Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban! Blog Manakah Yang Terbaik? Membahas Satu Topik Atau Blog Gado-gado Yang Membahas banyak topik

Jawaban! Blog Manakah Yang Terbaik? Membahas Satu Topik Atau Blog Gado-gado Yang Membahas banyak topik
Saat pertama kali anda mulai ngeblog, saya yakin anda semua pasti pernah dibuat bingung akan hal ini. Karena bagaimana pun juga ini adalah langkah awal penting yang akan menentukan kemana arahnya dan mau seperti apa blog yang anda buat nantinya. Sebenarnya, untuk sebagian para blogger masalah ini mungkin sudah di anggap basi, karena memang ada banyak artikel berserakan di internet yang membahas tentang masalah ini.

Lalu, apa maksudnya saya malah membuat artikel ini? yang jelas-jelas sudah pasti di anggap basi oleh para pembaca? jawaban saya sederhana saja : " karena saya sampai saat ini belum menemukan artikel yang membahas jawaban pasti untuk masalah ini "!. Iya, hanya sesederhana itu yang membuat saya ingin membuat artikel ini. Makannya, pada judul diatas dengan tegas saya tulis di awal judul dengan kata jawaban, seperti  dibawah ini :

Jawaban! Blog Manakah Yang Terbaik? Membahas Satu Topik Atau Blog Gado-gado Yang Membahas banyak topik?

Lalu, apa di artikel ini saya akan benar-benar memberikan jawaban yang pasti tentang hal ini? saya jawab dengan jelas ya! karena pada tulisan ini saya akan menjelaskan beberapa point yang pernah di ulas teman-teman blogger lain tentang jenis blog manakah yang terbaik, apakah blog yang hanya membahas satu topik saja (niche)? ataukah blog gado-gado yang membahas dengan banyak topik pembahasan?. Nah, untuk itu disini saya akan menjelaskan tentang kedua jenis blog tersebut, dan tentunya ini hanya versi saya saja, masalah benar atau tidaknya dari apa yang akan saya jelaskan, hal itu saya kembalikan lagi kepada anda. Lagi pula, disini bukan berarti saya mau menyalahkan apa yang mereka pernah jelaskan terkait masalah ini, tapi lebih tepatnya mungkin meluruskan saja.

Karena dari beberapa artikel yang pernah saya baca, mereka hanya selalu menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangannya saja, entah itu dari single blog yang hanya membahas satu topik, atau pun blog gado-gado yang membahas banyak topik. Tetapi, tidak memberikan  penjelasan dan memberi motivasi bagi mereka yang terlanjur membangun blog dengan satu tema ataupun blog gado-gado yang saat ini sedang dikelola blogger tersebut.

Dibawah ini akan kembali saya ulas beberapa pendapat yang pernah saya baca dari beberapa artikel yang menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis blog tersebut.

Baiklah, untuk yang pertama akan saya ulas dari yang pernah mereka jelaskan adalah tentang kelebihan-kelebihan yang dimiliki kedua jenis blog tersebut.
Kelebihan dari menjalankan blog dengan membahasa satu topik (niche blog)
Untuk anda yang memilih dan membangun blog dengan membahas hanya satu topik saja, berikut dibawah ini adalah beberapa kelebihan-kelebihannya :

- Lebih terlihat profesional

  Yaa hal ini adalah benar, untuk anda yang membangun sebuah blog dengan hanya membahas satu topik saja pada setiap konten yang anda buat, hal itu akan membuat blog anda terlihat lebih profesional. Kenapa demikian? karena setiap tulisan pada blog yang anda bangun di tulis berdasarkan minat dan hobi anda dari topik tersebut. Maka, otomatis para pengunjung anda akan menganggap anda cukup menguasi dan tahu banyak informasi dan pengalaman dari topik yang anda bahas pada blog anda.

- Lebih mudah untuk mengoptimasi atau mengoptimalkan teknik SEO dan juga user friendly

Ya hal ini juga benar, mereka yang berpendapat bahwa blog yang dikelola hanya dengan membahas satu topik saja akan lebih mudah untuk dioptimasi dan mengoptimalkan teknik SEO.

Pengaruh yang diberikan dari segi SEO adalah blog Anda akan mudah dipindai oleh mesin pencari karena pada dasarnya hanya membahas satu topik saja.
Misalnya seperti pada title tags atau meta tags keyword dan meta deskripsi blog.
Di title tag dan meta tag tersebut tertulis bagaimana kata kunci yang Anda target serta deskripsi blognya yang seperti apa. jika konten anda relevan atau nyambung, maka blog Anda akan lebih mudah di optimasi.

Pengaruh User Friendly :
Sedangkan pengaruh yang diberikan dari sisi User Friendly adalah pengunjung akan lebih nyaman untuk berlama-lama di blog Anda. Sebagai contoh adalah blog dengan niche tutorial blogging, Apabila kontennya berkualitas serta penulisan judulnya juga yang menarik, bukan tidak mungkin akan membuat pengunjung betah berlama-lama di blog Anda.

- Blog akan ramai dikunjungi karena bisa dijadikan sumber referensi, dan mereka kemungkinan besar menjadi pengunjung tetap pada blog anda

Tentu saja, sudah bisa dipastikan jika blog yang hanya membahas satu topik akan banyak dikunjungi dan mereka bisa menjadi pengunjung tetap diblog anda nantinya. Karena mereka yang mengunjungi blog anda akan berfikir bahwa setiap konten pada blog anda bisa mereka jadikan  sumber referensi dari informasi yang anda berikan terkait topik yang menjadi bahasan diblog anda.

Dengan begitu, maka blog anda akan sangat mudah dikenali dan di ingat oleh para pengunjung, karena jika ada sesuatu yang mereka butuhkan tentang pembahasan topik yang sesuai dengan minat mereka yang ada diblog anda, pasti mereka akan kembali untuk berkunjung lagi. Bahkan tak jarang dari mereka yang setia untuk berlangganan artikel dari blog anda.

- Lebih mudah untuk di monetisasi Google AdSense dan menggaet pengiklan lain, yang relevan dengan topik blog anda

Mereka juga banyak yang berpendapat bahwa blog yang membahas satu topik, itu lebih mudah untuk di monetisasi Google Adsense. Karena pihak AdSense menganggap bahwa blog anda akan lebih mudah untuk menayangkan iklan yang relevan dan lebih bertarget nantinya. Karena seperti yang kita tahu bahwa AdSense untuk konten, menampilkan setiap iklan-iklannya berdasarkan kata kunci yang terkait  pada konten  blog anda. Tentu saja, blog yang hanya membahas satu topik lebih besar kemungkinan untuk diterima Google AdSense.

Selain itu juga, blog niche biasanya akan lebih mudah menggaet dan mendapatkan tawaran iklan dari para pengiklan mandiri, karena mereka menganggap tema blog yang anda bahas sesuai dengan produk atau bisnis yang mereka jalankan. Tentu saja ini adalah peluang anda untuk mendapatkan penghasilan dari blog yang anda jalankan.

Nah, di atas adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jenis blog dengan satu topik bahasan. Sebenarnya masih ada banyak lagi dari kelebihan-kelebihannya yang lain, tapi saya rasa pernyataan di atas sudah cukup menjelaskan apa saja yang menjadi kelebihan-kelebihannya.

Untuk selanjutnya, saya akan ulas beberapa kelebihan dari blog yang membahas banyak topik, atau yang biasa di sebut dengan blog gado-gado.
Kelebihan dari menjalankan blog gado-gado, atau blog yang membahas banyak topik
Untuk anda yang saat ini mengembangkan jenis blog gado-gado, yang jelas memiliki ragam topik yang dibahas, berikut dibawah ini saya jelaskan, apa saja yang menjadi kelebihannya:

- Mudahnya menemukan ide untuk menulis

Dengan banyaknya ragam topik yang dipilih, tentu saja hal ini adalah kemudahan untuk anda membuat konten blog, karena anda akan banyak menemukan ide-ide untuk menulis. Pembahasan yang tidak fokus dan tidak terbatas pada satu tema, maka akan dengan mudah bagi anda, karena setiap kali anda menemukan ide-ide segar, anda bisa menuliskan informasi tersebut.

- Blog gado-gado bisa lebih banyak menarik pengunjung

Karena banyaknya keberagaman topik bahasan yang dimuat diblog gado-gado, tentu hal ini mampu menarik banyak pengunjung ke blog tersebut.

- Anda tidak terlalu merasa terbebani dan lebih mudah untuk mengekspresikan diri

Maksudnya adalah, anda tidak terlalu merasa terbebani dalam hal membuat konten, karena tidak adanya keterbatasan yang mengikat anda. Kenapa saya bilang merasa terbebani? karena saya yakin bagi anda yang menjalan blog dengan satu tema pembahasan, biasannya tidak selalu merasa semangat untuk tetap menulis, hal itu biasanya disebabkan karena kebingungan anda yang tidak selalu menemukan ide untuk menulis. Lain halnya dengan blog gado-gado, yang tidak akan pernah kehabisan ide-ide untuk membuat konten selama anda masih ada semangat untuk selalu menulis. Dengan begitu, anda akan merasa lebih mudah untuk mengekspresikan diri lewat tulisan-tulisan anda.

Nah, setelah anda tahu beberapa kelebihan dari kedua jenis blog tersebut, sekarang saatnya kita membahas kekurangan-kekurangan dari kedua jenis blog tersebut.

Blog Manakah Yang Terbaik? Membahas Satu Topik Atau Blog Gado-gado Yang Membahas banyak topik? Berikut dibawah ini saya akan menguraikan beberapa point dari kekurangan niche blog dan juga blog gado-gado.
Kekurangan dari menjalankan blog yang hanya membahas satu topik (niche blog)
Berikut dibawah ini silakan anda simak beberapa kekurangannya:

- Sulitnya menemukan ide untuk membuat tulisan

Karena anda hanya fokus pada satu tema pembahasan, tentu saja hal ini adalah keterbatasan bagi anda dalam menentukan tema tulisan, dan ini merupakan kebalikannya dari blog gado-gado.

- Jarang update artikel dan blog relatif tidak terurus

Karena anda sering dibuat bingung apa yang akan anda tulis, tak jarang blog yang hanya membahas satu topik saja banyak yang terbengkalai, karena mereka jarang mengupdate artikel pada blognya, meskipun anda cukup ahli pada tema yang dibahas diblog anda, tentunya anda tidak akan sesering mereka yang menjalankan blog gado-gado untuk urusan mengupdate artikel.

- Anda yang memilih membangun blog dengan membahas satu topik harus tetap fokus dan konsisten untuk tidak pernah membahas topik lain

Saya lihat banyak sekali dari para blogger yang awalnya mebuat blog dengan single topik, tapi ujung-ujungnya malah membahas beragam pembahasan. biasanya, awalnya mereka hanya menulis beberapa artikel saja yang keluar dari tema blognya, tapi semakin lama jumlahnya jadi semakin banyak dan ujung-ujung terciptalah blog gado-gado juga.

Sedikit memang untuk mencari kekurangan dari type blog single topik ini, jika di bandingkan dengan blog gado-gado, untuk masalah ke SEO an, user friendly dan juga masalah monetisasi.

Nah, untuk selanjutnya sekarang kita bahas kekurangan dari blog gado-gado.
Kekurangan dari blog yang menjalan banyak topik (blog gado-gado)
Berikut dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa kekurangan yang dimiliki blog yang membahas banyak topik :

- Kurang terlihat profesional

Blog yang membahas banyak topik kadang dianggap kurang profesional, tentu saja hal ini dikarenakan setiap konten yang dibahas terlalu campur aduk, sehingga tidak ada informasi lengkap yang bisa dijadikan sumber referensi.

- Dampak pada SEO

Dampak pada SEO :
Pada dasarnya, prinsip google untuk menentukan peringkat dari hasil pencarian juga berdasarkan niche/topik dari blog kita.

Hasil Pencarian :
Jika terdapat blog yang hanya membahas tentang 1 topik bahasan, maka google akan menganggap artikel dari blog tersebut lebih kompeten dan lebih kredibel.

Subscriber :
Dari banyaknya jumlah visitor pada blog Anda, berapa yang akhirnya memutuskan untuk mensubcribe blog Anda? atau setidaknya menjadi follower sosial media Anda?Jika Anda adalah seorang pencari artikel atau informasi, ketika menemukan sebuah blog yang sesuai dengan artikel yang Anda cari.Tahapan selanjutnya adalah memutuskan apakah blog Anda layak untuk disubscribe. Saya pribadi, ketika mencari topik mengenai tutorial blogging akan lebih percaya pada artikel yang membahas tentang blogging secara keseluruhan.Daripada akhirnya nanti saya akan mendapatkan email maupun postingan spam yang tidak sesuai dengan yang saya cari.
Tentunya contoh optimasi diatas tidak mudah dilakukan oleh blog gado-gado.

- Sulit mendapatkankan pengiklan dan mendaftar Google AdSense

Ada yang berpendapat, bahwa blog yang terlalu banyak membahas topik, katanya tidak mudah untuk mendapatkan pengiklan, dan juga katanya sulit diterima untuk menjadi publisher Google AdSense.

Jarangnya mendapatkan pengunjung tetap

Blog gado-gado katanya juga sangat sulit untuk mendapat kan pengunjung tetap ke blognya. Mereka hanya akan datang dan pergi tanpa kembali lagi, mungkin hal ini disebabkan karena memang tidak ada lagi informasi yang dapat dicari dari blog tersebut selain dari artikel yang mereka temukan saat itu.

Nah, dari beberapa uraian di atas mulai dari kelebihan dan juga kekurangannya dari kedua jenis blog tersebut. Maka dibawah ini saatnya saya akan menyimpulkan, seperti pada judul di atas yang saya buat : " Jawaban! Blog Manakah Yang Terbaik? Membahas Satu Topik Atau Blog Gado-gado Yang Membahas banyak topik? dari judul ini sangat jelas bahwa saya harus benar-benar bisa memberikan jawaban yang terbaik untuk masalah ini. Dan pastinya pernyataan-pernyataan yang akan saya jelaskan hanya berdasarkan sudut pandang dan pemikiran saya yang sifatnya relatif, dan semuanya saya kembalikan lagi kepada anda.

"Jawaban! Blog Manakah Yang Terbaik? Membahas Satu Topik Atau Blog Gado-gado Yang Membahas banyak topik?"

Kesimpulan :

Dari semua yang sudah dijelaskan diatas, sekarang saya sudah bisa menyimpulakan manakah jenis blog yang terbaik? saya akan jawab : " bahwa, tidak ada yang terbaik dari keduannya, kenapa? karena sudah jelas bahwa kedua jenis blog tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya. Dan tentunya semuanya bersifat relatif, karena yang terpenting bukan masalah jenis blog manakah yang terbaik, tetapi seperti apakah blogger tersebut mengelola dan mengembangkan blognya. Yang jelas, jenis blog manapun yang anda jalankan semuanya juga punya peluang untuk menjadi yang terbaik. Entah dari sisi manapun anda menilainya, pasti ada saja titik kelemahan dan kelebihannya, bahkan hal itu tidak hanya berlaku pada masalah membangun blog, hal itu berlaku juga dikehidupan sehari-hari. Intinya, anda fokus saja untuk tetap ngeblog, dan itulah yang terbaik. Biarkan saja mereka yang menilai anda tidak perlu dibuat bingung hanya karena masalah itu".

- Pertanyaan :
Apakah banyak blog yang sukses dengan membahas satu topik?
- Jawaban :
Sangat banyak !

- Pertanyaan :
Apakah banyak blog gado-gado yang juga sukses?

- Jawaban :
Ada banyak malah!

Saat artikel ini ditulis, blog ini baru berisi 4 artikel jumlahnya, termasuk dengan artikel yang sedang anda baca ini, dan saya sudah niatkan untuk membuat blog ini menjadi blog gado-gado, penasaran? kok saya lebih memilih blog gado-gado? Lain kali akan saya bahas!

Nah, itulah jawaban untuk anda yang saat ini mungkin kebingungan untuk memilih jenis blog seperti apa yang ingin anda jalankan dan anda bangun, saya rasa tulisan ini cukup jelas menerangkan semuanya.

semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berbagi. jika anda merasa tulisan ini bisa dijadikan solusi? pasti mereka juga sangat membutuhkan. silakan di share...