Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kesalahan Sepele Yang sering Dilakukan Blogger Pemula

4 Kesalahan Sepele Yang sering Dilakukan Blogger Pemula

Seperti yang kita tau,  aktivitas seorang blogger adalah tentang mencari dan berbagi informasi lewat tulisan tulisannya.  Hal ini memang terlihat sangat mulia bukan,  ya selagi informasi yang di bagikannya itu bermanfaat dan tidak menyebar berita hoa*x. Namun,  blogging atau aktivitas ngeblog kini bukan lagi sebatas media untuk berbagi informasi semata,  ngeblog kini telah menjelma menjadi lahan bisnis yang perkembangan sangat pesat. Oleh karena itu,  kini bermain main di dunia blogging adalah incaran bagi siapa saja yang merasa membutuhkan penghasilan tambahan selain dari pekerjaan pokoknya.

Namun dalam tulisan ini saya tidak akan membahas bagaimana cara menghasilkan uang dari blog, karena di blog ini pernah saya bahas sebelumnya,  untuk anda yang belum pernah membacanya silakan simak Disini . Karena dalam tulisan ini saya hanya akan mencoba meluruskan hal hal yang dianggap sepele dan itu merupakan sebuah kesalahan menurut saya, dan biasanya yang sering melakukan hal ini adalah bloger pemula,  dimana mereka sedang  ber semangat sekali dan begitu menggebu., hal ini pernah saya alami dulu di awal saya ngeblog. Kesalahan apa sih memangnya sampai harus di luruskan segala? Ok,  baik saya akan jelaskan.

Kesalahan Sepele Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Disini saya tidak bermaksud ingin menggurui (saya bukan master soalnya)hee,  tapi saya hanya ingin berbagi pengalaman apa yang pernah saya lakukan dulu dan hal itu perlu di rubah atau di luruskan,  tujuannya biar siapa saja yang membaca tulisan ini faham bahwa selama ini ada hal sepele yang diabaikan dan itu tidak boleh di biarkan. Baik,  silakan di simak dibawah ini:

Ubah mindset anda

Mindset atau pola fikir,  coba kalian tanyakan apa yang dulu pertama kali ada di fikirin anda sehingga anda ingin terjun ke dunia blogging? Apa anda jawab karena hobi,  atau karena sekedar ingin berbagi informasi,  atau hanya karena uang?? Saya yakin,  diantara kalian pasti banyak yang mikirnya karena ada duitnya heehe,  jujur saja dulu saya juga duit yang di fikirin. Hal itu tidak salah salah amat kok,  hanya perlu di rubah saja. 

Karena yang saya rasakan, jika pola fikir kita selalu uang dan uang,  saya yakin anda akan kandas di tengah jalan,  kenapa saya bilang  begitu,  karena memang mencari uang di blog itu tidak seperti kedengaranya, seperti cerita rakyat dan tidak seindah screenshoot para masters.  Ngeblog ini tidak jauh beda sama kita kerja di dunia nyata,  yang butuh proses butuh kerja keras,  motivasi,  konsisten dan kesabaran. Kalo anda liat mereka yang saat ini katanya sukses dari ngeblog,  perlu kalian sadari betapa perih perjuangan dan kerja keras yang dilakukan untuk menjemput kesuksesannya itu.

Jadi,  mulai sekarang ubahlah pola fikir anda dan katakan bahwa "saya ngeblog bukan hanya sekedar mencari uang nantinya,  tapi saya akan bangga kalo setiap tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang lain". Setidaknya,  meski anda belum mendapatkan uang tapi anda sudah mendapatkan pahala karena memberi kemudahan dan berbagi kebaikan dengan orang lain. Jadi,  jangan selalu money money melulu.  Hehe.

Jangan bikin postingan rancu

Maksudnya gini, misalnya dulu anda pernah bikin postingan tentang cara menghasilkan uang dari blog, terus pas sekarang mau bikin postingan lagi tentang blogging, anda malah bikin postingan "jangan mau mencari uang lewat blog karena itu gak mudah" nah, dari dua judul tersebut sudah seliweran gak jelas kan yang pertama sangat menganjurkan, yang kedua malah gak boleh, kan itu bikin pembaca planga plongo karena kita memberikan informasi yang berlawanan. Dan tentunya itu akan menghilangkan kepercayaan pembaca terhadap blog anda.

Dan kalo, misal di blog saya ini ada hal seperti di atas mohon segera untuk kontak saya, karena saya juga nggak mau kalo setiap tulisan yang saya ketik dengan jempol saya sendiri ini di bilang omong kosong nantinya. Heee. Jadi saran saya, kalo misal mau bikin artikel baru terkait dengan tema yang akan di bahas, alangkah baiknya di cek dulu di tema terkait apakah sudah permah menulis sesuatu.

Jangan memaksakan diri menulis sesuatu yang tidak anda kuasai

Nah ini nih, hal ini yang dulu saya lakukan ketika menulis blog. Karena dulu saya sangat berambisi banget untuk mendaftarkan blog saya ke Google Adsense, saya jadi sering baca baca dan cari cari pembahasan tentang niche atau topik apa yang bisa cepat di terima adsense, dan disitu ada beberapa rekomendasi, sehingga saya mencoba menulis artikel yang memang disitu saya tidak punya banyak ilmu. Dan apa yang terjadi, menulispun rasanya lama sekali dan terasa terbebani, setiap mau ngetik lihat dulu ke google dan ujung ujungnya membuat kita stress., dan besar kemungkinan mengambil jalan pintas dengan cara copas artikel orang, (tapi saya tidak pernah melakukan hal itu,).

Untuk itu, saran saya bagi anda yang baru memulai ngeblog, jangan hanya karena masalah uang dan uang, kita sampai menyiksa diri dengan memaksakan sesuatu yang bukan keahlian kita. Menulislah sesuai dunia mu atu sesuai dengan kemampuan anda.

Jangan tergesa gesa

Masih karena uang lagi nih, untuk anda yang baru saja mengenal adsense atau baru mengenal masalah monetasi blog, kalo blog anda masih seumur jagung mending jangan mikirin dulu hal itu, karena walaupun misalnya blog anda yang baru berumur tiga hari sekalipun sampe daftar

dan bisa di terima adsense, apa hanya dengan modal artikel baru tiga biji anda akan mendapatkan banyak uang? Tentu tidakan., hal itu ibarat contoh saja., jadi intinya, jangan terlalu tergesa gesa ingin segera mendaftarkn blog anda, saran saya fokus lah dulu ke traffik blog anda dengan cara menggenjot artikel anda sebanyak banyaknya setiap hari.

Karena, bagaimanapun juga jumlah artikel lah yang akan mempengaruhi besar kecilnya pendapatan anda, semakin banyak artikel yang anda tulis, akan semakin besar peluang anda di terima dan menghasilkan uang dari blog anda! Saya rasa 4 poin di atas sudah cukup untuk menjadi perhatian dan tidak di abaikan lagi bagi anda yang mungkin baru mengenal dunia blogging.