Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Semakin Sulitnya Menjadi Publisher Google AdSense

Penyebab Semakin Sulitnya Menjadi Publisher Google AdSense

Jika anda seorang blogger, tentunya anda tidak asing lagi jika mendengar nama Google AdSense. Ya, inilah yang hingga saat ini menjadi buruan dan incaran para blogger.Baik yang pemula ataupun yang sudah lama menjalani aktivitas blogging, Google AdSense rupanya masih tetap saja menjadi gadis pujaan dimata mereka para blogger. Bahkan banyak para blogger yang dari awal ngeblog tujuannya hanyalah untuk mendapatkan akun Google AdSense saja. Kini, kehadiran situs periklanan kebanggaan Google ini perlahan telah merubah mindset para blogger yang awalnya ngeblog untuk berbagi informasi dan menyalurkan hobi berubah menjadi ngeblog untuk mendulang rupiah, tentu saja hal ini adalah wajar dan bisa kita jadikan peluang bisnis yang menjanjikan jika ditekuni, selama kita tidak menyalahi dan melanggar peraturan dan kebijakan-kebijakan yang berlaku.

Seperti judul diatas, "penyebab semakin sulitnya menjadi publisher Google AdSense",. Karena jika kita perhatikan, semakin kesini mendaftar dan menjadi publisher AdSense sepertinya menjadi semakin sulit saja. Selain pihak Google AdSense menerapkan peraturan-peraturan tertulis yang begitu ketat, ternyata diluar kebijakan yang tertulis, mereka juga menerapkan peraturan yang tidak kita ketahui. Semua itu terbukti dari setiap email penolakan yang biasanya mereka tidak menjelaskan kesalahan pada blog kita secara detile.

Disini, saya tidak akan membahas faktor-faktor yang menjadi penyebab ditolaknya pengajuan AdSense, karena sudah banyak sekeli bertebaran di internet dan banyak di ulas oleh teman-teman blogger yang lain. Tetapi yang akan saya bahas disini adalah:

Penyebab Semakin Sulitnya Menjadi Publisher Google AdSense

"Kenapa untuk diterima AdSense semakin sulit?"

Pernahkah anda berfikir, kenapa mendaftar dan diterima AdSense semakin sulit? bahkan untuk blog yang kita anggap sudah layak dan tidak menyalahi peraturan AdSense sekalipun tetap saja email penolakan selalu terselip didalam akun gmail anda. Pernahkah anda berfikir kenapa dengan hal ini?. Karena selain faktor-faktor yang menjadi ketentuannya, pasti ada faktor lain yang membuat proses pendaftaran AdSense semakin tidak jelas.

Maka dari itu dibawah ini saya akan menyimpulkan apa saja yang menjadi penyebab semakin sulitnya menjadi publisher Google AdSense. Meskipun apa yang akan saya uraikan dibawah ini belum tentu kebenarannya, tapi saya yakin jika point-point dibawah ini punya peran yang sangat dominan dan menjadi faktor pertimbangan yang menjadi penyebab semakin sulitnya menjadi publisher Google AdSense.
Menganggap bahwa hanya AdSense lah satu-satunya yang membayar publishernya dengan bayaran yang paling tinggi
Hampir semua blogger sepakat bahwa hanyalah Google AdSense yang membayar para publishernya dengan bayaran paling tinggi. Entah benar dan tidaknya tentang pendapat ini, tapi memang faktanya banyak para blogger yang membahas tentang nilai yang diberikan oleh AdSense ini cukup menjanjikan. Dengan pernyataan itu, sudah jelas bahwa para blogger akan berbondong-bondong untuk mendaftar dan ingin menjadi calon publishernya. Hal ini tentu saja akan membuat pihak AdSense sendiri menganggap bawah AdSense sangat diminati, dan itu akan menjadi prestasi dan menaikan gengsinya sebagai situs periklan yang banyak diminati para penayang iklan.

Dari sinilah mereka mulai menerapkan peraturan-peraturan yang semakin ketat dan harus kita patuhi selaku penayangnya, karena kalo tidak, maka resiko banned lah yang harus siap kita terima.
Banyak blog yang didaftarkan dan dianggap oleh AdSense tidak mempunyai kualitas
Hal ini memang sepele, tapi kalo kita perhatikan, hal ini sepertinya juga menjadi faktor yang membuat system robot Google AdSense dibuat menjadi semakin selektif lagi dalam memilih calon publishernya. karena seperti yang kita ketahui kalo orang Indonesia itu paling suka dengan yang namanya peruntungan. Blog yang baru seumur jagung pun sudah ngebet banget untuk didaftarkan ke AdSense, padahal mereka juga mengetahui bahwa peraturan Google AdSense "blog yang masih baru dan masih tahap pengembangan tidak dapat berpartisipasi dengan AdSense". Tapi mereka tetap saja mencoba untuk mendaftarkan blognya., dengan harapan semoga saja lagi beruntung. Alih-alih punya keberuntungan, yang ada malah membuat padat antrian pendaftaran saja, dan biasanya berujung dengan tamparan email penolakan dari AdSense.

Kalaupun memang anda hanya mengharapkan keberuntungan, saya tegaskan, bahwa keberuntung tidak berpihak pada setiap orang. Untuk itu saya sarankan dan alangkah baiknya untuk anda yang benar-benar menginginkan akun AdSense dan menayangkan iklan darinya, fokuslah dulu untuk mengelola blog anda hingga benar-benar layak untuk menjadi publisher AdSense. Tapi, jika memang anda tidak sabaran dan selalu ditolak terus oleh AdSense, tidak ada salahnya anda untuk menghubungi jasa pembuat akun AdSense, tapi jujur saja, kalo menurut saya pribadi rasanya kurang puas kalo kita memiliki akun AdSense yang dibuat oleh orang lain.
Akun AdSense menjadi ladang bisnis yang diperjual belikan secara bebas
Mungkin point ini masih berkaitan dengan point diatas, yang dimana saat ini banyak sekali pelaku bisnis jasa pembuatan akun AdSense. Kalo saya perhatikan, memang hal ini sangat membantu bagi teman-teman blogger lain yang memang kurang beruntung karena blognya yang selalu ditolak oleh AdSense. Tapi, disisi lain hal ini jelas bisa melanggar ketentuan AdSense yang dimana Google AdSense hanya mendukung satu akun saja untuk setiap publishernya, dan itu dikatakan melanggar jika kita memiliki beberapa akun, bukan karena menggunakan jasa pembuat akun. Biasanya seseorang memiliki jumlah lebih dari satu akun AdSense hanya dibuat stock saja.

Bayangkan jika setiap blogger memiliki jumlah akun lebih dari satu, jelas hal ini akan membuat para pendaftar lain yang memang belum memiliki akun mungkin akan merasa kesulitan, karena semakin padatnya jumlah antrian dan pihak GA pun akan semakin selektif lagi untuk memilih calon publishernya.

Dan kalo saya perhatikan, sepertinya hanya di Indonesia saja akun AdSense diperjual belikan dan menjadi ladang bisnis baru yang menjanjikan. Mungkin anda juga pernah mendengar istilah akun AdSense bug? ya, akun AdSense jenis ini katanya tidak melewati proses tahapan review seperti pada umumnya, tapi akun jenis ini dibuat dengan cara memanfaatkan celah dari proses pendaftarannya. Akun jenis ini cenderung lebih mudah dibuat dan tidak memakan waktu lama, dan oleh karena itu, maka biasanya akun jenis ini dijual lebih murah dibandingkan akun AdSense biasanya.
Banyak para blogger yang menganggap bahwa Menjadi publisher AdSense itu mempunyai gengsi tersendiri dan bisa dijadikan kebanggan
Sepertinya untuk hal ini saya katan benar, karena memang diterima menjadi penayang AdSense itu adalah suatu kebanggaan tersendiri, karena bagaimana tidak, untuk dapat menayangkan iklan dari Google AdSense kita harus melewati rangkaian proses yang tidak jelas kapan waktunya diterima atau ditolaknya blog yang kita daftarkan, hal itu benar-benar sangat melelahkan. Makanya bisa dibilang blog yang dapat menayangkan iklan AdSense adalah blog yang di anggap Google berkualitas.

Dengan demikian, karena mereka tau bahwa jika blognya dapat diterima AdSense mereka akan merasa bangga dan memiliki gengsi tersendiri. Dan pastinya setiap blogger akan berbondong-bondong demi mendapatkan akun AdSense. Sudah sangat jelas, karena banyaknya para pendaftar, hal itu akan membuat jumlah antrianpun tak terbendung lagi, dan akan menyebabkan semakin sulitnya menjadi publisher adsense.
Anda terlalu fokus dengan adsense dan tidak mau mencoba situs periklanan yang lain
Janganlah terlalu fokus hanya menginginkan bermitra dengan AdSense saja, masih banyak situs periklanan yang lain yang bisa anda coba. Kebanyakan para blogger mencari alternatif GA hanya jika dia selalu ditolak atau pernah di banned saja, sangat jarang sekali para blogger berniat mendaftarkan blognya di tempat lain, alasannya kalo saya dengar sangatlah baku sekali, yaitu hanya karena bayarannya yang relatif kecil, padahal kalo mereka mau konsistent dan melakukan optimasi yang maksimal, justru di salah satu situs periklanan lain ada yang nilainya sangat menggiurkan. Sedangkan mereka yang terus ngotot ingin menjadi publisher AdSense, sepertinya sudah tidak memperdulikan lagi masalah bayaran, tapi lebih ke gengsinya, dan kebanggaannya sebagai penayang AdSense.

Peraturannya yang sangat ketat memang memiliki kelebihan dan juga kekurangannya sendiri.

Kelebihan menjadi publisher AdSense

- Blog yang menayangkan iklan Google Adsense bisa dianggap blog yang berkualitas.

- Anda yang diterima menjadi publisher AdSense punya kebanggaan tersendiri dan juga memiliki nilai yang bergengsi.

Kelemahan atau kekurangan menjadi publisher AdSense

- Anda harus benar-benar mematuhi semua kebijakan dan peraturannya, jika tidak maka blog anda tidak akan lagi menayangkan iklan darinya.

- Anda tidak memiliki kebebasan dalam menulis konten yang akan anda tulis, anda harus selalu berhati-hati dalam setiap kata-kata pada tulisan anda. Itulah resiko yang harus anda jalani jika anda ingin tetap setia bersanding dengannya.

Nah itulah uraian diatas yang bisa saya jelaskan, bahwa point-point diatas adalah kemungkinan-kemungkinan yang menjadi pertimbangan dan penyebab semakin sulitnya menjadi publisher Google AdSense.

Semoga artikel ini dapat mencerahkan, dan jika dirasa bermanfaat silakan untuk di share, siap tau mereka lebih membutuhkan?