencari subscriber.

- Dalam hal membuat konten artis lebih mudah membuatnya, walaupun cuma ngevlog kesehariannya sudah pasti banyak viewnya.

- Peluang ditonton setiap video yang di upload itu lebih besar, karena subscribernya mereka bukan dari hasil sub4sub hehe, mereka yang subscribe ke chanelnya itu dengan suka rela karena ingin tau apa aja yang di lakuin si artis dalam setiap videonya. Nah itulah beberapa dari sisi ke unggulannya.

Kekurang dari seorang artis yang menjadi youtuber

- Ada pandang di masyarakat bahwa artis yang terjun ke youtube karena mereka sudah gak laku di tv, makanya mereka ngeyoutube biar mereka bisa tetap mendapat seseran ketika di tv sedang sepi. Tentu pandangan seperti ini bisa iyaa tapi tidak sepenuhnya benar, karena banyak dari mereka yang masih eksis di tv juga aktif ngeyoutube.

- walaupun mereka bebas dalam hal membuat konten, dan setiap kontennya bisa mengundang banyak view tapi mereka juga tak se bebas seperti youtuber biasa, misalnya dalam hal membuat konten yang sedikit kontroversial, kalo anda kan seneng-seneng aja bikin konten yang sedikit polesan kontroversial biar makin populer hehe.

Lain ceritanya kalo seorang artis, kalo bikin konten kontroversial, walaupun bisa meningkatkan eksistensinya tapi ada nama baik yang harus mereka jaga, karena walaupun nama mereka semakin banyak di kenal dan jadi omongan orang, tapi nama baiknya juga bisa tercemar dan itu bisa menyebabkan hilangnya orang-orang yang simpati padanya (fans dan subscribernya).

Nah, dari sisi si artis sudah saya bahas diatas lalu dari sisi si anda sebagai youtuber tulen yang emang dari kecil di youtube, apa kelebihan san kekurangan anda di banding si artis?

Kelebihan orang biasa yang menjadi youtuber

- bebas mau bikin konten apa aja, selagi itu tidak merugikan dan mengusik orang lain anda bebas membuatnya, anda tidak akan di pusingkan dengan nama baik anda mau anda bikin video lagi ngacak-ngacak eek ayam juga its ok demi mendongkrak popularitas anda di kancah peryoutubean anda bebas melakukannya.

- Anda berpeluang jadi artis, nah ini nih guys ternyata ketika para artis berdatangan terjun ngeyoutube, disaat yang sama anda berpeluang menjadi artis di tv, ah masa iya yang bener aja, mungkin anda berfikir demikian tapi nyatanya sudah banyak kok youtuber-youtuber yang sekarang jadi artis di tv. Contohnya yaounglex, atta halilintar, pak gundul, dan banyak lagi.

Kekurangan orang biasa menjadi youtuber

- Mungkin lebih tepatnya sih bukan kekurangan, tapi kelemahan. Kelemahan dari seorang youtuber yamg bukan dari kalangan orang-orang terkenal adalah untuk mengembangkan channel tersebut memang butuh kerja keras. Kita berusaha untuk mencari subscriber, kita di tuntut membuat konten yang menarik dan tidak membosankan, ya intinya tugas seorang youtuber itu ya memanjakan penonton.

- Menciptakan karakter, walaupun kita tidak diwajibakan untuk fokus pada satu niche tapi untuk sebuah channel agar mudah di ingat dan di sukai penonton, channel kita harus punya ciri khas, dan untuk menciptakan itu jelas tidak mudah, contoh seperti channelnya pak gundul yang kemaren-kemaren sempet buming, dia punya karakter dan harus terus di pertahankan. Dia adalah sosok seorang "bapak tua yang sok tau di sebuah desa" dan untuk mempertahankan itu dia tidak mudah, dia dituntut berwawasan tinggi, menguasai bahasa inggris dan banyak lagi.

Nah, setelah kita bahas panjang lebar di atas baik dari sisi kelebihan dan kekurangannya antara artis dan youtuber biasa, sekarang kita sudah bisa menentukan bahwa diantara mereka yang paling unggul adalah keduanya punya peluang menjadi yang terbaik, loh kok gitu bukanya artis lebih mumpuni? Ya coba fikir lagi bukankah seorang youtuber biasa juga bisa jadi artis dan masuk tv?.

Jadi inti permasalahannya bukan dari kalangan mana dia berasal, tapi seberapa kreatifkah youtuber tersebut untuk bisa membuktikan bahwa dirinya berkualitas dan itu bisa kita lihat dari cara dia mengembangkan channel youtubenya.

Nah, mulai sekarang anda jangan merasa risau lagi ya guys, karena kehadiran para artis di youtube itu tidak akan menghabat langkah anda untuk terus berkarir di youtube, selama anda berkualitas, anda tidak akan kehilangan viewers justru kualitas anda bisa menjadikan anda naik ke level lebih tinggi lagi.
So, teruslah berkarya..