Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif Manfaatkan Sosial Media Untuk Bisnis

Cara Efektif Manfaatkan Sosial Media Untuk Bisnis

Hampir setiap orang di Indonesia bahkan mungkin di dunia,  mereka memiliki akun sosmed.  Entah itu orang tua, remaja,  dan bahkan anak-anak sekalipun,  mereka punya akun sosmed. Fungsi dasar yang mungkin sebagai sarana silaturahmi dan bersosialisai,  kini mulai menjalar menjadi arena ajang pamer dan juga lapak dagang (bagi sebagian orang) hee.

Hilir mudik dan lalu lintas dunia maya tentu adalah sebuah peluang bagi mereka siapa saja  para pelaku bisnis,  seperti yang kita tau bahwa hukum ekonomi adalah dimana ada keramaian disitu ada uang. Tapi,  apa mereka sudah benar-benar memanfaatkan potensi besar ini dengan baik? Karena yang saya lihat masih ada banyak orang yang memang memanfaatkan sosial media untuk dijadikan tempat berjualan dan mempromosikan produk daganganya,  itu justru membuat orang lain jengkel dan resah. 
 
Mungkin kalian juga pernah merasakan hal itu,  yang mana biasanyanya ada seseorang yang setiap statusnya itu ngajak kita buat ikut gabung sama bisnis yg dijalankanya,  dan karena terlalu sering justru kita bukanya penasaran dan tertarik,  tapi senep dan menjengkelkan heehe..

Memang sih tidak salah,  namanya juga kan usaha,  tapi kalo ditilik lebih dalam lagi menurut saya ada yang salah sama cara yang di lakukanya. Kenapa saya bilang begitu,  karena kalo cara yang dia lakukan itu efektif,  jelas dia tidak akan membuat oranglain merasa jengkel.

Nah disini saya akan berbagi tips yang menurut saya akan lebih efektif lagi di banding cara-cara mereka selama ini.  Dan kalo misal tips dari saya kurang efektif juga,  setidaknya tidak menjengkelkan,  he.

Cara efektif manfaatkan social media untuk bisnis

Dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa point kiat-kiat sederhana seperti apakah cara promosi atau memanfaatkan sosial media anda untuk perkembangan bisnis yang anda kelola.

Baik kita mulai dari point yang pertama:

Jangan terlalu blak-blakan!

Maksudnya adalah,  apa bila anda menjalankan sebuah bisnis yang sifatnya merekrut seseorang atau bisnis anda berburu downline atau semacamnya., tips dari saya jangan terang-terangan untuk mengajak orang-orang supaya bergabung.  Tapi,  berikan sedikit saja atau sebagian informsi kepada mereka dan usahakan untuk menyertakan gambar terkait masalah kesuksesan tentang menjalankan bisnis tersebut.

Kenapa tidak boleh terang-terangan?  Tujuannya adalah,  agar membuat orang orang penasaran, dan juga untuk menghindari  dari penciuman para h*tters yang membenci bisnis yang anda jalankan. Kalo misal anda jelaskan dengan sangat rinci dan akhirnya tercium sama para h*tters,  yang ada anda akan kehilangan kesempatan jika ada yg minat,  karena mereka yang berminat akan mempertimbangan baik buruknya bisnis tersebut berdasarkan respon orang lain.

Jangan memamerkan penghasilan besar atau menggemborkan bahwa bisnis anda adalah cara cepat kaya

Selain orang dibuat penasaran,  seperti yang dijelaskan di point pertama,  di point kedua ini menurut saya, anda juga jangan memamerkan atau pun menjanjikan bahwa bisnis yang anda jalankan mampu menghasilkan banyak uang dengan cepat. Kalo menurut saya,  trik promo semacam ini mungkin memang efektif dizaman dulu, dimasa yang namanya sosial media lagi buming-bumingnya,  tapi trik tersebut menurut saya sudah basi.

Karena orang-orang zaman now saat ini sudah pada faham bahwa tidak ada cara instant untuk mendapatkan penghasilan yang besar.  Mereka sadar bahwa mereka juga harus bekerja keras,  mereka juga sekarang sadar bahwa screenshoot yang anda bagikan adalah pembodohan.  Lalu bagaimana solusinya jika hal seperti itu tidak efektif lagi?

Tips dari saya,  realistis saja,  apa adanya jangan promosi terlalu menggebu gebu,  orang-orang akan jauh lebih mnghargai anda dan ingin memahi bisnis anda lebih jauh,  dibandingkan anda koar sana koar sini,  sungguh hal itu tidaklah elegan dan tidak menunjukan bahwa bisnis yang anda jalankan merupakan bisnis kelasan.

Perluas jaringan

Perluas jaringan anda dalam berpromosi, anda bisa bergabung di berbagai grup entah di facebook atau dimanapun itu sosial media yang di gunakan. Namun saya ingatkan jangan sampai anda salah masuk grup, karena yang saya tau selama ini saya amati di sosial media, ada dua jenis grup yang dianatara dari salah satu ini tidaklah efektif untuk dijadikan lapak promosi.

Kedua grup ini saya namakan grup adu bisnis dan butuh bisnis. Grup adu bisnis adalah mereka yang didalam grup tersebut kerjaanya debat melulu yang dimana mereka saling mencela dan membela bisnisnya masing-masing, sungguh ini tadaklah efektif. Dan yang perlu anda bergabung didalamnya adalah grup butuh bisnis, yang dimana orang-orang didalam grup tersebut adalah mereka yang membutuhkan peluang bisnis.

Sasar target dan ajak ngobrol empat mata

Maksdunya adalah, jika anda rasa ada seseorang yang mulai kepo atau pun penasaran dengan promosi anda, ajak dia untuk chat personal atau lewat inbox tujuannya ya seperti yang sudah dijelaskan diatas yaitu untuk menghindari orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang bisanya cuma menjelek-jelekan dan hal itu tentu harus di hindari bukan?.

Nah itulah beberapa point yang menurut saya cukup efektif untuk anda para pelaku bisnis online, yang memang menjadikan sosial media sebagai sarana promosi anda.

Description: Cara promosi, sosial media, cara bisnis di sosial media, cara bisnis online