Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Sukses Jadi Blogger? Jangan Pernah Lakukan Hal Ini

Ingin Sukses Jadi Blogger? Jangan Pernah Lakukan Hal Ini

Hi guys, di artikel ini saya akan membahas dan berbagi tips bagaimana cara agar kita bisa menjadi seorang blogger yang sukses. Walaupun saya tau defenisi sukses itu relatif, karena setiap orang punya sudut pandang tersendiri untuk mengartikan kata suksesnya dari apa yang dikerjakannya. Tapi kesuksesan di dunia blogging bisa kita ambil kesimpulan dari yang saya amati adalah tentang "penghasilan"! 

Ya, yang saya perhatikan akhir-akhir ini, mereka yang di anggap sukses ngeblog adalah mereka punya penghasilan cukup bahkan tinggi dari blog yang di kelolanya, tanpa harus saya sebutkan blog mana saja yang sudah sukses secara materi yang di hasilkan dari blognya tersebut, tapi kamu pasti taulah beberapa orang di Indonesia ini yang sukses dari blog yang di kelolanya.

Siapa mereka mungkin itu tidak terlalu penting, karena yang jauh lebih penting adalah siapa kita, sebagai seorang blogger tentu kita juga harus tau siapa kita, mau jadi seperti apa kita kedepannya, jangan sampai kita terlalu sibuk mengagumi orang lain yang terlebih dulu sukses dan kita selalau memujinya tapi kita sendiri terjebak dalam angan-angan kita, maka dari itu di artikel ini saya ingin mengajak atau membuka fikirin kamu, hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan tidak boleh di lakukan jika kamu ingin menjadi seorang blogger yang sukses.

Karena akhir-akhir ini banyak sekali fenomena aneh bermunculan dimana banyak sekali para blogger baru bermunculan yang terjun kedunia blogging bukan berdasarkan minat atau ingin berbagi ilmu dan sebagainya, tapi lebih memprioritaskan masalah duit. Banyak dari mereka para blogger baru yang dimana awalnya mereka adalah seorang conten creator YouTube, yang berpindah haluan menjadi blogger, apapun alasan mereka itu tidak penting, karena yang akan saya bahas di artikel ini adalah bagaimana cara agar kita bisa menjadi seorang blogger sukses atau lebih tepatnya punya blog bisa menghasilkan uang yang bisa mencukupi kebutuhan kita.

Tips yang akan saya share di artikel ini sebenarnya cukup sederhana dan tidak ribet, tapi untuk di terapkannya mungkin membutuhkan kesabaran dan kesadaran yang ekstra, tapi jika dikerjakan dengan ikhlas dan semangat menggapai mimpi kamu yang menggebu, saya yakin kamu pasti bisa melewatinya guys. Baiklah silakan disimak tips dibawah ini.

Tips Menjadi Blogger Sukses, Yang Bisa Menghasilkan Uang Dari Blog

Jika ingin sukses ngeblog, kamu hanya perlu melakukan dan menghindari hal-hal ini

1. Yang pertaman harus dilakukan adalah ubah mindset

Mengubah mindset adalah hal utama yang perlu di benahi, karena disinilah motor penggeraknya, mindeset yang salah akan membawa kamu ke arah yang tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Lalu mindset seperti apakah yang harus di tanamkan untuk mencapai cita-cita bawha saya bisa sukses menghasilkan uang dari blog?, "jangan pikirkan tentang uang" .

Ya, jangan selalu memikirkan tentang uang, kebanyakan para blogger yang baru di kepala mereka hanyalah uang dan uang dan selalu memikirkan ngeblog untuk uang. Mungkin kamu bertanya, apakah hal ini salah? Saya jawab tidak juga, tapi hal itu bisa menghambat kamu untuk mewujudkanya, karena kamu akan sibuk kesana kemari mencari informasi tentang bagaimana menghasilkan uang dari blog, dan kamu mengabaikan hal penting yang seharusnya dilakukan adalah bagaimana membangun blog yang baik dan meningkatkan kualitas konten.

2. Membuat konten ori setiap hari adalah harga mati

Jika kamu ingin sukses ngeblog kamu harus mampu membuat konten unik dan ori setiap hari, entah bagaimanapun cara kamu, tapi kamu harus mampu melakukannya apalagi kamu mampu membuat postingan minimal 3-5 artikel /hari yang kamu tulis sendiri (bukan hasil copas) dengan jumlah kata 500 kata di setiap postinganya, hal itu menurut saya adalah awal yang sangat bagus untuk menyambut kesuksesanmu di dunia blogging.

Mungkin untuk kamu seorang pemula yang baru saja memulai, hal ini akan terasa berat, tapi percayalah semakin hari semakin sering kamu melakukannya akan terasa lebih ringan dan sudah tidak merasa terbebani lagi. Tapi yang harus kamu ingat dan paling berat bukan pada jumlah artikel yang kamu buat, konsistenlah yang paling sulit dilawan. Tulisan ini bukan hanya saya tunjukan untuk pembaca saja, tapi untuk saya juga yang menulisnya, biar sama-sama kita termotivasi.

Memang tidak ada yang lain lagi musuh terberat untuk mewujudkan mimpi adalah rasa malas dan menjaga konsistensi. Maka dari itu agar kita bisa tetap konsisten, kita harus bisa mengalahkan rasa malas itu sendiri. Walaupun itu tidak mudah, tapi berusahalah. Karena itu yang selalu saya lakukan.

3. Jangan terlau mendewakan seo

Saya tau seo itu sangat penting untuk perkembangan dan kemajuan sebuah blog, seperti misalnya dalam hal pembuatan konten, tapi yang saya perhatikan kebanyakan orang terlalu berlebihan menerapkan trik-trik seo nya, tidak perlu saya memberikan contoh seo seperti apakah yang mungkin dianggap tidak penting, karena kamu pasti menjawab semua bentuk omtimasi seo itu penting.

Saran saya, alangkah baiknya mengoptimasi seo blog anda sewajarnya saja yang basicnya saja, membuat konten untuk di sukai mesin pencari itu bagus karena situs anda akan mudah di rayapi, tapi membuat konten yang di sukai pembaca (human friendly) itu adalah tujuan kita, jadi lakukan yang sewajarnya saja.

4. Kurangi nongkrongin facebook

Pasti anda kaget, kok jadi ke facebook, apa hubungannya?. Ya saya tau kamu pasti kaget, kenapa saya melarang kamu untuk kurangi nongkrong di facebook dan apa hubungan dengan kesuksesan ngeblog kamu?.

Jawabannya adalah : " sebagai seorang blogger, apalagi kamu merasa masih pemula dan membutuhkan bimbingan dan banyak ilmu yang belum kamu tau tentang blogging, kamu pasti ikutan atau gabung di grup-grup sosial media kan? Seperti facebook, whatsapp misalnya, nah dari sepengalaman saya yang awalnya memang tujuan kita ingin menimba ilmu, malah disana kita keasyikan chat sama member lain dan membicarakan hal-hal yang gak penting, bukannya berdiskusi malah kadang banyaknya saling membully".

Nah disitulah kesalahan fatalnya, bukanya kita mendapatkan ilmu atau pengetahuan baru, malah kita disitu terjebak dan cuma buang-buang waktu. Coba kalo kita fokus saja setiap harinya hanya ingin membuat konten, dan selalu ingin membuatnya lebih baik setiap harinya, pastinya blog yang kamu bangun bakal maju dan terus tumbuh berkembang dan sukses nantinya.

Bukannya saya melarang dan menganggap hal itu tidak baik, sesekali boleh saja atau lebih baik lagi jika kamu sudah menyelesaikan tugas kamu baru nongkrong disana, dan kamu harus berjanji pada diri sendiri kamu tidak akan dulu membuka fb sebelum kamu rampung membuat artikel, itu baru keren.

5. Jangan memaksakan diri membangun blog dengan hanya satu pembahasan

Hal ini juga tidak kalah pentingnya untuk saya luruskan, tapi ini menurut saya guys, entah kalo menurut masternya, dari yang saya tau para master blogger menganjurkan kepada blogger pemula untuk membangun blog hanya membahas satu topik bahasan saja jangan beragam atau biasa di sebut gado-gado.

Kenapa mereka menganjurkan seperti ini, memang benar untuk kamu yang punya keahlian di salah satu bidang entah apapun itu, atau misalnya kamu punya keahlian di bidang fotografi, maka isi blog kamu, kamu buat konten tentang foto-foto cara ber pose yang baik cara pengambilan gambar yang baik dan lainnya, itu memang di haruskan, jika memang kamu menguasa suatu bidang maka bangunlah sebuah blog dengan niche atau satu pembahasan.

Kelebihannya sangat banyak, saya tidak bisa menyebutkan semuanya, tapi diantaranya adalah mendapatkan perhatian mesin pencari, karena isi blog kamu membahas satu topik yang dimana pasti banyak artikel terkait yang relevan dengan konten yang di temukan pembaca. Dan juga kamu bakal mendapat kepercayaan dari pembaca karena kamu dianggap ahli dibidang itu, dan mereka akan percaya sama setiap konten yang kamu buat.

‌Dan kamu akan mudah mendapatkan pengiklan di blog kamu jika produk yang mereka buat sama persis dengan niche blog kamu, misal produk kamera kan cocok banget dengan konten foto-foto. Begitu juga dengan AdSense kamu akan mendapatkan keyword yang relevan antara iklan dan isi konten.

Nah, itulah beberapa kelebihan dari membuat blog satu tema silakan jika kamu punya keahlian khusus dibidang tertentu selagi konten itu tidak melanggar peraturan, buatlah sebuah blog yang hanya membahas satu topik saja.

Tapi untuk kamu yang memang tidak tertarik membuat blog yang isi kontennya hanya itu-itu saja, kamu jangan khawatir atau tidak bisa mendapatkan perhatian mesin pencari dan pembaca, karena yang perlu kamu ingat adalah, selagi konten yang kita buat bermanfaat, edukatif atau menghibur dan tidak menyesatkan atau melanggar ketentuan, kita semua sam-sama berhak mendapatkan perhatian mereka (mesin pencari dan pembaca).

Jadi, buat kamu jangan berkecil hati dan memaksakan diri ya, jika membangun blog gado-gado bisa membuat kamu merasa lebih mudah untuk membuat artikel kenapa kamu harus menahan diri karena ingin berfokus satu membuat blog satu tema, yang padahal kamu merasa kesulitan membuat artikel dan kamu juga tidak merasa ahli di bidang itu, maka jauh lebih baik kamu bangun blog gado-gado saja.

Untuk masalah kesuksesan dari hasil membangun blog gado-gado tak sedikit juga dari mereka para master blogger yang membangun blog gado-gadonya, salah satunya adalah Juragan Cipir. Pasti kamu tau kan blog ini, yap blog yang dibangun oleh mbak indri ini adalah salah satu blog gado-gado yang cukup sukses di Indonesia, namun sayangnya akhir-akhir ini blog juragan cipir jarang update, mukin mbak indrinya lagi sibuk sama urusannya di dunia nyata kali guys, heehee.

6. Kerja keras dan berdoalah

Pasti kita semua sepakat kan guys, bahwa hasil itu tidak pernah mengkhianati usaha, maka dari itu kerahkanlah semua kekuatan kamu untuk mewujudkan apa yang kamu impikan dan setelah itu kita serahkan semuanya kepada yang maha mewujudkan cita-cita dan jangan lupa untuk terus berdoa agar semua yang kita harapkan bisa dengan cepat dikabulkan, ammmiiiin..

Itulah beberapa tips yang bisa saya share buat teman-teman blogger semuanya, yaitu untuk solusi bagaimana agar kita bisa sukses di bidang blogging, bukan berarti saya juga sudah sukses tapi saya hanya ingin berbagi apa yang sudah saya ketahui dan saya jalankan dari nol saya belajar ngeblog sampai hari ini Alhamdulilah saya sudah mengahsilkan pundi-pundi rupiah. Semoga artikel ini bisa memotivasi teman-teman semua untuk terus berkarya dan kejar mimpi-mimpi kita.

Salam sukses guys...